masa subur wanita dan pria

Cara Menghitung Masa Subur

Memiliki buah hati adalah dambaan bagi semua pasangan yang sudah menikah. Pasalnya, anak bukan hanya akan menjadi penerus keturunan, tapi juga penghibur dan penyemangat di kala sedang merasa sedih. Oleh karena itu, demi bisa mendapatkan momongan maka pasangan suami istri akan rela melakukan apa saja. Mulai dari mengikuti program terapi hingga mengonsumsi produk tertentu.

Salah satu hal yang perlu diketahui ketika merencanakan memiliki anak adalah tentang bagaimana cara mengetahui masa subur wanita dan pria. Ini adalah faktor yang amat penting dalam kesuksesan program hamil yang dijalani. Sebab dengan menghitung masa subur, maka Anda akan menjadi tahu kapan Anda harus memulai langkah pertama. Dengan kata lain melakukan hubungan suami istri.

Apabila selama ini Anda telah berusaha keras untuk bisa hamil tapi belum ada hasilnya. Maka coba periksa kembali rencana yang sudah dilakukan. Apabila selama ini Anda hanya asal-asalan saja, maka hal tersebutlah mungkin yang menjadi penyebab tertundanya memiliki momongan. Karena berhubungan di masa subur akan sangat mempengaruhi proses pembuahan.

Masa subur yang dimaksud adalah waktu dimana ovum (sel telur dari ovarium wanita) dan sperma sedang berada di puncak keemasan. Dalam arti lain, bahwa kedua sel tersebut telah matang dan siap untuk proses pembuahan. Apabila Anda pernah berkonsultasi ke spesialis, maka berhubungan badan di masa ini adalah hal pertama yang akan dianjurkan.

Sedikit banyaknya, Anda pasti sudah pernah mendengar tentang masa subur wanita. Baik melalui internet maupun dari orang sekitar. Namun untuk masa subur pada pria, sepertinya sangat jarang disinggung. Padahal faktor yang mempengaruhi kehamilan adalah masa subur kedua belah pihak. Hal inilah yang kemudian menjadi salah kaprah ketika menjalani program hamil.

Cara Efektif Mengetahui Masa Subur Wanita dan Pria

Cara efektif mengetahui masa subur wanita dan pria sebenarnya dapat diketahui dengan berbagai cara. Yang paling mudah adalah dengan langsung berkonsultasi ke dokter spesialis. Namun apabila Anda dan pasangan tidak ingin melakukan hal tersebut. Maka beberapa cara di bawah ini bisa menjadi panduan bagi Anda:

1. Masa Subur Wanita

Salah satu cara termudah untuk menghitung kapan masa subur wanita akan tiba adalah dengan menggunakan kalender. Meskipun terkesan sangat gampang, namun hasilnya terbilang efektif. Disini, wanita harus membuat catatan mengenai periode menstruasi terlebih dahulu. Siklus ini merupakan jumlah rentang waktu dari hari pertama menstruasi ke hari pertama periode menstruasi berikutnya.

Siklus menstruasi yang normal menurut medis adalah dengan jangka waktu 21 sampai 35 hari. Ketika menstruasi, maka ovum (sel telur wanita) akan mulai berkembang dalam ovarium (rahim). Apabila sudah matang, maka rahim akan melepaskan ovum. Yang mana peristiwa ini dikenal dengan ovulasi.

Ovulasi ini akan berlangsung selama 12 hingga 14 hari dihitung dari sebelum periode menstruasi pertama yang selanjutnya. Namun hal ini tidak bersifat paten karena siklus menstruasi setiap wanita berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat daftar siklus menstruasi terlebih dahulu. Sehingga proses penghitungan bisa dilakukan secara tepat.

Namun umumnya, masa subur wanita akan terjadi pada hari ke 10 – 17 sejak hari pertama menstruasi berakhir. Hal yang sedikit merepotkan adalah karena siklus menstruasi pada wanita bisa berubah-ubah. Sehingga membuat ovulasi bisa terjadi lebih cepat ataupun lebih lama dibandingkan sebelumnya.

2. Masa Subur Pria

Tidak hanya pada wanita, Mengetahui masa subur pria juga menjadi hal yang penting dalam sebuah usaha untuk mendapatkan keturunan. Kedua belah pihak harus bekerja sama mempersiapkan diri sebelum masa subur tersebut tiba. Hal ini dilakukan guna melancarkan rencana yang telah dibuat sebelumnya. Hal ini pula yang mengharuskan pria mengetahui masa suburnya.

Umumnya tingkat kesuburan pria ditentukan oleh dua hal, yaitu kualitas dan juga kuantitas sperma yang dihasilkan. Dan waktu subur tersebut adalah ketika suhu udara paling dingin. Apabila tinggal di daerah tropis, maka waktu tersebut adalah sekitar 04.00 Wib – 17.00 Wib.

Selain itu, suhu udara juga memiliki pengaruh sangat besar pada kesuburan pria. Apabila Anda tinggal di daerah empat musim. Maka pria akan mengalami puncak kesuburannya saat winter atau musim dingin. Selain cara tersebut, masa subur pada pria juga bisa dihitung dari waktu terakhir sel sperma keluar. Yakni pada hari ketiga hingga ketujuh sejak pria mengalami ejakulasi.

Pada masa-masa tersebut di atas, sel sperma sedang berada dalam kondisi yang sangat matang dan jumlahnya juga lebih banyak. Sehingga proses pembuahan ovum bisa berjalan dengan lebih optimal. Namun apabila sudah menggunakan trik di atas dan masih belum berhasil. Maka bisa langsung melakukan cek laboratorium untuk mendapatkan hasil periode subur yang lebih akurat.

Faktor Penyebab Kehamilan Lainnya

Selain dengan mengetahui masa subur wanita dan pria, sebenarnya masih ada faktor penyebab kehamilan lainnya yang perlu Anda perhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pola Makan Sehat

Salah satu faktor yang bisa membuat wanita cepat hamil adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Makanan berkualitas bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja, tapi juga bisa mempengaruhi kesehatan dan kesuburan rahim.

2. Pola Hidup Sehat

Untuk bisa cepat hamil, pasangan suami istri sangat dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat. Contohnya adalah dengan berolahraga secara teratur. Hal ini dikarenakan aktivitas olahraga dapat membantu menyeimbangkan hormon. Tentunya hal ini berpengaruh besar terhadap planning memiliki momongan Anda.

3. Konsumsi Vitamin

Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi vitamin, khususnya wanita. Selain memberikan manfaat berupa kesehatan tubuh, vitamin juga memegang peranan penting dalam menjaga stamina tubuh. Di samping itu, pria juga bisa mengimbanginya dengan mengkonsumsi vitamin yang berfungsi meningkatkan kualitas sperma, seperti Vitamin C.

4. Konsumsi Suplemen

Tentunya proses kehamilan tidak bisa hanya berpegang pada mengetahui masa subur wanita dan pria saja. Program hamil juga harus dibarengi dengan mengkonsumsi suplemen penyubur yang dibutuhkan.

Ada banyak jenis suplemen yang bisa menjadi pilihan Anda. Namun carilah yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja adalah suplemen penyubur kandungan dan sperma Fertimex & Fertilev.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *