usia-kehamilan

Cara Menghitung Usia Kehamilan

Kehamilan merupakan sesuatu yang telah di tunggu-tunggu oleh banyak pasangan yang sudah berumah tangga, lengkap rasanya apabila di tengah-tengah rumah tangga ada suara bayi mungil nan menggemaskan.

Proses kehamilan di lalui ibu hamil selama 9 bulan dan dengan waktu yang tidak singkat tersebut banyak para ibu melakukan pemeriksaan pad dokter kandungan agar kandungan mereka tetap sehat dan kuat hingga proses persalinan.

Ibu hamil akan merasa gugup dan panik ketika akan menghadapi proses persalinan karena pasangan suami istri merasa tidak sabar untuk menantikan kelahiran anak atau bayi mereka, untuk ibu di harapkan ibu tetap menjaga kesehatan tubuh dan bayi dengan cara mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Untuk mengetahui umur kehamilan bayi maka ibu bisa melakukan pemeriksaan pada dokter kandungan terdekat, tetapi itu akan menghabiskan biaya. Untuk menghemat biaya ibu hamil bisa menghitung usia kehamilan sendiri dengan cara manual yang bisa di lakukan setiap minggunya.

Usia kehamilan bayi adalah 40 minggu atau 280 hari di hitung sejak hati terakhir berhenti haid, untuk itu biasanya dokter kandungan atau bidan lebih memilih menghitung menggunakan hitungan minggu karena dengan menggunakan hitungan minggu akan lebih akurat dan tepat.

Berikut cara menghitung usia kehamilan yang bisa dilakukan di rumah dengan memperhatikan siklus haid yang anda alami:

Untuk cara menghitung usia kehamilan yaitu Anda harus mengetahui siklus haid yang di alami. Cara menghitung bisa dilakukan dengan hari pertama haid terakhir atau di singkat menjadi HPHT yang kemudian bisa di hitung menggunakan rumus yang di kenal dengan naegele.

Untuk kaum hawa yang memiliki siklus haid yang teratur bisa menggunakan rumus hari pertama haid terakhir di kurangi (-) dengan 7 pada bulan haid di kurangi (-) 3 kemudian pada tahun di tambah dengan angka 1.

Tetapi apabila bulannya tidak bisa di kurangi (-) 3 atau bulan januari-maret maka di jumlahkan dengan 9 tetapi pada tahun tidak usah di tambah dengan angka 1.

Untuk mempermudah akan di berikan contoh dalam cara menghitung usia kehamilan :

  • Pada HTHP tanggal 17 agustus 2016 cara menghitungnya ialah 17 – 7 = 10 (tanggal), 8 (agustus) – 3 = 5 (mei), tahun 16 + 1 = 17
  • Jadi untuk memperkirakan proses persalinan pada tanggal 10 mei 2017
  • Pada HTHP bisa di perkirakan sekitar 7 hari sehingga hari dimana bayi lahir sekitar 3 hingga 17 mei 2017

Di atas merupakan cara menghitung usia kehamilan yang mudah dan praktis untuk dilakukan, bisa dilakukan di rumah kapan saja. Untuk menjaga kehamilan ibu agar bisa kuat dan sehat hingga proses kelahiran berlangsung maka ibu harus benar-benar cerdas dalam menjaga kesehatan ibu dan bayi.

Untuk itu ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang menyehatkan baik untuk ibu maupun untuk si kecil. Berikut beberapa makanan yang bisa di konsumsi oleh ibu hamil.

  • Mengonsumsi susu untuk ibu hamil
  • Makan makanan yang mengandung banyak vitamin, gizi dan protein sehingga bayi dalam perut ibu bisa sehat dan kuat
  • Bisa mengonsumsi madu karena madu banyak mengandung manfaat untuk ibu hamil antara lain bisa menambah sistem kekebalan tubuh bayi, mencerdaskan otak bayi

Bagaimana? Cukup mudah buka cara menghitung usia kehamilan? Selamat mencoba dan semoga kandungan anda sehat sampai waktu melahirkan.

Artikel Lainnya