Cara Menghilangkan Cegukan

Oleh /

Pada zaman dahulu, orang tua percaya jika anaknya sedang cegukan berarti ia akan segera tumbuh tinggi dan besar. Ada juga mitos yang mengatakan bahwa seseorang akan mengalami cegukan bila ia membayangkan sesuatu yang tabu. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi informasi yang pesat, kepercayaan itu memudar karena tidak bisa dibuktikan secara ilmiah.

Cegukan atau juga biasa disebut singultus adalah kondisi dimana diafragma mengalami kontraksi berulang – ulang. Udara masuk ke dalam organ paru – paru sehingga ruang pada pita suara menutup dan menyebabkan keluarnya bunyi “hik” atau “huk” yang mengguncangkan tubuh. Kondisi ini sangat normal dan bisa terjadi kepada siapa saja tanpa mengenal usia. Akan tetapi, jangan khawatir karena cegukan bisa dihilangkan.

Kategori Cegukan

Ada tiga kategori cegukan yang harus Anda ketahui. Hal ini dapat membantu Anda untuk memberikan pertolongan dan menentukan cara menghilangkan cegukan yang menimpa Anda. Perhatikanlah baik – baik, penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Cegukan Ringan

Cegukan ini hanya terjadi sebentar saja, mungkin hanya beberapa menit sampai paling lama kurang dari dua hari. Cegukan ini normal dan sering terjadi, Anda tak perlu khawatir.

2. Cegukan Terus Menerus

Cegukan ini berlangsung dalam jangka waktu yang lumayan lama yaitu 48 jam (2 hari) atau lebih. Kondisi ini sudah tidak normal, Anda harus waspada dan berhati – hati. Segeralah temukan penyebabnya. Bila dirasa perlu, Anda bisa langsung pergi ke dokter.

3. Cegukan Keras

Cegukan ini sangat berat, karena berlangsung dalam jangka waktu yang lama, yakni sebulan atau lebih. Anda harus mendapatkan tindakan medis untuk menghilangkannya. Jika tak kunjung sembuh dengan pengobatan dari dokter, Anda harus segera melakukan tes kesehatan.

Cara Menghilangkan Cegukan

Jika terserang cegukan, biasanya orang – orang akan membiarkannya saja karena cegukan dapat berhenti dengan sendirinya. Kondisinya akan lain jika cegukan tidak juga menghilang. Tubuh akan kelelahan dan pekerjaan akan terganggu. Simaklah cara menghilangkan cegukan di bawah ini :

1. Bernafas Dalam Kantong Plastik

caranya, bukalah kantong plastik, lalu masukkan sebagian muka Anda di dalamnya. Bernafaslah dalam – dalam dan keluarkan perlahan – lahan. Tujuan utama dari teknik ini adalah untuk meningkatkan kadar karbondioksida dalam aluran pernafasan, sehingga ruang pita suara terdesak dan kembali terbuka.

2. Tahan Nafas

Metode ini adalah yang umum digunakan. Caranya hanya menahan nafas sekuat yang Anda bisa. Lakukanlah berkali – kali, sampai cegukan tidak muncul lagi. Tujuannya sama dengan bernafas di dalam kantong plastik, yakni meningkatkan kadar karbondioksida untuk mendesak ruang pita suara.

3. Minum Banyak Air Putih

Cara menghilangkan cegukan yang paling efektif selain meningkatkan kadar gas CO2 adalah dengan minum air putih yang banyak. Air ini berfungsi melancarkan peredaran oksigen dan darah dalam tubuh. Minumlah secara perlahan. Setelah beberapa teguk, berilah jeda tiga detik, lanjutkan lagi. jangan minum sambil berdiri. Karena dalam posisi cegukan, minum air putih sambil berdiri dapat membahayakan kesehatan.

4. Gula Pasir / Gula Batu

Belum banyak orang yang mengetahui metode ini. Ambil satu sendok gula pasir atau satu bongkah kecil gula batu dan masukkan dalam mulut Anda. Jika Anda tidak menyukainya, bayangkanlah itu adalah permen kesukaan Anda. Gula yang meleleh di dalam mulut dapat memancing otot diafragma dan menghentikan kontraksi, sehingga cegukan akan segera berhenti.

5. Jeruk Nipis

Caranya mudah yaitu cuci jeruk nipis sampai bersih, lalu iris menjadi beberapa bagian. Kemudian peraslah secara langsung di dalam mulut. Kandungan tinggi vitamin C dan rasa asamnya dapat menghilangkan cegukan dengan cepat dan menghilangkan gangguan saraf vagus penyebab cegukan. Apabila cara ini dirasa terlalu sulit, Anda bisa memerasnya terlebih dahulu pada sendok atau gelas kecil.

6. Oleskan Minyak Kayu Putih

Apabila Anda menyukai minyak hangat ini, saat cegukan datang Anda bisa langsung mengoleskannya pada bagian perut dan leher secara merata. Hangatnya minyak kayu putih dapat menghilangkan cegukan karena mendorong ruang pita suara untuk melonggar kembali. Sensasi harumnya minyak juga dapat merilekskan. Apabila badan rileks, cegukan akan lebih cepat hilang.

7. Julurkan Lidah

Tujuan paling utama dari metode ini adalah merangsang saraf vagus dan nasofaring. Julurkan lidah semaksimal mungkin. Hal ini dapat memberikan pengaruh terhadap otot – otot dalam mulut, saluran pernafasan, dan menormalkan kembali kontraksi di dalam diafragma. Cara ini sangat efektif apabila di sekitar Anda tidak ada air.

Hindari Penyebab Cegukan

Cegukan bukanlah datang begitu saja, ada penyebab – penyebab tertentu yang mempengaruhi kondisi ini. Jika Anda bisa mengetahui hal – hal apa saja yang menjadi penyebab cegukan, maka dengan cepat Anda menemukan cara menghilangkan cegukan. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab cegukan:

1. Efek Samping Obat – Obatan

Selain memberikan penyembuhan terhadap suatu penyakit, obat bisa memberikan efek samping yang tidak menyamankan tubuh. Misalnya kulit kering, mual, mengantuk, hingga cegukan. Untuk berbagai obat – obatan jenis pereda nyeri, benzodiazepine, methyldopa, anastesi, dan kortikosteroid pada penggunaannya dalam waktu yang lama bisa menyebabkan cegukan berat.

2. Emosi

Tahukah Anda emosional bisa menyebabkan datangnya cegukan? Sejumlah penelitian menemukan adanya korelasi antara emosi yang terjadi secara mendadak terhadap cegukan yang terjadi begitu tiba – tiba. Misalnya saat tiba – tiba merasa sedih, tiba – tiba terlalu bahagya tidak terbendung, perasaan galau, stress, mendengar berita mengejutkan, dan lain – lain.

3. Minuman

Bebrapa minuman bisa menyebabkan cegukan, diantaranya adalah minuman bersoda seperti cola, minuman panas, minuman beralkohol, dan terlalu banyak minum. Untuk itu, minumlah sewajarnya saja, minum minuman sehat seperti air putih dan susu. Minum terlalu cepat juga bisa mengakibatkan cegukan, maka berhati – hati lah dan minum pelan – pelan.

4. Makanan

Tidak hanya minuman, makanan pun turut menyumbang penyebab terjadinya cegukan. Seperti makan makanan yang terlalu pedas, menelan makanan yang terlalu panas misalnya mie dan soup panas, menelan makanan yang terlalu dingin misalnya es buah dan pudding dingin, terlalu banyak makan, hingga makan terlalu cepat. Untuk itu, makanlah dengan baik dan jangan makan tergesa – gesa bila Anda tidak mau cegukan.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Rua