Bawang Dayak


bawang dayak kering

Anda tentu sudah begitu familiar dengan bawang, namun apakah Anda sudah pernah mendengar bawang Dayak sebelumnya? Bawang dayak atau nama latin Eleutherine palmifolia adalah bawang yang berasal dari suku Dayak di Kalimantan. Bawang Dayak memiliki nama lokal yang beragam seperti Bawang Dayak, Bawang Tiwai, Bawang Sabrang, dan juga Bawang Berlian.

Bawang dayak mempunyai kandungan senyawa aktif yang begitu komplit jadi begitu wajar bila banyak khasiatnya. Senyawa itu mencakup glikosida, steroid, flavonoid, alkaloid, fenolik, tanin, serta saponin. Flavonoid dapat berguna sebagai anti inflamasi, anti kanker, antiviral, melawan radikal bebas, serta mengurangi kemungkinan resiko penyakit kardiovaskuler.

Bawang yang satu ini saat ini menjadi bawang yang begitu banyak dicari untuk pengobatan herbal. Sebuah riset yang dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) menyatakan bahwa bawang dayak memiliki senyawa flavonoid yang berkhasiat sebagai anti kanker, antiviral, anti-inflamasi, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta penangkal radikal bebas.

Selain riset yang dilakukan oleh IPB, adapula buku terbitan AgroMedia Pustaka yang ditulis oleh Ni Luh Indrawati, S.Farm., Apt. dan Razimin, S.Si., Apt yang berjudul Bawang Dayak: Si Umbi Ajaib Penakluk Aneka Penyakit yang menjelaskan bahwa bawang dayak memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Kandungan Bawang Dayak

1. Polifenol

Polifenol adalah kelompok zat kimia yang ditemukan pada tumbuhan yang memiliki manfaat sebagai antioksidan sehingga mampu menetralkan radikal bebas.

2. Tanin

Dalam dunia kesehatan tanin mempunyai beberapa khasiat, antara lain sebagai Anti diare dan penawar racun.

3. Alkaloid

Alkaloid dikenal manfaatnya dalam dunia kesehatan sebagai zat yang digunakan untuk menahan rasa sakit.

4. Triterpenoid

Triterpenoid memiliki manfaat untuk mengatas penyakit diabetes, gangguan menstruasi, patukan ular, gangguan kulit, kerusakan hati dan malaria.

5. Stroid

Stroid pada dasarnya sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kejantanan pada pria, selain itu sering dimanfaatkan sebagai suplemen untuk pembentukan otot.

6. Glikosida

Secara umum, glikosida biasanya dimanfaatkan sebagai obat jantung dan pencahar (obat batuk berdahak).

7. Fenolik

Manfaat asam fenolik yang paling penting bagi manusia yaitu anti-penuaan dan mencegah pertumbuhan sel abnormal.

8. Flavonoid 

Flavanoid adalah zat yang memiliki banyak manfaat, antara lain; melindungi struktur sel dalam tubuh, sebagai obat anti inflamasi, mencegah pengeroposan tulang, mengahambat pertumbuhan kolesterol jahat LDL dalam darah dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Konsumsi sekarang juga dan rasakan manfaat bawang dayak bagi tubuh Anda.

Pesan Bawang Dayak Sekarang Juga

Jadi tunggu apa lagi? Untuk pemesanan Bawang Dayak, silahkan hubungi kami via Whatsapp dengan cara klik tombol dibawah ini: