cara-mengatasi-wajah-berminyak
Kecantikan

Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Memiliki kulit wajah yang berminyak tentu bukan hal yang menyenangkan, selain risih karena mengganggu penampilan, wajah juga mudah terkena jerawat. Hal ini disebabkan oleh debu atau kuman yang menempel pada wajah yang berminyak.

Banyak yang menyebutkan jika seseorang memiliki wajah berminyak maka orang tersebut akan memiliki wajah yang lebih awet muda. Hal tersebut karena kulit wajah kita selalu lembab dan tidak mudah kriput dan kering, meskipun belum ada penelitian yang membuktikan hal tesebut. Namun satu yang jelas, wajah yang berminyak mempunyai peresentase timbulnya penyakit jerawat yang tinggi. Selain itu, salah satu kendala bagi wanita yang mempunyai wajah yang berminyak yaitu ketika sudah memakai makeup dan wajah mengeluarkan minyak, maka make up diwajah akan berantakan dan membuat wajah malah tampak seperti badut, hehe. Hal semacam inilah yang seringkali membuat wanita menjadi risih dan tidak pede memiliki wajah berminyak.

Beberapa Penyebab Wajah Berminyak

1. Perubahan Hormon

Perubahan hormon pada tubuh merupakan salah satu penyebab wajah berminyak. Biasanya seseorang pada masa pubertas atau sedang hamil akan mengalami ketidak seimbangan hormon sehingga kulit memproduksi minyak secara berlebihan.

2. Salah Memilih Produk Kecantikan

Ternyata Produk kecantikan kulit tidak selamanya bagus untuk kulit anda, karena apabila salah dalam memilih produk kecantikan maka bukan tidak mungkin membuat kulit anda menjadi berminyak. Sebaiknya anda pahami dulu jenis kulit anda jangan asal menggunakan produk-produk yang belum terpercaya dan angan tergiur dengan iklan yang bertebaran.

3. Stres yang Berlebihan

Stres tidak hanya memicu anda menjadi depresi ,tetapi juga bisa membuat kulit wajah anda berminyak. Selama kita stres maka tubuh akan memproduksi minyak berlebihan pada kulit, hal ini disebabkan oleh bentuk respon terhadap stress.

4. Kurangi Makanan Berlemak

Mengkonsumsi makanan yang berlemak secara berlebihan tidak hanya buruk untuk kondisi tubuh anda tetapi hal ini juga bisa memicu wajah menjadi berminyak. Kurangi makan-makanan yang berminyak, sukur-sukur bisa dihindari.

5. Keturunan

Apakah keluarga anda wajahnya berminyak? jika iya, maka bisa jadi penyebab minyak berlebih di wajah anda adalah faktor keturunan.

6. Cuaca

Salah satu penyebab wajah berminyak adalah cuaca. Pergantian cuaca yang menyebabkan suhu meningkat akan membuat kulit memproduksi minyak secara berlebihan untuk menjaga kelembabannya.

Nah, bagi Anda yang memiliki wajah berminyak tidak usah pergi kesalon hanya untuk menghilangkan minyak diwajah, sebab selain perawatanya yang mahal, cara tersebut juga belum tentu berhasil dan mungkin saja memiliki efek samping terhadap kulit wajah Anda. Seperti misalnya iritasi pada wajah.

Cara alami untuk menghilangkan minyak diwajah dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah pada wajah ini.

Cara Alami Menghilangkan Minyak di Wajah Secara Permanen

1. Membersihkan Wajah

Cara Pertama untuk mengatasi minyak berlebihan pada wajah maka anda diharuskan untuk rajin membersihkan wajah setidaknya dua tiga kali sehari. Karena apabila tidak rajin dibersihkan, polusi dan debu yang menempel diwajah akan menyumbat pori-pori kulit sehingga akan menimbulkan jerawat pada wajah. Sebaiknya gunakan sabun herbal agar kulit wajah Anda terbebas dari bahan-bahan kimia berbahaya.

Rekomendasi Produk

Nu Amoorea Beauty Bar

Dinilai 5.00 dari 5
Rp 200.000Rp 380.000

Nu Amoorea Beauty Plus Bar

Dinilai 5.00 dari 5
Rp 150.000Rp 432.000

Sabun Black Walet

Rp 50.000Rp 150.000

Sabun Gove

Dinilai 5.00 dari 5
Rp 50.000Rp 185.000

2. Dengan Masker Putih telur

Putih telur merupakan cara alami yang sangat ampuh untuk menghilangkan minyak diwajah secara permanen, putih telur juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo pada wajah dengan cepat. Cara pembuatannya pun sangat mudah yaitu pisahkan antara kuning dan putih telur kemudian ambil puithnya saja. Kocok telur hingga berbusa dan langsung jadikan masker, kemudian tunggu kurang lebih 25 – 30 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat. Untuk hasil terbaik gunakan telur ayam kampung. Lakukan cara ini secara teratur agar membuahkan hasil yang maksimal.

Rekomendasi Produk

Masker Putih Telur

Rp 90.000 Rp 70.000

3. Masker Apel

Apel merupakan jenis buah yang kaya akan manfaat karena kandungan didalamnya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun selain dikonsumsi buah apel juga bisa dijadikan masker untuk mengatasi minyak berlebih diwajah. Caranya, sediakan satu buah apel kemudian haluskan dan dicampur dengan 4-5 sendok madu. Setelah kedua bahan tersebut tercampur dan halus kemudian jadikan masker, bilas dengan air hangat setelah 25-30 menit. Kandungan anti lemak pada apel mampu mengangkat kotoran diwajah sekaligus membasmi jerawat.

4. Daun Seledri

Seledri biasanya digunakan untuk bahan penyedap masakan oleh ibu rumah tangga, padahal seledri memiliki khasiat lain nya yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan minyak berlebihan pada kulit wajah. Caranya cukup mudah yaitu anda siapkan saja daun seledri yang sudah dirajang sampai halus secukupnya, kemudian rendam dalam air panas selama kurang lebih 20-30 menit.
Setelah itu saring air rendaman tadi dan kemudian diamkan lagi selama kurang lebih 25-30 menit, baru setelah itu anda oleskan air seledri yang dingin tadi kekulit wajah anda. Biarkan hingga meresap dan kering, kemudian baru bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini dua kali sehari secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga bisa menjadi andalan untuk mengatasi minyak berlebihan pada kulit wajah anda. Caranya ambil satu buah jeruk nipis kemudian potong dan peras airnya, karena disini kita tidak menggunakan air nya tetapi kulitnya. Tempelkan kulit jeruk nipis tadi pada wajah anda secara merata dengan sedikit diberi pijatan lembut, setelah 25 menit silahkan bilas dengan air bersih. Ulangi cara ini 3 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil terbaik. jeruk nipis juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat membandel pada wajah.

Nah itulah beberapa cara untuk menghilangkan minyak secara alami dan permanen yang bisa anda coba dirumah sehingga tidak perlu khawatir dan merasa minder lagi. Namun untuk sekedar tambahan saja bahwa memiliki kulit berminyak juga mempunyai keuntungan tersendiri seperti yang sudah saya jelaskan diatas yaitu salah satunya adalah kulit terjaga keseimbangannya serta membuat anda lebih terlihat muda apabila tahu cara merawatnya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *