cara-cepat-hamil

Tips Cepat Hamil

Pasangan suami istri mana sih yang tidak ingin memiliki buah hati? Pastinya semua pasangan ingin memiliki keturunan dari darah daging mereka sendiri. Namun, tak selamanya keinginan mereka terwujud dengan cepat, ada yang sampai menunggu 3 tahun, 4 tahun, bahkan 7 tahun lebih untuk bisa memiliki seorang anak.

Nah, jika Anda tidak sabar memiliki anak atau orang tua Anda tidak sabar menimang cucu, inilah tips cepat hamil setelah haid, berikut kami sajikan informasinya.

Cara Cepat Hamil Setelah Haid

1. Cek HSG (Hysterosalpingogram)

Mungkin hal ini terdengar asing di telinga Anda. HSG atau hysterosalpingogram adalah sebuah tes X-Ray untuk melihat ada tidaknya penyumbatan di dalam saluran tuba falopi. Dengan menggunakan cairan kontras yang dimasukkan ke sebuah pipa yang ditempatkan melalui vagina menuju uterus, dan kemudian cairan tersebut akan tumpah ke dalam saluran tuba falopi.

X-Ray kemudian di gunakan untuk mencari tahu ada tidaknya luka atau bentuk yang tidak normal dari saluran tuba falopi dan uterus, termasuk penyumbatan saluran tuba. Tes x-ray ini adalah tes utama untuk menentukan ada tidaknya penyumbatan saluran tuba di tubuh Anda. Jika tidak ada penyumbatan maka artinya Anda bisa mengandung seorang anak.

2. Konsumsi obat herbal penyubur

Cara cepat hamil alami tentu jauh lebih baik dibandingkan dengan cara kimia. Konsumsilah obat-obatan yang terbuat dari herbal alami. Lebih baik lagi jika obat tersebut diolah sendiri tanpa campuran bahan kimia. Biasanya orang yang ingin cepat hamil juga mengkonsumsi beberapa jamu dari rempah pilihan.

Salah satu bahan  herbal yang patut untuk yang baik untuk mengatasi masalah kesuburan adalah madu penyubur kandungan, silahkan klik disini untuk membaca uraian lengkap tentang manfaat madu untuk kesuburan.

3. Hindari stress

Stress merupakan penyebab istri sulit hamil. Terlebih saat mendekati masa menstruasi, wanita cenderung emosi, stress, mudah marah. Tidak hanya saat sang istri stress, tapi juga saat suami mengalami stress maka alan menghambat kehamilan. Apalagi jika keduanya sibuk oleh pekerjaan dan terlalu memikirkan pekerjaannya, maka hormone stress itu semakin bertambah dan akan sulit hamil. Tubuh secara otomatis memproduksi hormon cortisol saat Anda mengalami stress, hormone cortisol itu sangat tidak baik bagi wanita yang sedang ingin hamil ataupun bagi wanita yang sedang hamil muda.

Stress bisa timbul jika Anda merasa terburu-buru untuk segera hamil. Sebenarnya hal itu sangat normal tapi alangkah lebih baiknya untuk menghindari stress saat Anda berhubungan. Ingat, stress akan membuat Anda sulit untuk hamil. Maka jangan terlalu memikirkan sesuatu dengan keras.

4. Jaga berat badan

Anda harus menjaga berat badan kalau ingin cepat hamil. Berat badan yang berlebih akan sulit hamil. Wanita dengan berat badan normal akan memiliki kesempatan hamil lebih tinggi dibanding wanita obesitas atau berat badan berlebihan.

Tak hanya wanita yang harus menjaga berat badan, namun pria juga harus menjaga berat badan, karena pria yang obesitas cenderung memiliki masalah pada spermanya. Biasanya pria obesitas memiliki jumlah sperma sedikit, kelainan morfologi, dan motilitas lambat.

Berat badan berlebih tidak baik, berat badan kurang juga tidak baik. Wanita yang kurus akan sulit untuk hamil, maka dari itu Anda harus menjaga pola makan agar memiliki berat badan yang ideal dan bisa cepat hamil. Bagi wanita yang ingin hamil, indeks massa tubuh yang ideal adalah 20-25. Apabila indeks massa tubuh Anda kurang dari 20 atau diatas 25 maka Anda akan lebih sulit hamil.

Maka dari itu disarankan bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan untuk diet atau tidak makan berlebihan, pola makan diatur, jangan makan sembarangan. Hal tersebut termasuk cara cepat hamil.

5. Cek sperma

Pengecekan sperma sejak dini sangat penting karena 40% masalah ketidaksuburan disebabkan dari pihak pria. Pastikan sperma Anda dalam kualitas prima, karena sperma yang berkualitas akan memiliki kemampuan yang lebih dalam membuahi sel telur. Kriteria sperma yang baik ialah sperma dengan jumlah yang cukup, yaitu minimal 39 juta per ejakulasi atau minimal 15 juta per mililiter, sehat dan kuat dengan motilitas yang baik, memiliki bentuk atau morfologi yang baik serta normal.

6. Olahraga teratur

Cara cepat hamil yang selanjutnya ialah makan makanan sehat serta olahraga yang teratur. Hal tersebut dapat mempercepat kehamilan. Sebaiknya Anda mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang berbeda warna setiap hari, sayuran hijau, wortel, tomat, paprika merah, apel, pear dan lain-lain.

Olahraga merupakan hal yang wajib dilakukan oleh pasangan yang sedang berusaha mendapatkan anak dikarenakan dengan olahraga maka dapat menyeimbangkan hormone. Olahraga juga merupakan proses detox yang baik.

Namun perlu Anda ingat, walaupun olahraga baik untuk kesehatan, olahraga yang terlalu berat justru membuat hormon reproduksi menjadi kacau. Hal ini dapat dibuktikan dengan wanita olahragawan atau atlet yang berlatih dengan keras, siklus menstruasi mereka tidak teratur.

Olahraga yang baik adalah olahraga yang dilakukan selama 30 menit setiap harinya. Usahakan memilih olahraga yang minim cedera, misalnya yoga, berenang, bersepeda, dan lain sebagainya.

7. Mengkonsumsi vitamin

Agar cepat hamil, bisa juga dengan mengkonsumsi vitamin. Vitamin ini berperan untuk menjaga stamina tubuh Anda, dan pastinya akan menyehatkan tubuh. Dengan tubuh yang sehat dan memiliki stamina yang kuat, maka seorang pasangan suami istri bisa cepat memperoleh momongan.

Vitamin tidak harus berbentuk obat, dengan Anda mengkonsumsi buah-buahan, sama saja Anda mengkonsumsi vitamin. Tergantung vitamin apa yang terkandung dalam buah yang Anda konsumsi. Seperti vitamin C pada jambu dan jeruk, vitamin A pada wortel, dan lainnya.

Vitamin C dapat meningkatkan kualitas sperma, mengkonsumsi vitamin E dan D juga dapat menambah tingkat kesuburan pria dan wanita. Selain vitamin, asam folat juga memiliki peran dalam pembentukan tabung otak sang janin. Wanita yang mengkonsumsi asam folat maka memiliki kesempatan hamil lebih tinggi dibanding wanita yang tidak mengkonsumsi asam folat.

8. Pastikan ovulasi

Terdapat banyak gejala ovulasi yang menandai bahwa seorang wanita sedang berovulasi atau akan berovulasi. Ovulasi akan meningkat di hari ke 14 setelah menstruasi atau beberapa hari setelah menstruasi.Dengan mengenali gejala-gejala ovulasi tersebut maka Anda dapat memperkirakan kapan Anda akan berovulasi. Sehingga Anda bisa menentukan kapan waktu berhubungan yang tepat agar kemungkinan untuk hamil menjadi lebih besar.

9. Pola hidup sehat

Jika suami Anda seorang perokok, sebaiknya nasihati suami Anda agar berheti merokok. Demikian pula dengan kebiasaan minum alcohol, hal tersebut dapat menyebabkan Anda sulit hamil. Mengkonsumsi alcohol dapat mengurangi peluang kehamilan hingga 50%. Selain itu, pola makan harus dijaga. Konsumsilah makan yang bergizi seimbang agar mendapat kehamilan yang sehat kelak.

10. Jalan kaki

Cara cepat hamil selanjutnya ialah jalan kaki, hal ini adalah kegiatan paling efektif dilakukan oleh wanita yang sedang menjalani program hamil.

Hal-hal di atas seperti pola makan yang baik, olahraga teratur, terhindar dari stress, dan konsumsi vitamin haru dilakukan agar Anda cepat dikaruniai seorang anak setelah menikah.

Artikel Lainnya

Madu Penyubur Kandungan