Cara Melancarkan Haid

Oleh /

Haid atau yang biasa kita sebut sebagai menstruasi adalah siklus bulanan yang dialami setiap perempuan yang sudah mengalami masa puber atau masa menuju kedewasaan. Siklus ini adalah siklus keluarnya darah dari rahim yang terjadi setelah adanya ovulasi secara berkala yang disebabkan oleh luruhnya lapisan endometrium (lapisan dalam rahim).

Secara normal, haid atau menstruasi akan terjadi setiap bulannya secara teratur. Namun dalam beberapa kasus pada perempuan, ada saat dimana mereka mengalami siklus haid yang tidak lancar. Tidak lancar yang dimaksud ini adalah tidak terjadi pada setiap bulan. Bisa saja siklus terjadi pada dua bulan sekali, lalu tidak datang bulan sama sekali, lalu berturut-turut dalam sebulan.

Ketidaklancaran dalam haid atau datang bulan membuat kegelisahan para wanita. Telat datang bulan menandakan ada sesuatu masalah pada tubuh dan dapat membuat kesehatan tubuh menurun. Maka dari itu sebisa mungkin para wanita mengetahui masalah kenapa haid tidak lancar dan berusaha mencari solusinya.

Penyebab Haid yang Tidak Lancar

Tidak lancarnya siklus datang bulan pasti dipengaruhi oleh sesuatu. Berikut adalah beberapa kemungkinan yang dapat menjadi alasan mengapa datang bulan anda tidak teratur.

1. Menopause

Menopause adalah suatu keadaan dimana seorang wanita memasuki jenjang usia yang dapat dikategorikan sebagai usia tua. Hal ini akan membuat hormon esterogen dan progesteron dalam tubuh wanita mengalami penurunan. Sehingga hal berakibat menggangu siklus menstruasi. Hal ini merupakan hal wajar dan pasti terjadi pada setiap wanita.

Menopause biasanya terjadi pada wanita yang telah berusia lima puluh tahun ke atas. Namun hal ini tentu saja tergantung dengan kinerja tubuh, anda bisa merasakan menopause lebih cepat atau lebih lambat dari patokan umur tersebut.

2. Hamil

Dinding atau lapisan endometrium dalam rahim luruh akibat tidak terjadinya pembuahan dari sperma kepada sel telur. Maka dari itu, jika anda mengalami kondisi haid yang tidak lancar atau selama beberapa bulan anda telat bahkan tidak mengalami haid, anda perlu mengecek keadaan anda pada dokter atau menggunakan tes kehamilan. Bisa jadi anda sedang hamil yang pada akhirnya menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak lancar.

3. Pola Hidup

Bagaimana gaya hidup anda akan turut mempengaruhi siklus menstruasi anda. Jika anda memiliki kelebihan berat badan atau obesitas hal tersebut dapat mempengaruhi sikuls haid anda. Kemungkinan lain yang dapat terjadi adalah jika anda melakukan olahraga yang berlebihan, hal tersebut juga dapat mengganggu siklus haid anda. Stress pada pikiran juga turut mengganggu siklus haid yang ada.

4. Masalah Tiroid

Siklus menstruasi anda salah satunya dipengaruhi oleh dua hormone yaitu hormone esterogen dan progesterone. Jika tiroid, kelenjar yang memproduksi hormone, memiliki masalah atau terdapat masalah maka siklus menstruasi akan terganggu.

Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

Apa yang harus dilakukan ketika siklus haid atau datang bulan menjadi tidak lancar. Terdapat beberapa cara yang dapat anda lakukan, Berikut adalah cara-caranya

1. Hidup Teratur dan Menjaga Kesehatan

Yang dapat anda lakukan adalah dengan menjaga kondisi tubuh dan pikiran anda. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, siklus menstruasi juga dipengaruhi kondisi tubuh dan pikiran. Diharapkan para perempuan untuk dapat mengontrol pola makan dan juga kondisi tubuh serta batin. Dihimbau agar tidak terlalu kelelahan dan dapat mengelola stress dengan baik.

2. Memakan Makanan Sehat yang Memperlancar Siklus

Terdapat beberapa makanan alami nan sehat yang bisa dikonsumsi guna memperlancar siklus haid anda. Makanan tersebut adalah makanan-makanan yang mengandung vitamin A, B, E, dan K. Beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin A adalah yogurt, telur, keju, wortel dan lain lain. Untuk vitamin B anda dapat mencoba mengkonsumsi jenis kacang-kacangan, sayuran, susu, ikan, dan jenis makanan lain.

Untuk Vitamin E, anda dapat mengkonsumsi minyak sayur, bayam, telur, dan jenis makanan lain. Vitamin K terdiri dari Brokoli, Kol, dan sayuran yang mempunyai warna hijau. Namun ingat, makanan ini juga harus diolah dengan sehat.

3. Mengkonsumsi Jamu Tradisional

Jamu adalah jenis minuman tradisional yang berasal dari racikan rempah-rempah dan obat-obatan herbal yang telah ada sejak zaman dahulu. Jamu dinilai dan telah terbukti dapat melancar siklus haid yang kurang lancer. Salah satu unsur dalam jamu yang dapat melancarkan haid adalah kunyit. Beberapa jenis jamu yang dapat kamu coba untuk memperlancar haid adalah jamu kunir asam. Jamu ini bisa anda buat sendiri di rumah ataupun dapat dibeli di toko jamu terdekat.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu alasan lain mengapa siklus haid tidak teratur adalah karena metabolisme dalam tubuh manusia yang kurang baik. Maka dari itu untuk memperbaiki dan memperlancar metabolisme, manusia harus meminum air putih dalam jumlah yang cukup. Dengan metabolisme tubuh yang baik, akan memperkecil kemungkinan terjadinya kerusakan pada kelenjar tiroid sekaligus menjaga kesehatan kelenjar. Hal ini otomatis akan ikut memperbaiki siklus haid yang tidak lancar.

5. Istirahat teratur

Salah satu alasan mengapa terjadi siklus haid yang tidak teratur adalah akibat stress. Hal untuk mengatasi akibat yang satu ini adalah mengatur jadwal istirahat yang cukup dan teratur. Dengan memiliki waktu istirahat yang teratur, akan memengaruhi hormone kortisol. Dengan istirahat hormone kortisol akan terproduksi dengan baik.

Hormon ini dapat mengurangi rasa stress anda. Jika anda merasa stress sekalipun, jika hormon ini bekerja dengan baik maka stress anda tidak akan memengaruhi kerja otak bagian hipotalamus yang mengatur siklus haid.

6. Obat Herbal

java herbal

Java Herbal adalah suplemen khusus wanita yang secara tradisional digunakan untuk mengobati masalah pada area kewanitaan, antara lain nyeri haid, haid tidak lancar, keputihan, kista dan tumor.

Klik untuk Memesan

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *