Screenshot 31

4 Cara Mematikan Auto Update Windows 10 dengan Mudah

Auto update Windows 10 menjadi salah satu musuh terbesar bagi para penguna layanan internet bersifat non-unlimited. Misalnya saja untuk Anda yang menggunakan perangkat PC atau laptop menggunakan tethering handphone.

Bagaimana tidak, fitur yang sebenarnya sangat bermanfaat bagi pengguna Windows 10 ini bisa tiba-tiba menguras kuota internet kita tanpa disadari.

Karena masalah tersebut, banyak orang (termasuk mungkin Anda) yang mencari cara untuk mematikan auto update di Windows 10 ini. Pertanyaannya sekarang, adakah cara tersebut? Anda tidak perlu khawatir, karena melalui artikel ini saya akan membagikan 3 cara mudah untuk mematikan update otomatis di Windows 10.

Menggunakan Fitur ‘Pause Updates’

Pause updates merupakan fitur yang disediakan langsung oleh Microsoft selaku developer dari Windows 10. Fitur ini tidak 100% mematikan auto update pada Windows 10, namun hanya bersifat menunda update sementara waktu.

Untuk mengaktifkan fitur pause updates, Anda cukup masuk menu Settings > Update & security > Windows Update > Advance options. Langkah selanjutnya adalah menentukan sampai kapan pause updates ini di aktifkan (maksimal 35 hari).

Screenshot 28

Perlu diperhatikan bahwa cara ini hanya cocok buat Anda yang hanya ingin mematikan auto update sementara waktu saja.

Menggunakan Fitur ‘Metered Connection’

Cara ini bisa dibilang mirip-mirip dengan cara pertama. Cara kerja fitur ini adalah dengan membatasi penggunaan bandwith untuk jaringan tertentu.

Misalnya saat Anda di rumah dan mengakses internet menggunakan tethering dengan handphone, Anda bisa mengaktifkan fitur ‘metered connection’ ini untuk mencegah auto update terjadi.

Cara mengaktifkan fitur ini juga cukup mudah, yakni cukup masuk ke menu Settings > Network & Internet > Change connection properties.

Langkah selanjutnya adalah centang ‘set as metered connection’ menjadi on.

Screenshot 29

Anda juga bisa mengatur data limit sesuai dengan keinginan dengan cara klik pada bagian ‘set a data limit to help control data usage on this network’ jika memang diperlukan.

Menggunakan Aplikasi ‘Win Update Stop’

Cara ini merupakan cara paling mudah untuk mematikan auto update Windows 10 secara permanen. Untuk menggunakan cara ini, Anda terlebih dahulu diharuskan menginstall aplikasi Win Update Stop, untuk mendownload aplikasi ini, silakan klik disini.

Setelah terinstall di PC atau laptop Anda, Anda cukup buka aplikasi diatas dan klik ‘disable’.

Win Update Stop Screenshot 1 800x561

Untuk mengaktifkan auto update di kemudian hari juga cukup mudah, Anda cukup buka aplikasi Win Update Stop dan klik ‘enable’.

Melalui Registry Editor

Cara ini juga merupakan cara mematikan auto update yang bersifat permanen, namun hanya saya sarankan bagi Anda yang memiliki pengetahuan di bidang IT saja.

Untuk caranya mematikan update otomatis Windows melalui Registry Editor adalah sebagai berikut:

  • Cari dan buka menu regedit
  • Selanjutnya, buka HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows
  • Klik kanan pada Windows (folder), kemudian pilih New, lalu klik Key.
Windowsupdate Key Regedit
  • Buat Key baru dengan nama WindowsUpdate.
  • Klik kanan key yang baru dibuat, pilih New, dan klik Key.
Au Key Disable Windows Update Regedit
  • Buat Key baru dengan nama AU (seperti pada gambar diatas)
  • Klik kanan pada kolom bagian kanan, pilih New, dan klik DWORD (32-bit) value (contohnya silakan lihat gambar di bawah ini).
Craete Noautoupdate Windows 10 Regedit
  • Buat DWORD (32 bit) dengan nama NoAutoUpdate.
  • Double-click pada file NoAutoUpdate dan ubah value data dari 1 menjadi 0.
Disable Windows 10 Auto Updates Regedit
  • Klik OK dan restart PC atau laptop Anda.

Dengan cara ini, update otomatis akan dimatikan secara total, namun Anda tetap bisa melakukan update secara manual melalui Settings > Update & Security > Windows UpdateCheck for updates.

Sekian 4 cara mematikan auto update pada Windows 10 dari saya, semoga bisa membantu Anda para pembaca. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui kolom komentar di bawah ya.

Airul

Seorang internet marketer dari Magetan, Jawa Timur. Suami dari satu orang Istri. Seorang pemikir yang suka mikir hal-hal yang membuat mikir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *