anak susah makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Oleh /

Asupan makanan yang cukup adalah hal sangat penting dalam tumbuh kembang anak, namun sayangnya seringkali kita para orang tua dihadapkan pada masalah anak yang susah makan.

Padahal asupan nutrisi pada anak harus tepat antara kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral serta kebutuhan cairan tubuh anak, yaitu 1-1,5 liter/hari. Jika tidak, maka bisa menyebabkan gangguan kesehatan dan tubuh kembang pada si buah hati.

Kebutuhan nutrisi harian anak usia 1-3 tahun (1000 kkal)

NutrisiKebutuhan/HariSetara  dengan….
Vit A400 ugWortel  (50 gram)
Vit D200 IUSusu  (470 ml atau 2 cangkir)
Vit K15 ug2  tangkai   asparagus (20 gram)
Vit B1 (Thiamin)0,5 mgKentang  rebus (150 gram)
Vit B2 (Riboflavi)0,5 mgTelur  rebus (55 gram)
Vit B3 (Niacin)6 mgDada   ayam (50 gram)
Vit B6 (piridoksin)0,5 ugFillet  salmon (90 gram)
Vit B120,9 ug1  butir  telur  rebus
Asam Folat150 ug3  kuntum  brokoli (35 gram)
Kalsium500 mgSusu (290 ml)
Magnesium60 mg1  mangkuk  buah  labu (245 gram)
Zat Besi8 mgDaging  sapi (170 gram)
Zinc7 mgKacang  tanah (100 gram)
Selenium17 ugTuna (20 gram)
Natrium0,8 gGaram   (1/2 sendok teh)

Pada umumnya, seorang anak akan mulai susah makan setelah menginjak usia satu tahun, hal ini dikarenakan seorang anak mulai tumbuh dan berkembang sehingga sibuk dengan dunia barunya.

Nah, bagi Bunda yang mungkin sekarang sedang pusing karena si buah hati sedang susah makan, hal yang perlu Bunda ketahui adalah penyebab-penyebab yang membuat anak susah makan. Dan berikut kami sajikan informasinya.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

1. Bosan dengan menu yang ada

Hal yang paling sering terjadi pada anak yang susah makan adalah ia bosan dengan menu yang Bunda sajikan. Cobalah menghadirkan menu baru untuknya. Bunda juga bisa mencoba menghadirkan menu-menu dengan bentuk yang unik dan menarik.

2. Sibuk dengan dunia barunya

Ketika seorang anak menginjak usia 1 tahun, pada umumnya ia mulai sibuk dengan dunia barunya, seperti misalnya belajar berjalan atau bermain. Jika masalah ini yang terjadi, Bunda bisa mengajak si kecil makan dengan metode bermain, misalnya seperti orang zaman dahulu yang biasa mengibaratkan sendok yang berisi makanan sebagai pesawat terbang.

3. Sedang tumbuh gigi

Anak yang sedang tumbuh gigi akan cenderung susah makan, hal ini dikarenakan ada rasa tidak nyaman pada gigi dan gusinya. Solusi terbaik adalah dengan menghadirkan menu makanan dengan tekstur yang halus.

4. Gangguan oral motor

Gangguan oral motor adalah gangguan mengunyah makanan, hal inilah yang menyebabkan anak susah makan. Hal ini karena si buah hati menolak makan, melainkan kesulitan mengonsumsi makanan tertentu, terutama yang bertekstur kasar. Untuk jangka pendek, Bunda bisa menyiasatinya dengan memberikan makanan bertekstur lembut, tapi jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter Anak.

5. Kehilangan selera makan

Ini merupakan hal yang paling sering terjadi, ada banyak hal yang membuat seorang anak kehilangan selera makan. Solusi terbaik tentu dengan memberikan suplemen penambah nafsu makan. Tapi bunda juga harus hati-hati dalam memilih suplemen penambah nafsu makan, jangan sampai si kecil malah mengonsumsi suplemen yang mengandung bahan kimia berbahaya.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *