Cara Menghilangkan Bau Kaki

Oleh /

Apakah anda merasa terganggu dengan Bau Kaki setelah mengenakan sepatu ataupun sandal seharian? Bau Kaki timbul karena bakteri dan jamur. Asal anda tahu, bagian dalam alas kaki anda adalah tempat yang sempurna untuk perkembangbiakan mikroorganisme ini. namun jangan khawatir, karena dalam artikel ini anda akan menemukan berbagai cara menghilangkan Bau Kaki.

Inilah Cara yang Efektif untuk Menghilangkan Bau Kaki

1. Cuci sepatu dan alas sepatu anda secara berkala

Mencuci dan mengeringkan alas kaki anda bisa menjaganya tetap segar dan bebas dari bau. Namun, deterjen dan panas bisa mengurangi kualitas bahan pembuatnya. Lem dan perekat yang mengelupas bisa berarti anda harus segera membeli alas kaki yang baru. Karena itulah, mencuci alas kaki dengan tangan dan air dingin adalah pilihan terbaik.

Anda tetap bisa menambahkan bahan disinfektan ke dalam campuran pencuci anda untuk mengurangi jumlah mikroba. Jika anda menggunakan mesin cuci, pisahkan tali sepatu terlebih dahulu dan gunakan pengaturan cuci yang paling lembut. Setelah itu, lebih baik mengeringkan sepatu anda secara alami karena menggunakan mesin untuk mengeringkan sepatu akan berakibat buruk bagi sepatu anda.

2. Gunakan kaus kaki yang menghindarkan keringat untuk menjaga kaki dan sepatu tetap kering

Menggunakan kaus kaki yang terbuat dari bahan yang kedap keringat seperti cool-max dibandingkan dengan katun akan menjaga kaki dan sepatu anda tetap kering. Serat yang ada pada bahan ini menghindarkan keringat dari kaki anda sehingga bisa menguap. Katun akan mempertahankan kelembaban dalam alas kaki anda, sehingga bakteri dan jamur bisa berkembang biak.

3. Keringkan sepatu anda sesudah penggunaan

Jangan menyimpan sepatu dalam tas olahraga anda, karena hal ini akan menyebabkan mereka lembab lebih lama serta menyediakan tempat berkembang biak yang sempurna bagi semua mikroba yang ada. Saat tidak digunakan, usahakan selalu meletakkan sepatu di luar. Isi bagian dalam sepatu dengan tisu kering untuk membantu mempercepat proses pengeringan. Trik ini berguna untuk semua jenis sepatu, maka anda harus mencobanya.

4. Menggunakan kaus kaki dengan logam

Mungkin menghindarkan keringat dari kaki saja tidak cukup jika sepatu yang anda gunakan membuat kaki sulit “bernapas”. Anda bisa mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur dengan cara menggunakan kaus kaki dengan tambahan serat logam seperti perak atau tembaga. Mungkin agak sulit dicari, tapi anda bisa mendapatkannya di toko yang khusus menjual perlengkapan olahraga.

5. Bedak kaki dengan obat

Bedak yang khusus dibuat untuk kaki mengandung talk yang bisa menyerap kelembaban, beberapa bahkan mempunyai tambahan pewangi dan deodoran untuk membantu menyamarkan bau. Menaburkan sedikit bedak pada alas kaki sebelum dan setelah menggunakannya bisa menjaganya tetap kering dan mencegah pertumbuhan bakteri.

6. Menggunakan disinfektan sepatu dan sandal

Cara menghilangkan Bau Kaki sangat dibutuhkan, khususnya jika anda sering menggunakan sandal dan tak ada pelindung yang bisa membantu menyamarkan bau. Salah satu solusinya adalah menggunakan semprotan kaki dengan disinfektan. Salah satu bahan aktif dalam semprotan disinfektan adalah benzalkonium klorida, sebuah bahan disinfektan yang juga banyak ditemukan dalam produk rumah tangga lainnya.

7. Kaus kaki sol atau lapisan dalam yang bisa dicuci

Jika anda sering menghadapi masalah Bau Kaki saat menggunakan sepatu tanpa kaus kaki, anda bisa mencoba menggunakan lapisan dalam atau insol yang bisa dicuci, biasanya aksesori tambahan sepatu ini mempunyai lapisan atas dari katun dan bagian bawahnya terbuat dari lateks.

Anda bisa mengganti insol bawaan sepatu anda atau melapisinya. Insol ini cukup kuat untuk bertahan di tempat dan membantu penyerapan kelembaban. Tambahan ini juga akan memberikan kenyamanan tambahan pada kaki anda. Cucilah setiap tiga hingga enam penggunaan untuk menjaganya tetap wangi dan segar.

8. Menggunakan anti keringat pada kaki

Ini adalah taktik yang sering digunakan atlet marathon untuk membantu mencegah masalah pada kaki. Kebanyakan kelembaban dalam alas kaki disebabkan oleh keringat yang dikeluarkan kaki anda. Jika anda mencegah keringat pada kaki keluar, anda juga menjaga sepatu tetap kering dan tidak menyediakan tempat bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak.

Namun, hal ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak ada reaksi buruk yang ditimbulkan kulit anda terhadap obat. Jika ingin yakin bahwa anda tidak sensitive terhadap obat, uji penggunaan obat ini pada area kecil di kaki anda dan lihat apakah ada peradangan atau luka lain setelah satu hari. Jika tidak ada, berarti anda aman dan bisa menggunakannya.

9. Menggunakan deodoran pada kaki

Biasanya deodoran digunakan pada ketiak, namun ternyata bisa juga digunakan pada kaki sebagai cara menghilangkan Bau Kaki yang efektif. Menggunakan deodoran tidak akan menjaga kaki anda tetap kering, namun bisa menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur yang menyebabkan bau. Seperti halnya sebelum menggunakan anti keringat, lakukan pengujian terlebih dahulu untuk memastikan anda tidak mendapat reaksi alergi.

10. Simpan sepatu di tempat sejuk, kering, atau bekukan.

Suhu yang dingin juga bisa menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. Jika anda menyimpan sepatu anda di ruangan yang sejuk dan kering serta mempunyai aliran udara yang baik, sepatu anda akan aman dari pertumbuhan bakteri dan jamur.

Mungkin anda juga ingin mencoba cara lain yang lebih ekstrim, yaitu membekukan sepatu anda. Tetapi membekukan sepatu mungkin bisa merusak lem dan perekat yang ada pada sepatu anda, jadi meletakkan sepatu di ruang dengan kondisi yang mendukung saja sudah cukup untuk menghindari Bau Kaki.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *