Cara Menaikkan Tekanan Darah Rendah

Oleh /

Apakah Anda memiliki masalah dengan tekanan darah Anda? Apakah tekanan darah Anda di bawah rata – rata? Jika dibawah 90/60 mmHg hati – hatilah, bisa jadi Anda terkena serangan darah rendah. Penyakit ini bisa datang secara tiba – tiba tanpa memperlihatkan gejala apapun. Tetapi ada pula sebagian orang yang sebelumnya mengalami pusing, pingsan, sampai mimisan.

Banyak hal yang menjadi penyebab kondisi tekanan darah Anda rendah. Dalam beberapa kasus, darah rendah terjadi karena berdiri terlalu lama, minum obat penurun tekanan darah, kurang asupan zat tertentu, hamil muda, dan dehidrasi. Beberapa kasus trauma setelah kecelakaan juga disinyalir menyebabkan kondisi ini. Anda harus mengetahui cara mengatasi darah rendah bila hal – hal seperti ini terjadi kepada Anda.

Cara Ampuh Menaikkan Tekanan Darah

1. Tingkatkan Asupan Natrium

Natrium adalah mineral yang terkandung di dalam garam. Tak heran, jika orang dengan tekanan darah tinggi dilarang mengkonsumsi banyak garam, karena efektif menaikkan tekanan darah. Berbagai macam buah dan sayur juga mengandung zat ini. Selain diperoleh dari makanan, berolahraga rutin juga bisa meningkatkan natrium di dalam tubuh.

2. Hindari Alkohol

Alkohol bisa menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Jika cairan dalam tubuh berkurang, maka kepala akan pusing dan jantung tidak dapat berfungsi maksimal memompa darah. Alkohol tidak hanya terkandung pada minuman keras. Makanan seperti berbagai macam tapai, sirup, durian fermentasi dan lain – lain juga mengandung alkohol, Jadi, berhati – hatilah.

3. Jangan Terlalu Lama Berdiri

Jika Anda berada di situasi yang mengharuskan diri Anda untuk berdiri terlalu lama, seperti saat upacara bendera, security yang berjaga, tukang parkir, dan juga kasir maka imbangilah dengan duduk beberapa saat untuk menghindari tekanan darah Anda menjadi semakin rendah. Berdiri selama sekitar tiga menit, tekanan diastole bisa menurun sampai 10mmHg dan tekanan systole juga dapat menurun hingga 20 mmHg.

4. Metode Kompresi Stocking

Jika Anda menyadari bahwa Anda memiliki tekanan darah rendah, Anda bisa memakai celana dan kaus kaki yang ketat. Tujuan utama metode ini adalah memberikan tekanan terhadap peredaran darah dan kaki hingga perut. Ingatlah bahwa bahwa tekanan darah itu mengalir dari ujung kaki sampai ke ujung kepala. Jadi, memberi tekanan dari bawah tubuh dapat memperbaiki sirkulasi darah Anda. Untuk keterangan lebih lanjut, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter.

5. Minum Obat Atau Suplemen

Cara mengatasi darah rendah ini paling sering dipakai, karena reaksinya yang lebih cepat. Di apotek – apotek kini sudah banyak beredar bebas suplemen penambah darah. Anda bisa tanyakan kepada petugas apotek obat jenis apa yang cocok untuk kondisi darah rendah Anda. Mintalah nasehat serta aturan minumnya. Tanyakan efek samping jika ada.

6. Makan Secara Teratur

Perut lapar bisa memicu tekanan darah semakin rendah. Jika Anda tidak terlalu bernafsu untuk makan, paksalah dengan makan sedikit – sedikit namun sering. Kurangi makanan tinggi karbohidrat seperti ubi, kentang, dan roti. Jika setelah makan, jangan langsung melakukan aktifitas. Duduklah selama beberapa saat agar makanan turun ke saluran cerna dengan baik dan tidak mengganggu sirkulasi darah.

7. Hindari Berendam di Air Hangat

Air hangat dapat merilekskan tubuh dan menurunkan tekanan darah. Jika Anda ingin mandi di air panas, lakukan seperlunya saja. jangan sampai melebihi 10 menit. Jika terlalu lama, perlahan Anda akan pusing bahkan bisa pingsan. Pingsan di kamar mandi bisa berbahaya, karena pasti terkunci dari dalam, dan tidak langsung bisa segera diketahui karena orang – orang akan berfikir Anda sedang mandi.

8. Jalani Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat menjadi kunci segala macam penyakit, berlaku juga sebagai salah satu cara mengatasi darah rendah. Makan makanan bergizi, perbanyak konsumsi daging merah, dan olahraga secara teratur. Jika Anda berada dalam kondisi ini, jangan sampai Anda berada di tempat yang panas dan terlalu ramai. Hal ini bisa memicu darah rendah Anda kumat.

Bekerjalah secukupnya, memiliki banyak pekerjaan bisa menimbulakan stress. Stress akan membuat tekanan darah semakin rendah, pusing kepala, tubuh kelelahan, hingga sakit berkepanjangan.

9. Konsumsi Kismis

Kismis biasanya terdapat pada kue – kue kering atau basah yang berfungsi sebagai garnis. Rasanya yang manis dan sedikit asam nyatanya bisa memberi efek menyegarkan. Ternyata kismis bisa memberikan pengaruh terhadap tekanan darah agar naik dan meningkatnya kelenjar adrenaline. Makanlah setidaknya 30 – 40 butir kismis untuk mengatasi darah rendah Anda.

10. Minuman Berkafein

Minuman yang mengandung kafein terbukti ampuh sebagai cara mengatasi darah rendah. Hal ini sudah banyak dibuktikan. Minuman berkafein diantaranya adalah cokelat panas, kopi, cola, teh, dan lain – lain. Kafein dapat menghambat hormon yang bisa melebarkan pembuluh rarteri penyebab tekanan darah menjadi semakin rendah. Untuk berjaga – jaga, saat pagi sebelum beraktivitas minumlah secangkir kopi.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *