Cara Menghilangkan Kulit Belang

Oleh /

Kulit belang artinya warna kulit pada bagian tubuh tertentu tidak merata, seperti di bagian leher, tangan, kaki, maupun wajah. Kulit belang dapat terjadi karena penyakit kulit sampai paparan sinar matahari yang menyengat kulit yang tidak terlindung apapun. Misalnya saja berjalan di siang hari yang panas tanpa menggunakan sun block atau topi. Tentu saja bagian tubuh yang tidak tertutupi pakaian akan menghitam.

Tidak hanya akibat panasnya terik matahari, kulit belang dapat juga terjadi karena perawatan kulit yang tidak merata. Kebanyakan orang terfokus hanya pada muka saja, hal tersebut menyebabkan kulit wajah menjadi lebih cerah dibandingkan bagian warna kulit lainnya. Keadaan ini harus cepat diatasi karena kulit belang dapat menyebabkan ketidak percaya dirian dan kurang sedap dipandang.

Langkah Mengatasi Kulit Belang

Berikut ini adalah cara yang dapat diaplikasikan untuk mengatasi masalah kulit belang Anda:

1. Air Lemon

Buah lemon memang dipercaya sebagai pencerah alami kulit sejak dahulu kala. Anda dapat menggunakan buah ini untuk mencerahkan warna kulit yang sering terpapar sinar UV. Caranya mudah, potong buah lemon menjadi beberapa bagian, lalu peraslah dan tampung dalam gelas kecil. Kemudian ambil kapas, celupkan ke dalam air lemon tadi. Usapkan secara merata ke bagian tubuh atau wajah yang dikehendaki.

Gunakan secara teratur setiap hari. Ada juga cara lain, potong satu buah lemon lalu peras dan tambahkan madu. Oleskan pada bagian kulit yang dikehendaki. Tunggu sampai kering. Kemudian bilas menggunakan air hangat. Lalu, agar mencapai hasil maksimal Anda disarankan untuk mengoleskan pelembab atau lotion setelahnya. Lakukan treatment ini setidaknya dua hari sekali.

2. Yoghurt

Yoghurt merupakan susu yang sudah di fermentasikan. Susu sendiri banyak terkandung di dalam sejumlah kosmetik yang memberikan manfaat menghaluskan dan memutihkan. Susu yang sudah menjadi yoghurt mengandung vitamin ganda dan asam laktat yang dapat melembabkan kulit dan membantu kulit memperoduksi kolagen. Oleskan yoghurt pada kulit gelap sambil dipijat dan biarkan 15 – 30 menit. Lakukanlah setiap hari.

3. Pepaya

Beberapa kurun waktu terakhir ini pepaya menjadi buah populer di dunia kecantikan. Terbukti dari boomingnya sabun pepaya berbagai merk yang banyak diburu terutama oleh para kaum wanita. Untuk mendapatkan kulit cerah yang merata, Anda dapat memanfaatkan buah tropis ini. Terlebih buah ini banyak dijumpai di mana – mana dan lagi, harganya murah.

Buatlah masker pepaya untuk memutihkan tangan, kaki, dan leher Anda. Caranya potong pepaya menjadi beberapa bagian. Lalu tumbuk atau blender dengan dicampurkan sedikit air. Stelah itu lumurkan pada kulit yang dikehendaki. Tunggu hingga mengering, setelah itu bilas dengan air hangat. Apabila memungkinkan Anda bisa menggunakannya dua kali sehari sesaat sebelum mandi.

4. Bengkoang

Bengkoang sudah banyak terkandung di dalam banyak krim pemutih dan berbagai kosmetik. Manfaatnya yang memutihkan sekaligus menghaluskan kulit membuat buah ini selalu dicari. Anda juga dapat mengatasi kulit belang dengan memanfaatkan buah ini. Tak perlu membeli lotion atau kosmetik sari bengkoang lagi, Anda dapat membuat ramuan sendiri di rumah.

Kupaslah bengkoang sampai benar –benar bersih, lalu cucidaging buahnya. Selanjutnya, potonglah menjadi beberapa bagian. Haluskan bengkoang dengan blender atau tumbukan. Jika sudah benar – benar halus, campurkan susu bubuk original ke dalamnya. Aduk rata, lalu aplikasikan pada bagian kulit yang berwarna gelap. Tunggu 10 – 20 menit, basuh dengan air dingin. Lakukan perawatan ini paling tidak dua hari sekali.

5. Aloe vera

Kulit belang dapat juga disebabkan oleh penyakit kulit yang kerap kali meninggalkan bekas hitam atau kemerahan. Gunakan tumbuhan ini untuk mengembalikan kulit menjadi seperti semula. Caranya mudah, cucilah 2 batang aloevera. Hilangkan bagian tepinya yang berduri, lalu belahlah menjadi dua. Usapkan daging aloe vera pada kulit, tunggu hingga kering dan basuh. Agar maksimal, aplikasikan dua kali sehari.

6. Tomat

Tomat mengandung antioksidan tinggi dan vitamin C yang bisa mencerahkan. Seperti lemon, tomat dapat dipergunakan sebagai alternativ meratakan warna kulit. Pertama – tama, cucilah tomat sampai bersih. Selanjutnya blender hingga halus. Apabila ada, anda dapat mencampurkannya dengan madu. Lalu oleskan secara merata. Tunggu hingga kering dan meresap, lalu basuh dengan air. Agar berhasil, lakukan secara rutin setiap hari.

7. Mentimun

Buah sekaligus sayur ini mengandung polifenol, vitamin c, vitamin B1 dan B2. Sangat efektif untuk mencerahkan kulit dan aktif mengangkat sel – sel kulit mati. Siapkan mentimun, lalu cucilah hingga bersih. Kupas dan potong menjadi beberapa bagian dan blender hingga halus. Anda bisa mengaplikasikannya sebagai masker untuk kulit Anda. Gunakan masker timun ini setiap hari.

Ada juga cara lain, yaitu setelah timun dikupas, Anda bisa memotongnya menjadi potongan yang sangat tipis kira – kira 1 mm. lalu tempelkan timun di wajah atau kulit mana saja yang Anda ingin cerahkan. Tunggu sekitar 10 – 15 menit. Angkatlah timun yang Anda tempelkan tadi, bilas dengan air bersih.

8. Sunblock / Sunscreen

Sebaiknya setelah Anda mengetahui bahwa Anda mengalami masalah kulit belang, jika berada di luar ruangan pakailah sun block atau sunscreen. Krim ini akan membantu Anda melindungi kulit dari paparan jahat sinar UV. Kini sudah banyak sunblock dari berbagai macam brand kosmetik yang beredar di pasaran. Pilihlah krim yang berkualitas dan mengandung SPF tinggi.

Selain menggunakan sunscreen, Anda juga harus tetap melindungi kulit dengan pakaian yang tepat. Gunakan pakaian berwarna putih yang terbuat dari katun saat panas, saat berkendara motor usahakan memakai sarung tangan dan helm yang memiliki tutup kaca pelindung, pakailah topi saat cuaca panas, dan jangan langsung mencuci muka setelah terpapar panas dan berkeringat.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *