Cara Mengatasi Bayi Sungsang

Oleh /

Bayi dikatakan sungsang apabila pada saat masa kehamilan, posisi bayi bukan pada semestinya. Saat akan lahir, posisi kepala harusnya berada di bawah. Apabila sungsang, kepala berada di atas rahim, sehingga bagian tubuh yang terlebih dulu akan keluar adalah pantat, kaki, bahkan siku. Hal seperti ini kerap kali terjadi dan membuat proses persalinan menjadi lebih lama dan sulit. Diperlukan penanganan dari bidan yang mumpuni.
Biasanya kondisi ini akan diketahui ketika usia kandungan menjelang 32 minggu. Jika sampai pada masa itu posisi bayi belum berubah, maka operasi cesar kemungkinan akan dilakukan. Hal tersebut lantaran posisi bayi yang abnormal bisa membuat jalan lahir tertutup dan bahkan bisa mengancam keselamatan. Diperlukan treatment khusus agar dapat mengatasi kondisi seperti ini.

Mengatasi Bayi Sungsang Menuju Persalinan Normal

Persalinan normal adalah keinginan mutlak semua ibu yang hendak melahirkan. Jika bayi sungsang, maka proses kelahiran normal yang diharapkan pun terpaksa dipupus. Untuk itu, segera lakukan hal – hal di bawah ini begitu dokter atau bidan mengatakan bahwa bayi Anda sungsang:

1. Melakukan Posisi Terlentang

Posisi ini akan membantu bayi membenarkan posisinya di dalam Rahim. Caranya, silahkan Anda berbaring di atas matras. Kemudian, ambil bantal dan letakkan di antara pantat dan perut sehingga posisi pinggul menjadi terangkat. Lalu, tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan. Anda harus santai saat melakukan teknik ini. Bila tidak nyaman, berilah alas di bawah kepala tetapi jangan sampai posisi kepala lebih tinggi dari perut.

2. Gunakan Es

Benda dingin memberikan rangsangan kepada bayi agar dia bergerak. Diharapkan dalam pergerakannya bayi dapat berputar sehingga posisi kepala akan berganti di bawah. Caranya ambil sesuatu yang dingin seperi es, buah beku, sayuran beku, apa saja asal aman lalu bungkus dengan katun. Kemudian letakkanlah di atas perut. Kira-kira di bagian kepala bayi. Umumnya bayi tidak menyukai dingin sehingga ia akan bergerak menjauh.

3. Mengikuti Senam Hamil dan Rajin Olahraga

Melakukan olahraga senam dapat mendorong bayi untuk bergerak mengganti posisinya. Konsultasikan kepada instruktur senam bayi Anda, gerakan seperti apa yang bisa membantu mengatasi bayi sungsang Anda. Melakukan olahraga lain seperti berenang juga dapat menolong Anda. Selain merangsang pergerakkan bayi , berenang dapat membuat panggul menjadi lebih lebar sehingga proses persalinan akan lebih mudah.

4. Stimulasi Dengan Lagu atau Suara

Menginjak usia kandungan ke tiga puluh dua minggu berarti kemampuan indera bayi termasuk pendengaran mulai berfungsi. Anda dapat menyetelkan lagu – lagu klasik atau rohani untuk diperdengarkan oleh si bayi. Lakukan selama 10 – 15 menit perhari minimal 4 kali sehari dengan meletakkan earphone di atas atau bawah perut. Rangsangan lagu akan memicu pergerakan bayi.

5. Melakukan Pemijatan Kecil

Biasanya bidan akan mengajarkan Anda untuk memberikan sedikit pemijatan di area sekitar rahim. Letakkan tangan kanan di bawah perut dan tangan kiri di bagian atas. Lakukan pergerakkan memutar satu arah selama 10 – 15 menit. Agar lebih nyaman, Anda bisa menggunakan minyak zaitun, baby oil, atau cairan pelembab aman untuk ibu hamil. Pijatan akan menyetimulasi bayi supaya ia bergerak memutar.

6. Hypnobrithing

Cara ini sudah terkenal dan semakin populer di dunia kehamilan karena sangat aman dan efektif membantu mengatasi bayi sungsang. Ajaklah bayi Anda berkomunikasi seperti berbicara kepada manusia pada umumnya. Mintalah kepadanya untuk bergerak ke arah posisi normal. Lakukan sesering mungkin, paling tidak tiga kali sehari. Biasanya karena ikatan batin kuat, bayi akan mendengar perkataan Anda.

7. Stimulasi Pencahayaan

Duduklah dengan posisi yang Anda anggap paling nyaman. Mintalah bantuan kepada suami atau keluarga Anda untuk menyalakan senter dan menyinari perut dari depan, belakang, dan atas secara bergantian. Lakukanlah berulang – ulang. Gunakan senter dengan cahaya paling terang sehingga mampu merangsang bayi untuk bergerak mengikuti cahaya.

8. Menggunakan Homeopathic

Adalah sejenis obat yang berfungsi mendorong bayi melakukan pergerakkan dari atas menuju ke mulut rahim. Obat ini masih tergolong sebagai temuan baru yang belum beredar bebas, Anda dapat memperolehnya di rumah sakit tertentu. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter Anda dahulu sebelum memutuskan mengkonsumsinya.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *