√ 8 Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Cara membersihkan karang gigi yang membandel memang sesuatu yang agak susah dikarenakan adanya beberapa faktor yang mempengaruhi karang gigi sehingga sulit untuk di hilangkan. salah satu faktor yaitu karena gigi jarang dibersihkan. eits, tapi anda jangan berfikir negatif dulu kalo karang gigi tidak bisa dihilangkan, bisa kok apalagi menggunakan cara alami yang sehat dan aman bagi kesehatan mulut dan gigi pastinya.

Karang Gigi bisa membuat seseorang menjadi tidak pede saat bertemu teman, keluarga atau orang yang istimewa. Selain bepengaruh pada kesehetan, karang gigi juga bisa mengganggu kecantikan, karena saat bicara pasti karang gigi yang menempel akan terlihat sehingga membuat orang tertentu tidak merasa nyaman dan tidak pede. karang gigi yang tidak dibersihkan secara teratur akan menumpuk dibagian gigi tertentu sehingga semakin menumpuk karang gigi yang menempel maka akan semakin susah untuk di hilangkan. oleh sebab itu anda mulai dari sekarang untuk selalu teratur membersihkan gigi supaya karang gigi tidak menumpuk.

Di artikel ini saya akan mencoba memberikan tips menghilangkan karang gigi ampuh yang bisa anda praktekkan secara rutin supaya mendapatkan hasil yang maksimal. sebelum kita lebih jauh membahas tentang karang gigi, sebaiknya anda tau lebih dahulu penyebab munculnya karang gigi sehingga anda bisa meminimalisir munculnya karang di gigi anda.

Penyebab Utama Munculnya Karang Gigi

Karang gig bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman, hal ini jelas disebabkan oleh karang yang di gigi anda. untuk penyebab munculnya karang gigi juga sangatlah umum, karang gigi bisa muncul karena sisa-sisa dari makanan pada gigi anda.jika sisa makan itu tertinggal lama dan tidak cepat dibersihkan, maka lama-kelamaan akan menyebabkan terbentuknya karang gigi. sisa makanan tadi menjadi keras karena air liur kita yang mengandung mineral, sehingga pengerasan pada gigi anda dan terbentuk karang yang keras atau sedimentasi. hal itu menyebabkan gigi anda tidak sehat dan hiasanya menimbulkan bau yang tidak sedap pada mulut anda.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

1. Rajin Menggosok Gigi

Cara pertama untuk menghilangkan karang gigi bisa anda coba dengan menggosok gigi secara benar dan teratur. rutin menggosok gigi memang banyak manfaat, baik bagi mulut atau pun gigi. dengan rajin menggosok gigi maka sisa makanan yang menempel pada gigi sedikit demi sedikit akan hilang. sebaiknya anda menyikat gigi minimal 2 kali setiap hari. usahakan setelah anda makan dan ingin tidur gosok gigi terlebih dahulu. cara menggosok gigi cukup dari atas ke bawah, tidak perlu keras-keras yang penting bersih dari sisa makanan.

2. Menggunakan Pasta Gigi Khusus

Pasta gigi merupakan faktor yang menentukan juga dalam membersihkan karang gigi. Sebaiknya anda pilih pasta gigi yang tepat untuk membersihkan karang gigi, seperti pasta gigi yang mengandung fluroid atau tartar control. Sebab kandungan zat tersebut sangat ampuh untuk menghilangkan karang gigi anda.

3. Flossing

Flossing merupakan salah satu alternatif juga untuk menghilangkan karang gigi anda. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa karang gigi juga bisa disebabkan oleh bakteri yang ada pada gigi dan mulut. Oleh karena itu dengan menggunakan flossing maka sisa-sisa makanan pada mulut anda serta bakteri pun akan secara menyeluruh dihilangkan. lakukan flossing 1 hari sekali agar gigi anda bersih dari karang.

4. Mengkonsumsi Buah Apel

Cara menghilangkan karang gigi yang mungkin tidak akan merepotkan Anda adalah dengan mengkonsumsi atau memakan buah apel. ya, buah apel ini memang banyak berguna bagi tubuh anda. Jika biasanya Anda hanya tahu buah apel hanya untuk menu diet, kini Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan karang gigi. Buah apel ini memiliki zat-zat yang bisa mengurangi karang gigi karena vitamin C yang terkandung ternyata dapat menumpas karang gigi. Jika Anda ingin menggunakan buah apel untuk menghilangkan karang pada gigi, Anda hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin agar karang gigi hilang.

5. Mengkonsumsi Buah Melon

Melon merupakan salah satu buah yang mengandung serat alami. Dengan mengkonsumsi melon maka akan sangat baik untuk memproduksi air liur anda. Sehingga kebersihan mulut akan tetap terjaga. seringlah memakan buah melon, karena bisa juga untuk menghilangkan karang gigi anda.

6. Minum Air Putih

Cara menghilangkan karang gigi yang lebih sederhana adalah dengan mengkonsumsi air putih. Air putih memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Air putih bisa membantu melancarkan pencernaan. Air putih juga bisa membantu melancarkan metabolisme pada tubuh. Tentunya, air putih juga mampu membersihkan karang yang bersarang pada gigi. Caranya, Anda hanya perlu rutin mengkonsumsi air putih setiap hari, minimal 8 gelas sehari. Ketika Anda ingin menggunakannya sebagai pembersih karang gigi, Anda hanya perlu berkumur-kumur dengan menggunakan air putih. mudah bukan.

7. Mengurangi Konsumsi Makanan yang Mengandung Gula dan Tepung

Cara menghilangkan karang gigi bisa Anda lakukan dengan mengurangi konsumsi makanan yang bisa menyebabkan karang gigi. Makanan yang biasanya cepat memicu plak pada gigi adalah makanan-makanan yang terbuat dari gula dan tepung. Kedua bahan makanan tersebut memang bisa memicu timbulnya karang pada gigi. Apalagi jika Anda sangat malas membersihkan gigi Anda setelah mengkonsumsi makanan tersebut, tentu plak akan sangat cepat muncul dan menumpuk pada gigi. Maka dari itu, kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung mulai sekarang!

8. Memeriksakan Gigi Setiap 6 Bulan Sekali

Kebanyakan orang biasanya hanya mengunjungi dokter gigi ketika terjadi masalah pada giginya. Jarang sekali orang yang datang untuk berkonsultasi saat gigi dalam keadaan sehat. Itulah sebabnya, ketika plak gigi muncul, kebanyakan orang tak menyadari kemunculannya. Padahal, dokter telah menyarankan untuk pergi memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali. Hal tersebut perlu dilakukan agar saat gigi mengalami gangguan, dokter bisa dengan mudah mengatasinya.

 

Menu