bawang-dayak-kering

Teh Bawang Dayak

ProdukTeh Bawang Dayak
KategoriKesehatan
Kode ProdukMJD4161
HargaRp. 100.000
StokTersedia
Rating 4.43/5 (7)

Anda tentu sudah begitu familiar dengan bawang, namun apakah Anda sudah pernah mendengar bawang Dayak sebelumnya? Bawang dayak atau nama latin Eleutherine palmifolia adalah bawang yang berasal dari suku Dayak di Kalimantan. Bawang Dayak memiliki nama lokal yang beragam seperti Bawang Dayak, Bawang Tiwai, Bawang Sabrang, dan juga Bawang Berlian.

Bawang dayak mempunyai kandungan senyawa aktif yang begitu komplit jadi begitu wajar bila banyak khasiatnya. Senyawa itu mencakup glikosida, steroid, flavonoid, alkaloid, fenolik, tanin, serta saponin. Flavonoid dapat berguna sebagai anti inflamasi, anti kanker, antiviral, melawan radikal bebas, serta mengurangi kemungkinan resiko penyakit kardiovaskuler.

bawang dayak

Bawang yang satu ini saat ini menjadi bawang yang begitu banyak dicari untuk pengobatan herbal. Sebuah riset yang dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) menyatakan bahwa bawang dayak memiliki senyawa flavonoid yang berkhasiat berkhasiat sebagai anti kanker, antiviral, anti-inflamasi, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta penangkal radikal bebas.

Selain riset yang dilakukan oleh IPB, adapula buku terbitan AgroMedia Pustaka yang ditulis oleh Ni Luh Indrawati, S.Farm., Apt. dan Razimin, S.Si., Apt yang berjudul Bawang Dayak: Si Umbi Ajaib Penakluk Aneka Penyakit yang menjelaskan bahwa bawang dayak memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Kandungan Bawang Dayak

1. Polifenol

Polifenol adalah kelompok zat kimia yang ditemukan pada tumbuhan yang memiliki manfaat sebagai antioksidan sehingga mampu menetralkan radikal bebas.

2. Tanin

Dalam dunia kesehatan tanin mempunyai beberapa khasiat, antara lain sebagai Anti diare dan penawar racun.

3. Alkaloid

Alkaloid dikenal manfaatnya dalam dunia kesehatan sebagai zat yang digunakan untuk menahan rasa sakit.

4. Triterpenoid

Triterpenoid memiliki manfaat untuk mengatas penyakit diabetes, gangguan menstruasi, patukan ular, gangguan kulit, kerusakan hati dan malaria.

5. Stroid

Stroid pada dasarnya sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kejantanan pada pria, selain itu sering dimanfaatkan sebagai suplemen untuk pembentukan otot.

6. Glikosida

Secara umum, glikosida biasanya dimanfaatkan sebagai obat jantung dan pencahar (obat batuk berdahak).

7. Fenolik

Manfaat asam fenolik yang paling penting bagi manusia yaitu anti-penuaan dan mencegah pertumbuhan sel abnormal.

8. Flavonoid 

Flavanoid adalah zat yang memiliki banyak manfaat, antara lain; melindungi struktur sel dalam tubuh, sebagai obat anti inflamasi, mencegah pengeroposan tulang, mengahambat pertumbuhan kolesterol jahat LDL dalam darah dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Bawang Dayak

1. Mengobati Penyakit Amandel

Penyakit amandel ataupun radang amandel dapat menyerang orang dewasa sampai anak anak. Seandainya dibiarkan amandel akan makin menjadi membesar dan mengakibatkan susah untuk menelan makanan. Bawang dayak bisa bermanfaat sebagai obat herbal amandel.

2. Menyembuhkan Sakit Perut

Bawang dayak berguna untuk menyembuhkan sakit perut seperti meredakan rasa nyeri, serta mual di bagian perut.

3. Menyembuhkan Flu

Suku dayak kerap memakai bawang ini untuk menyembuhkan flu sebagai obat herbal. Kandungan anti bakteri yang tinggi begitu efisien untuk menghambat bakteri yang memicu flu.

4. Menyembuhkan Penyakit Hepatitis

Bawang dayak bukan sekedar dapat menyembuhkan penyakit yang ringan saja, namun dapat juga menyembuhkan penyakit kritis seperti penyakit kuning atau hepatitis.

5. Menaikkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C serta anti-oksidan pada bawang dayak inibegitu tinggi. Oleh karenanya, manfaat bawang dayak sangat banyak. Jika teratur dikonsumsi dapat menaikkan ketahanan tubuh Anda. Untuk mengkonsumsinya, Anda dapat menambahkannya pada masakan Anda.

6. Membantu Menghindar Kanker Serta Tumor

Tumor serta kanker termasuk juga penyakit yang begitu mengganggu serta mengkhawatirkan. Karena banyak masalah yang berujung pada kematian. Walau demikian, untuk menghambat timbulnya tumor serta kanker, Anda dapat menggunakan bawang dayak. Selain memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi bawang dayak ini juga memiliki kandungan naphtoquinones yang disebut satu diantara senyawa alami untuk menghindar timbulnya sel tumor serta kanker pada tubuh.

7. Membersihkan Tubuh Dari Bakteri

Bawang dayak mempunyai kandungan anti bakteri yang begitu baik untuk membantu tubuh anda melawan bakteri pemicu penyakit. Diluar itu, kandungan anti bakteri aktif dapat juga membersihkan tubuh anda dari bakteri. Hingga tubuh andasemakin lebih sehat karna terhindar dari penyakit.

8. Menghindar Terjadinya Infeksi

Bawang dayak berguna juga untuk menghindar infeksi. Infeksi bisa berlangsung didalam ataupun diluar tubuh. Oleh karenanya, bila Anda khawatir dengan infeksi yang dikarenakan oleh luka, Anda dapat memanfaatkan bawang dayak untuk meminimalisasi resiko terjadinya infeksi.

9. Mencegah Perkembangan Bakteri, Virus serta Mikroba

Bakteri, virus, serta mikroba yaitu penyumbang penyakit paling besar didalam tubuh. Seandainya sampai berkembang maka dapat mengakibatkan tubuh diserang beragam jenis penyakit serta dapat membahayakan.

10. Mencegah Terjadinya Peradangan

Bawang dayak dapat menolong mencegah terjadinya peradangan pada tubuh. Yang umum menyerang badan di bagian tenggorokan, lambung, serta usus.

11. Mengobati Asam Urat

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan asam urat, bawang dayak adalah salah satu obat asam urat yang cukup efektif.

Apa Itu Teh Bawang Dayak?

Sesuai namanya, teh bawang dayak adalah teh yang diolah dari bawang dayak yang telah di keringkan. Anda dapat mengonsumsinya layaknya mengonsumsi teh seperti pada umumnya.


Harga: Rp. 125.000 Rp. 100.000

Untuk pemesanan produk Teh Bawang Dayak, silahkan hubungi Manjadda melalui kontak yang tertera dibawah ini.

Produk Lainnya