cara-mengecilkan-pori-pori

Cara Mengecilkan Pori-Pori

Oleh /

Bagi sebagian orang, masalah pori-pori wajah merupakan sesuatu yang harus diperhatikan dan tidak bisa dibiarkan begitu saja. Meski tidak masuk pada kategori berbahaya, namun pori-pori wajah yang besar tentu akan berpengaruh pada penampilan, dan bukan tidak mungkin menjadi pemicu tumbuhnya jerawat. Sebenarnya pori-pori wajah sangatlah penting karena merupakan suatu akses untuk pernafasan kulit, yang pada akhirnya akan meregenerasi sel-sel kulit itu sendiri. Namun jika pori-pori wajah ukurannya terlalu besar, tentu bukan sesuatu yang baik.

Lalu bagaimana cara yang benar untuk mengecilkan pori-pori wajah? Luangkan waktu untuk membaca tipsnya di bawah ini.

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah

1. Masker Tomat

Tomat mengandung berbagai vitamin yang sangat baik bagi kulit wajah. Beberapa vitamin tersebut diantaranya Vitamin A, C, dan E. Kombinasi ketiganya akan membuat wajah anda selalu cerah dan bersinar, serta terhindar dari masalah pori-pori wajah yang membesar.

Untuk cara penggunaan, anda hanya memerlukan 2 buah tomat segar. Blender kedua tomat tersebut sampai halus, lalu gunakan sebagai masker. Pastikan bahwa wajah anda telah tercuci bersih dan sudah bebas dari debu atau noda sebelum menggunakan masker tomat ini. Sambil mengoleskan masker tomat ke area wajah, lakukan pijatan ringan selama kurang lbih 5 menit. Setelah masker merata di seluruh wajah, diamkan selama 30 menit, lalu cuci wajah anda hingga bersih. Perawatan masker tomat akan membuat pori-pori wajah anda kembali normal.

Cara pertama ini sangat efektif sih, terlebih bagi Kamu yang memiliki waktu luang yang lebih pas weekend tapi buat kamu yang kurang suka dengan oroma tomat ataupin memiliki alergi, jangan asal pakai, Kamu harus konsultasikan dulu ke dokter kecantikan Kamu.

2. Es Batu

Bagi anda yang lebih suka dengan cara-cara simple, anda bisa mmanfaatkan es batu dalam proses pengecilan pori-ori wajah. Cukup sediakan satu buah es batu ukuran sedang, lalu bungkus dengan sehelai kain katun. Oleskan es batu yang sudah dibungkus ini pada area wajah secara menyeluruh, sekurang-kurangnya selama 10 menit. Ingat, anda tidak perlu melakukannya terlalu lama, yang terpenting adalah rutinitasnya. Terlalu lama mengusap wajah dengan es batu justru tidak dianjurkan.

Nah, untuk cara kedua ini Kamu bisa sekaligus menyegarkan kulit kamu setelah beraktifitas seharian, tapi karena es batu memiliki suhu yang cukup dingin kemungkinan bagi Kamu yang gak kuat dingin, lebih baik kamu menghindari cara ini. Coba deh cara bonus yang saya berikan di bawah.

3. Masker Mentimun

Mentimun sangat kaya akan cairan, sehingga merupakan bahan alami yang efektif untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Sama halnya dengan cara pertama, metode pemanfaatan mentimun ini adalah dijadikan sebuah masker alami. Dalam proses pembuatan masker dan penggunaan, masih tidak berbeda jauh juga dengan pembuatan masker tomat.

Pertama tama sediakan satu buah mentimun, lalu haluskan dengan blender. Disarankan untuk membuang bijinya terlebih dahulu sebelum dihaluskan. Cuci wajah anda terlebih dahulu, lalu oleskan masker mentimun ini sambil diselingi dengan pijatan kecil. Setelah merata, tunggu sekitar 30 menit supaya kandungan alami yang terdapat pada mentimun dapat menyerap pada area wajah sehingga bekerja maksimal dalam mengecilkan pori-pori. Cara ini akan memberi hasil maksimal jika Anda melakukannya minimal 3 kali dalam seminggu.

Masker mentimun sangat baik digunakan tapi khasiatnya kurang efektif bila dibandingkan dengan masker dari lidah buaya yang saya berikan pada point bonus dibawah ini. Karena senyawa aktif yang terkandung pada lidah buaya sangat baik untuk mengencangkan kulit wajah Kamu Sist.

4. Buah Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah yang sangat segar. Kandungan serat dan juga vitamin A yang ada pada buah pepaya ini sangat baik untuk kesehatan. Bukan hanya baik untuk kesehatan saja, tenyata buah pepaya yang sangat mudah Anda jumpai ini dapat juga digunakan sebagai masker untuk perawatan kulit wajah Anda agar kulit wajah Anda memiliki ukuran pori-pori yang lebih kecil dan juga lebih cantik. Buah pepaya ini ternyata dapat membantu Anda untuk mengecilkan pori-pori wajah Anda.

Anda dapat menggunakannya sebagai masker wajah yang secara alami dapat membuat kulit wajah Anda memiliki ukuran pori-pori yang jauh lebih kecil dan juga lebih awet muda. Cara membuatnya cukup mudah, buah pepaya yang masih segar itu bisa Anda kupas dan Anda pisahkan daging buah dengan bijinya. Kemudian Anda haluskan daging buah pepaya sampai halus menggunakan blender. Setelah halus Anda bisa mencampurkan dengan sedikit madu untuk membantu agar kulit lebih kencang. Setelah ramuannya jadi Anda bisa segera mengoleskan pada wajah Anda secara merata. Diamkan selama 20 menit dan Anda bilas sampai bersih. Gunakan ramuan ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

5. Buah Apel

Buah ajaib satu ini selain enak untuk disantap secara langsung ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk masker wajah. Kandungan vitamin dan mineral pada buah apel ini sangat berkhasiat untuk membuat kulit wajah lebih segar dan juga lebih sehat. Bagi Anda yang memiliki masalah kulit wajah dengan ukuran pori-pori yang besar maka Anda bisa memanfaatkan apel ini sebagai masker yang secara alami dapat membuat ukuran pori-pori wajah Anda menjadi lebih kecil.

Kalau saya sendiri sih sayang menggunakan masker apel ini karena susah mendapatkan apel yang aman tanpa pestisida soalnya saya sedikit khawatir akan bahan kimia tersebut. Saya lebih merekomendasikan cara bonus yang ada di bawah ini.

6. Lidah Buaya

Aloe Vera di kenal memiliki senyawa aktif untuk menggencangkan kulit, menghilangkan flek hitam dan menghilangkan bekas luka dan mengecilkan pori-pori.

Nah untuk caranya sangat mudah, cukup belender irisan daging lidah buaya, mangga dan sedikit perasan jeruk nipis setelah itu gunakan sebagai masker ke permukaan kulit wajahmu sampai rata (karena mengandung mangga dan jeruk nipis usahakan ramuan ini jangan sampai terkena mata Kamu ya Sis). Setelah merata diamkan Selama 15-20 menit setelah itu bilas dengan air bersih. Gunakan masker ini 1-2x sehari.

7. Ekstrak Anggur

Ekstrak anggur memiliki kandungan mineral, dan antioksidan yang baik untuk peremajaan kulit. Pada dasarnya buah anggur memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada kulit khususnya pada kulit wajah. Selain itu anggur juga berguna sebagai anti aging alami untuk wjah Kamu Sis.

Untuk cara pemakaian Sista hanya butuh minyak biji anggur, Sista bisa membelinya di beberapa market place secara online atau offline kemudia olehkan ke seluruh permukaan wajah secara merata. Diamkan 20-30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Cara ini bisa Kamu lakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu, simple kan Sis.

8. Minyak biji bunga matahari

Sedangnkan minyak biji bunga matahari mengandung vitamin A, C, D, dan E serta Asam lemak esensial yang berfungsi sebagai pelindung kulit dari bakteri dan kotoran. Hal ini sangat baik untuk mencegah jerawat dan mengecilkan pori-pori Kamu Sis, karena pada dasarnya pori-pori yang besar di sebabkan oleh tersumbatnya pori-pori itu sendiri oleh debu dan kotoran.

Nah untuk cara pemakaian hanya usapkan kepermukaan wajah Kamu hingga merata, pijat sedikit agar kandungan dalam biji bunga mataharinya menyarap ke pori-pori Kamu Sist. Setelah itu diamkan hingga 15-20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Cara membuat masker wajah Anda dari apel sangat mudah. Anda kupas apel dan Anda buang biji dan juga kulit buahnya kemudian Anda blender. Setelah halus Anda dapat tambahkan minyak zaitun agar masker wajah Anda menjadi lebih sempurna. Setelah ramuan Anda jadi, maka Anda sudah bisa menggunakannya sebagai masker wajah. Oleskan secara merata pada seluruh bagian wajah Anda setelah sebelumnya Anda bersihkan wajah Anda terlebih dahulu. Setelah 20 menit Anda bisa bilas menggunakan air dingin. Supaya hasilnya lebih maksimal maka Anda bisa gunakan perawatan ini secara teratur.

Itulah bebebrapa cara ampuh untuk mengecilkan pori-pori wajah. Cukup mudah bukan? Untuk memperolah kecantikan maksimal, anda tidak harus selalu merogoh kantong terlalu dalam, karena bahan bahan alami seperti tomat, mentimun, pepaya, apel dan es batu juga bisa memberi hasil yang baik jika diterapkan dengan metode yang benar. Karena sifatnya yang alami, maka anda tidak perlu khawatir tentang kesehatan kulit wajah anda, karena tidak akan muncul efek samping apapaun.

Ya, kelebihan cara alami memang terletak pada hal tersebut, yakni tidak memicu efek samping atau resiko berbahaya. Selain itu, keunggulan menggunakan metode alami adalah prosesnya yang simple dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Kami harap cara-cara sederhana di atas mampu memberi solusi bagi anda dalam mengatasi masalah pori-pori wajah yang selama ini menganggu penampilan.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *