Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Oleh /

Peralihan musim kemarau ke musim hujan selalu berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Banyak orang yang terkena pilek dan mengalami masalah hidung tersumbat.  Bahkan akibat hidung tersumbat bisa menjadikan kepala terasa pusing dan mengganggu kegiatan sehari-hari terutama saat tidur. Selain dengan meminum obat, berbagai cara mengatasi hidung tersumbat berikut bisa Anda terapkan agar pernapasan kembali lancar.

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

1. Menghirup Uap Air Panas

Uap air panas bisa mengencerkan lendir yang menempel pada hidung dan menjaga suhu tubuh tetap lembab. Masaklah air hingga mendidih kemudian taruh di wadah. Posisikan kepala di atas wadah lalu hirup uap air panasnya, namun jangan terlalu dekat. Gunakan handuk untuk menutupi kepala jika perlu agar uap air bisa terperangkap dan tidak cepat hilang.

2. Menghirup Uap Minyak Kayu Putih

Anda juga bisa menerapkan beberapa tetes minyak kayu putih pada air panas agar lebih efektif. Taruh air panas yang sudah dicampur dengan minyak kayu putih di sebuah wadah lalu hirup uapnya. Rasa hangat dari uap air akan mengencerkan lendir pada hidung dan ditambah dengan aroma minyak kayu putih yang bisa menenangkan pikiran dan melegakan pernapasan.

3. Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Hangat

Makanan dan minuman hangat juga bisa mengencerkan lendir pada hidung. Anda bisa mencoba membuat jahe hangat, teh hangat, lemon tea, atau mint tea untuk melegakan pernapasan Anda. Makanan hangat seperti sup ayam juga sangat baik ketika hidung anda tersumbat, selain memberikan kehangatan pada tubuh, sup ayam juga mampu menambah kekuatan dan daya tahan tubuh.

4. Makan Makanan Pedas

Selain makanan hangat, Anda juga bisa mengkonsumsi makanan pedas sebagai cara mengatasi hidung tersumbat yang mengenyangkan. Rasa pedas yang ada pada makanan bisa mengeluarkan lendir Anda dengan sendirinya. Selain itu rasa pedas juga bisa membuat pikiran Anda lebih plong dan terhindar dari sakit kepala. Kandungan makanan yang pedas juga bisa membuat tubuh Anda lebih fit.

5. Mengkonsumsi Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan makanan yang mengandung zat anti bakterial dan jamur. Dengan mengkonsumsi bawang putih, maka bakteri penyebab hidung tersumbat bisa hilang. Anda bisa membuat tumis bawang putih untuk memakannya, atau bisa juga mengkonsumsi mentahannya secara langsung. Dengan bawang putih, maka Anda tidak perlu mengkonsumsi obat lagi untuk meredakan hidung tersumbat.

6. Membuang Ingus Secara Teratur

Cairan lendir pada hidung bisa menghambat jalannya pernapasan dan jika dibiarkan akan berdampak pada rasa sakit kepala yang luar biasa. Jadi sediakan tisu yang banyak untuk selalu membuang ingus secara teratur dan jangan menunggu hingga menumpuk. Jika masalah hidung tersumbat dialami oleh bayi, maka Anda bisa menggunakan alat aspirator (penghisap cairan hidung) yang bisa Anda beli di apotek.

7. Menghangatkan Badan

Kondisikan  tubuh agar tetap hangat saat hidung Anda tersumbat. Selain memperlancar pernapasan, kondisi tubuh yang lembab akan memudahkan lendir untuk keluar. Anda bisa mengompres hidung menggunakan handuk yang dicelupkan ke air hangat atau berendam dengan air hangat. Kurangi penggunaan AC atau kipas untuk sejenak, dan jangan mengkonsumsi minuman dingin terlebih dahulu.

8. Memijat Hidung

Rasa tidak nyaman ketika hidung tersumbat dapat menurunkan konsentrasi Anda sehingga tidak fokus dalam melakukan pekerjaan.  Untuk itu agar menghindari komplikasi berlebih seperti mata ngantuk dan sakit kepala, Anda bisa melakukan pijatan ringan pada bagian atas hidung. Selain membantu pernapasan hidung agar lega, pijatan ringan juga bisa membantu memperlancar lendir untuk keluar.

9. Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Rasa tidak nyaman ketika hidung tersumbat juga akan terasa saat Anda tidur karena lendir bisa menghambat jalannya pernapasan. Untuk mengurangi dampak tersebut, maka usahakan agar posisi kepala saat tidur lebih tinggi daripada tubuh Anda. Bisa dengan menambahkan bantal tambahan atau menggunakan dua bantal sekaligus untuk menjaga kepala agar tetap miring.

10. Menggunakan Semprotan Saline

Semprotan saline bisa meredakan hidung tersumbat dan mengencerkan lendir yang menempel hanya dengan menyemprotkan larutan pada bagian hidung. Anda bisa membeli semprotan ini di toko atau apotek terdekat, namun untuk mengaplikasikannya harus baca terlebih dahulu cara dan efek samping  yang mungkin akan terjadi. Pastikan Anda tidak memiliki alergi tertentu pada obat semprotan dan sebagainya.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *