Aplikasi Adzan Otomatis untuk Android

9 Aplikasi Adzan Otomatis Terbaik untuk Android

Sebagai seorang muslim, sudah barang tentu diwajibkan untuk menunaikan ibadah shalat lima waktu yang waktunya ditandai oleh suara Adzan di masjid, musholla ataupun surau.

Bagi yang bekerja atau tinggal di dekat dengan masjid atau musholla sudah barang tentu tidak perlu khawatir tertinggal waktu shalat. Namun, bagi mereka yang bekerja, tinggal atau sedang bepergian ke daerah yang cukup jauh dari tempat ibadah tentu saja memiliki kekhawatiran terlewat waktu shalat.

Atas alasan itu, beberapa pengembang aplikasi Android maupun iPhone mengembangkan aplikasi alarm adzan otomatis, yang akan memutarkan lantunan adzan ketika memasuki waktu shalat. Untuk itu, bagi Anda pengguna Android dan iPhone yang ingin mendownload aplikasi adzan dan waktu shalat simak rekomendasi kami di bawah ini:

Athan PRO

Aplikasi Adzan Otomatis

Athan Pro yang dikembangkan oleh QuanticApps merupakan salah satu aplikasi adzan dan waktu shalat terbaik untuk Android saat ini dan telah diunduh lebih dari satu juta kali.

Pada aplikasi Athan PRO, Anda dapat memilih beragam variasi adzan yang dapat Anda sesuaikan setiap waktu shalat tiba. Selain itu, aplikasi juga memiliki fitur lain yang mendukung kegiatan ibadah Anda seperti:

  • Alquran yang disertai tafsir
  • Doa-doa harian
  • Kalender islami
  • Tasbih digital
  • Hadis harian
  • Kompas untuk menunjukan arah kiblat Anda.

Begitu Anda menjalankan Athan PRO, maka aplikasi ini akan membuat penyesuaian lokasi dan zona waktu untuk memberikan Anda waktu adzan yang tepat.

Ramadan Times

Aplikasi Adzan Otomatis

Ramadan Times merupakan aplikasi inovatif dan solusi yang memudahkan untuk muslim di seluruh dunia terkait dengan waktu sahur dan berbuka puasa. Aplikasi ini dapat membantu Anda men-set alarm untuk sahur dan berbuka berdasarkan metode yang digunakan Angkatan Laut Amerika Serikat untuk mengkalkulasi terbit dan tenggelamnya matahari.

Meski, bukan di bulan Ramadhan, aplikasi ini sangat membantu bagi Anda yang menjalankan puasa Senin-Kamis atau puasa Nabi Daud. Selain fungsinya sebagai pengingat sahur dan berbuka, Ramadan Times juga memiliki fitur lain seperti Alarm Adzan Otomatis sesuai Zona Waktu Anda dan Kalender Hijriah.

Muslim PRO

Aplikasi Adzan Otomatis

Aplikasi adzan dan waktu shalat terbaik lainnya adalah Muslim Pro, aplikasi yang diklaim telah mencapai angka 1,5 juta unduhan baik di Android dan iPhone ini menawarkan fitur beragam seperti :

  • Alarm adzan dengan beragam variasi suara muadzin
  • Al-quran beserta terjemahannya
  • 99 Asmaul Husna
  • Kalender hijriah
  • Penunjuk arah kiblat
  • Panduan ke mesjid terdekat
  • Panduan ke restoran halal terdekat
  • Alarm waktu sahur dan berbuka puasa
  • Kartu ucapan islami

Muslim pro tersedia untuk Android yang bisa Anda unduh secara gratis dan bila ingin fitur premium Anda dapat membeli melalui playstore atau appstore.

iMuslim Pro

Aplikasi Adzan Otomatis

iMuslim Pro merupakan aplikasi yang ditujukan untuk mempermudah ibadah umat islam. Memiliki fitur yang boleh dikatakan identik dengan Muslim Pro, iMuslim dapat menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan aplikasi dengan fitur lengkap namun dengan ukuran file hanya 8 MB saja. Selain fitur utamanya sebagai alarm adzan saat memasuki waktu shalat, aplikasi ini juga memiliki fitur

  • Kalender Hijriah
  • Waktu sahur dan berbuka puasa
  • 99 Asmaul Husna
  • Penunjuk Arah Kiblat
  • Penunjuk Mesjid Terdekat
  • Tasbih Digital
  • Qiroah Surah Alquran

Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan

Aplikasi Adzan Otomatis

Jika aplikasi di atas dikembangkan oleh pengembang software luar negeri, berikut ini merupakan salah satu aplikasi islami yang dikembangkan oleh pengembang lokal. Namanya, Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan.

Menurut laman resmi di playstore, Aplikasi ini dapat menghitung waktu shalat berdasarkan lokasi di Indonesia, sehingga sangat memudahkan Anda bila sewaktu-waktu bepergian ke kota lain. Cukup aktifkan GPS, maka aplikasi ini akan menyesuaikan waktu shalat di kota tersebut.

Fitur lainnya dari aplikasi ini diantarany adalah :

  • Alarm Adzan
  • Penunjuk Arah Kiblat
  • Jadwal Shalat 30 hari kedepan
  • Jadwal Imsyak saat puasa Ramadhan maupun puasa sunnah

Waktu Adzan & Kiblat

Aplikasi Adzan Otomatis

Bila Anda yang termasuk ingin menghemat memori penyimpanan Anda dan membutuhkan aplikasi adzan otomatis yang ringan. Maka aplikasi Waktu Adzan & Kiblat merupakan jawaban yang Anda butuhkan.

Aplikasi yang dikembangkan oleh GITS Indonesia hingga saat artikel ditulis telah di unduh lebih dari 40 ribu kali. Dengan besaran aplikasi sekitar 2,2 MB, aplikasi ini memiliki fitur sederhana yakni memberikan informasi waktu shalat yang dilengkapi notifikasi suara adzan dan penunjuk arah kiblat.

Aplikasi juga memiliki reputasi yang cukup baik dari pengguna Android, dengan meraih rating 4.4 di Google Playstore.

Prayer Times

Aplikasi Adzan Otomatis

Prayer Times merupakan aplikasi adzan dan jadwal shalat yang dikembangkan S. Mustafa. Hingga Artikel ini ditulis aplikasi ini telah mencapai angka 81 ribu unduhan dengan rating 4.4, artinya aplikasi ini cukup mendapat apresiasi dari penggunnya.

Sesuai namanya, aplikasi ini berperan dalam memberikan informasi jadwal shalat selama 30 hari kedepan dan disertai dengan lantunan adzan sebagai alarm waktu shalat telah tiba. Fitur menarik lainnya dari aplikasi ini adalah Anda juga dapat mengetahui peristiwa-peristiwa islam yang terjadi pada hari tersebut Semisal Isra Mi’raj dan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Catatan bagi Anda yang telah mengunduh aplikasi ini pastikan melakukan pengaturan awal untuk memilih Kota dan metode kalkulasi dari Pengaturan untuk mendapatkan jadwal shalat yang sesuai dengan lokasi Anda saat ini.

Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla

Aplikasi Adzan Otomatis

Aplikasi besutan KodeLokus ini cocok bagi Anda yang menginginkan aplikasi penanda waktu shalat dengan tampilan dan fitur yang sederhana. Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla ini dapat memberikan Anda informasi terkait waktu shalat dan dilengkap dengan notifikasi suara Adzan ketika memasuki waktu shalat lima waktu.

Aplikasi ini dapat menyesuaikan jadwal shalat dengan sesuai dengan lokasi Anda saat ini. Bagi Anda yang sering bepergian, salah satu fitur yang dimilikinya adalah penunjuk arah kiblat untuk memudahkan Anda shalat saat tidak dapat menemui masjid atau musholla di perjalanan.

Athanotify

Aplikasi Adzan Otomatis

Aplikasi terakhir dalam ulasan kami kali ini adalah Athanotify. Memiliki fitur yang identik dengan aplikasi-aplikasi di atas seperti waktu shalat dan alarm adzan yang dapat dipilih jenis suaranya, penunjuk arah kiblat serta kalender hijriah.

Yang membedakan dengan aplikasi di atas adalah adanya widget yang menarik untuk ditampilkan di homescreen gadget Anda yang berisikan waktu shalat di zona waktu Anda untuk menggantikan widget jam konvensional.

Demikian pembahasan mengenai Aplikasi Adzan Otomatis, semoga membantu Anda dalam memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam beribadah.

Catur Ariadi

Penulis paruh waktu, menjadi blogger sejak 2008 dengan fokus tulisan pada Pendidikan dan Teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *