Cara Aktivasi Windows 10

Cara Aktivasi Windows 10 Secara Legal & Permanen

Windows merupakan salah satu sistem operasi yang banyak digunakan. Sebagai jenis sistem operasi premium, sebaiknya Anda menggunakan Lisensi Windows 10 yang resmi. Dengan menggunakan lisensi resmi yang ditawarkan oleh Microsoft, Anda dapat menikmati segala fiturnya dengan aman dan lancar.

Jika Anda masih menggunakan aktivasi menggunakan cara curang, maka hal yang sering terjadi tiba-tiba salah satunya ialah layar dekstop wallpaper yang Anda gunakan akan berwarna hitam bahkan akan sering terjadi crash.

Ketika Anda mencoba mengubahnya akan tetap kembali ke Wallpaper hitam dengan tulisan dipojok kanan bawah Windows Version isn’t genuine.

Bahkan tidak hanya masalah itu saja, Anda juga akan mendapati sistem operasi komputer Anda yang tidak up to date hingga menimbulkan masalah soal performa didalamnya.

Tidak perlu panik jika masalah ini sedang Anda alami saat ini. Penyebab utamanya biasanya karena produk Windows yang Anda gunakan bukan resmi atau hasil dari perbuatan curang seperti crack.

Untuk mengatasi hal tersebut sangatlah mudah dan bisa langsung Anda praktekkan saat membaca artikel saya ini hingga akhir tentang tutotial cara aktivasi Windows 10.

Saya tidak akan menunjukkan cara yang membuat masalah ini akan terulang kembali dikemudian hari, Insya Allah.

Disini Anda akan saya berikan cara aktivasi windows 10 dengan lisensi resmi dengan harga murah menggunakan jenis lisensi retail dengan langkah yang mudah dipahami, walaupun Anda seorang pemula yang baru membeli laptop.

Daripada “mengakali” sistem dengan menggunakan sofware bajakan dengan berusaha mengcrack, lebih baik Anda mengikui cara aktivasi Windows 10 ini dengan mengeluarkan sedikit uang untuk membeli lisensinya.

Jika Anda masih mencari cara curang, lambat laun hal-hal yang menjengkelkan yang sudah saya bahas sedikit diatas bisa saja terulang kembali, untuk itu gunakanlah lisensi resmi, walupun murah yang terpenting bisa membuat sistem oprasi Windows 10 Anda dapat dengan mudah mendapatkan pembaruan secara berkala tanpa perlu khawatir.

Cara Aktivasi Windows 10 Secara Legal dan Permanen

  1. Siapkan Lisensi Windows 10
  2. Hapus Lisensi Lama
  3. Proses Aktivasi Windows 10

Siapkan Lisensi Windows 10

Salah satu cara mendapatkan lisensi Windows 10 dengan harga terjangkau adalah dengan cara membeli lisensi jenis retail. Ada banyak penjual yang menawarkan lisensi jenis ini, salah satunya bisa Anda temukan di marketplace Tokopedia melalui tautan ini.

Setelah mengunjungi tautan diatas, Anda akan melihat penjual dari lapak di Tokopedia seperti gambar dibawah. Saya secara pribadi memilih penjual tersebut karena banyak yang memberikan penilaian bintang 5, jadi tanpa ragu saya membeli lisensi di toko online tersebut.

Cara Aktivasi Windows 10

Harga Windows 10 pro retail saat saya menuliskan artikel ini dijual di angka Rp. 25.500,- saja, harga yang cukup terjangkau untuk sebuah produk original.

Buat Anda yang masih bingung tentang lisensi Windows 10 retail dan mengapa saya menggunakannya, berikut alasannya:

Tentang jenis lisensi retail Windows 10

  • Dengan lisensi jenis retail Anda dapat dengan mudah memindahkan produk lisensi yang telah Anda beli, tetapi tidak bisa digunakan bersamaan. Hal ini bisa Anda gunakan ketika ingin berganti komputer atau laptop jika perangkat yang sebelumnnya Anda miliki telah rusak atau usang.
  • Fleksibel untuk mengganti komponen-komponen hadware jika Anda ingin melakukan updgrade seperti RAM, HDD, SSD, Kartu Grafis, Processor ataupun Motherboard.
  • Dukungan penuh langsung dari Microsoft. Jadi ketika ada masalah pada produk sistem operasi Windows yang sudah Anda beli, Anda bisa tanyakan masalah tersebut kepada customer service Microsoft pada jam kerja.

Perlu Anda keahui, lisensi retail windows dari Microsoft merupakan jenis lisensi yang dijual terpisah dengan produk fisik yang bisa Anda dapatkan secara online, baik itu melalui website resminya ataupun melalui penjual-penjual terpercaya yang ada di berbagai marketplace.

Selain lisensi Windows jenis retail ada juga beberapa jenis lisensi lainnya seperti Windows OEM (Original Equipment Manufacturer) dan Windows OEM System Builder.

Mengapa memilih lisensi Windows Retail di banding lisensi OEM?

Supaya tidak salah pilih sebelum aktivasi windows, sebaiknya Anda pahami dulu alasan saya memilih lisensi retail daripada lisensi OEM.

Alasan yang membuat saya memilih untuk membeli lisensi Windows 10 original retail, selain harganya murah karena saya menggunakan PC Rakitan tanpa windows bawaan. Hal ini saya lakukan karena jika suatu saat saya ingin upgrade hardware atau mengganti PC tidak perlu khawatir jika mengalami kegagalan aktivasi.

Saya berfikir positif produk Windows yang dijual yang saya beli merupakan produk lisensi retail resmi walaupun harganya murah. Harga terjangkau ini biasanya disebabkan karena reseller lisensi Windows tersebut membeli dalam bentuk paket dan bisa menjualnya dibawah harga pasaran.

Jika Anda sudah membelinya melalui rekomendasi saya diatas, Anda akan mendapatkan lisensi yang dikirimkan melalui email untuk langsung diaktivasi, untuk cara aktivasi windows 10 secara permanen dengan mudah berikut saya sertakan pula langkah-langkahnya dari awal hingga berhasil aktivasi windows 10 tanpa software bajakan.

Hapus Lisensi Lama

Tahap ini adalah tahap opsional yang tidak harus Anda lakukan. Namun jika Anda sebelumnya pernah melakukan aktivasi dengan cara “curang”, sebaiknya Anda menghapus lisensi lama Anda, caranya sebagai berikut.

1. Buka CMD (Command Prompt) dan jangan lupa harus di Run as Administrator saat membukanya

Cara Aktivasi Windows 10

2.  Ketik perintah slmgr /upk Lalu tekan Enter hingga muncul keterangan seperti ini

Cara Aktivasi Windows 10

3. Kemudian ketik perintah slmgr.vbs /cpky lalu tekan Enter

Cara Aktivasi Windows 10

4. Restart dan silahkan lakukan aktivasi mengikuti langkah selanjutnya dibawah ini

Proses Aktivasi Windows 10

Tahap selanjutnya adalah proses aktivasi Windows 10, langkahnya sebagai berikut ini:

1. Klik tombol yang berlogo Windows dibagian sisi kiri layar ataupun di menu dalam keyboard Anda.

Cara Aktivasi Windows 10

2. Masih dijendela Windows kemudian, masuk kebagian menu Settings

Cara Aktivasi Windows 10

3. Ketika sudah dalam menu Settings, selanjutnya pilih Update & Security

Cara Aktivasi Windows 10

4. Dibagian menu settings tadi pilih bagian menu Activation

Cara Aktivasi Windows 10

5. Anda akan melihat versi Windows yang terinstall saat ini (contoh milik saya: Windows 10 Pro), dibawahnya ada tulisan Change Product Key kemudian klik bagian tersebut

Cara Aktivasi Windows 10

6. Copy & Paste product key yang sudah berhasil Anda beli kebagian yang kosong seperti pada gambar dibawah ini dan klik Next

Cara Aktivasi Windows 10

7. Tunggu beberapa saat dan pastikan Anda terhubung ke internet untuk proses validasinya hingga muncul tulisan Windows is activated

Cara Aktivasi Windows 10

8. Selamat Windows 10 Anda sudah berhasil diaktivasi

Cara Aktivasi Windows 10

Itulah cara aktivasi Windows 10 secara permanen tahun 2019 yang bisa Anda ikuti.

Mengapa Sebaiknya Menggunakan Lisensi Resmi?

Adapula kelebihan jika Anda menggunakan lisensi resmi Windows ini Antara lain:

  • Tidak perlu khawatir layar Anda akan kembali hitam dengan update Windows terbaru.
  • Selalu mendapatkan pembaharuan untuk meningkatkan performa atau mengatasi bug langsung melalui software update Windows.
  • Terdapat banyak fitur yang dapat dinikmati tanpa perlu cemas karena lisensy yang Ada gunakan merupakan lisensi retail resmi.
  • Adanya dukungan langsung dari Microsoft terkait produk-produk untuk Windows.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan adanya tutorial ativasi windows 10 yang saya tulis ini semoga dapat membantu Anda yang ingin menggunakan produk original tanpa crack ataupun cara curang lainnya. Dengan menggunakan lisensi original Windows 10 berarti Anda menghargai pembuatnya dan Anda bisa dengan bangga ketika mengoperasikannya.

Jika Anda masih bingung ataupun ingin bertanya terkait tutorial cara aktivasi Windows 10 yang saya buat disini silahkan tinggalkan komentar di artikel ini, saya akan menjawab dengan senang hati.

Priangga Otviapta

Lulusan mahasiswa Universitas BSI Bandung yang menyukai dunia menulis dan sudah sejak 2013 menjadi blogger yang hobi di dunia komputer, Android dan review.

2 Komentar Untuk Cara Aktivasi Windows 10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *