obat asam urat
Kesehatan

Cara Mengobati Asam Urat

Asam urat adalah sebuah penyakit yang sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Hal ini disebabkan oleh gejala nyeri, pembengkakan, dan rasa panas di persendian akibat akibat penumpukan zat asam urat sehingga membuat penderitanya susah bergerak.

Sebelum beranjak untuk mengupas cara mengobati asam urat, tentu ada baiknya kita terlebih dahulu harus mengetahui beberapa makanan dan minuman yang dapat menyebabkan asam urat yang di derita semakin parah. Hal ini erat kaitannya dengan proses penyembuhan asam urat, karena akan sangat percuma Anda mengonsumsi obat asam urat namun tidak menghindari makanan pantangan asam urat.

Dan berikut adalah beberapa makanan pantangan asam urat yang harus Anda hindari:

Makanan Pantangan Asam Urat

1. Jeroan

Anda suka mengonsumsi rempela, babat, kikil, hati, dan jeroan lainnya? Jika iya, segera hindari makanan ini jika ingin asam urat Anda tidak semakin parah.

2. Seafood

Makanan laut merupakan makanan pantangan yang wajib dihindari.

3. Daging Sapi

Daging sapi memiliki kandungan purin dan kolesterol yang dapat memicu timbulnya asam urat sehingga makanan ini sangat wajib untuk dihindari.

4. Sarden

Sama halnya dengan daging sapi, sarden juka memiliki kandungan purin yang dapat memicu asam urat

5. Alkohol

Minuman beralkohol adalah minuman yang dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh

Rekomendasi Produk

-34%
bawang dayak kering
Close
Beli

Bawang Dayak

Rp 150.000 Rp 99.000
Madu Hitam Aladin
Close
Beli

Madu Hitam Pahit

Rp 85.000
-13%
Obat Herbal Asam Urat
Close
Beli

Obat Herbal Asam Urat

Dinilai 5.00 dari 5
Rp 400.000 Rp 350.000

Penyebab Asam Urat Tinggi

1. Faktor usia

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, orang-orang dengan usia di atas 30 tahun sangat rentan terkena asam urat. Biasanya terjadi lebih awal pada laki-laki, sedangkan untuk wanita biasanya terjadi setelah fase menopause. Meskipun tidak semua orang mengalami penyakit asam urat, namun Anda perlu menjaga kesehatan tubuh Anda dengan baik sejak muda.

2. Efek Samping Obat

Penyebab asam urat yang berikutnya adalah karena efek samping obat, inilah yang akan terjadi jika Anda tidak selektif dalam menggunakan obat. Biasanya diakibatkan karena obat-obatan kimia yang memang sering digunakan. Oleh sebab itulah penggunaan obat tradisional atau obat herbal lebih dianjurkan dibandingkan dengan obat-obatan kimia.

3. Faktor Keturunan

Asam urat juga menjadi salah satu penyakit yang bisa diturunkan, resiko seseorang yang memiliki riwayat keluarga sakit asam urat lebih tinggi dibandingkan orang lain. Meski begitu sekalipun Anda memiliki riwayat keluarga yang menderita asam urat, Anda bisa mencegahnya dengan menjalankan pola hidup yang sehat sejak masih muda.

4. Makanan Tidak Sehat

Selain beberapa penyebab di atas, asam urat juga bisa disebabkan karena makanan yang tidak sehat. Ini yang sering kali tidak disadari oleh kebanyakan orang, padahal faktor kesehatan manusia yang paling utama terletak pada apa yang dikonsumsinya. Mengonsumsi makanan tidak sehat akan memicu naiknya asam urat, meskipun tidak terjadi secara langsung.

5. Terlalu Banyak Mengonsumsi Alkohol dan Minuman Bersoda

Penyebab asam urat yang tidak kalah berbahaya adalah karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan juga minuman bersoda. Bagi sebagian orang kedua minuman ini menjadi gaya hidup, tanpa sadar bahwa minuman semacam ini sangat tidak baik untuk kesehatan.

Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami

1. Daun Sirsak

Daun sirsak ternyata memiliki kandungan yang dapat mengobati asam urat. Cara penggunaanya pun cukup sederhana, yakni dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak segar.

2. Daun Sambiloto

Daun sambiloto memiliki kadnungan kalsium, natrium dan kalium yang sangat baik untuk mengobati asam urat. Sama dengan halnya daun sirsak, daun sambiloto dapat dikonsumsi untuk meredakan asam urat dengan meminum air rebusannya.

3. Bawang Dayak

Mungkin sebagian dari Anda belum begitu familiar dengan bawang yang satu ini. Sesuai namanya, bawang ini berasal dari suku dayak. Keampuhan dari bawang dayak untuk mengobati berbagai penyakit bahkan tertuang dalam sebuah buku berjudul Bawang Dayak: Si Umbi Ajaib Penakluk Aneka Penyakit karua Ni Luh Indrawati, S.Farm., Apt. dan Razimin, S.Si., Apt.

Bawang dayak biasanya dikonsumsi dengan cara dikeringkan terlebih dahulu kemudian diminum layaknya teh pada umumnya.

4. Madu Hitam

Madu hitam atau biasa dikenal sebagai madu pahit merupakan madu yang berasal dari hutan. Madu ini memiliki rasa yang berbeda dengan madu pada umumnya. Madu Pahit memiliki kandungan alkaloid yang berasal dari sumber nektarnya (senyawa basa bernitrogen yang terdapat pada beberapa jenis tumbuhan). Kandungan inilah yang membuat madu hitam pahit memiliki manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk salah satunya asam urat.

5. Bunga Rosela

Bunga rosela miliki kandungan protein esensial yang bermanfaat untuk mengobati asam urat. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau merebusnya terlebih dahulu.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *