diabetes

Cara Mengobati Diabetes

Oleh /

Diabetes. Siapa yang tak kenal dengan pembunuh nomor satu di dunia ini? Sukses merenggut ratusan nyawa di dunia setiap tahunnya, diabetes menjadi momok menakutkan yang wajib Anda waspadai. Bagaimana tidak? kehadiran penyakit ini sering dibarengi dengan komplikasi yang parah. Tak ayal, sikap pantang menyerah dan terus berusaha juga menjadi modal utama bagi penderita diabetes untuk sembuh dari penyakitnya.

Namun, pernahkah Anda berpikir bahwa ada beberapa cara mengobati diabetes yang sebenarnya masih bisa Anda lakukan. Meskipun diabetes yang Anda derita diperparah dengan adanya penyakit lain. Ya, bagaimana bisa? Berikut rahasianya untuk Anda.

1. Batasi Gizi Makanan Yang Masuk Ke Tubuh

Kontrol semacam ini sangat penting. Walaupun berat bagi pengidap diabetes, tidak ada jalan lain bagi Anda selain patuh pada anjuran dokter. Penderita diwajibkan menakar setiap gizi apapun yang masuk ke dalam tubuh. Buah dan sayur segar boleh saja Anda makan, asal anda tetap tahu berapa jumlah maksimalnya.

Cara mengobati diabetes juga dilakukan dengan mmenghindari karbohidrat sederhana. Kalori makanan tidak boleh lebih dari 1500-2000 kalori dalam setiap hari.

Jika Anda ceroboh, bisa jadi langkah yang Anda aplikasikan selama ini sia-sia.

2. Mengobati Infeksi Kulit Yang Dialami

Penderita diabetes yang parah memang riskan. Masalah kulit yang melanda belum lagi tekanan mental adalah kendala sulit yang mesti Anda terjang. Infeksi oleh virus, bakteri, dan jamur mudah berkembang lantaran memperoleh asupan nutrisi dan kadar gula darah yang berlebih. Pakailah obat-obatan yang digunakan untuk mengobati infeksi kulit agar masalah ini dapat berkurang.

Pastikan Anda mendatangi dokter dan memperoleh obat yang cocok untuk cara mengobati diabetes yang tepat.

3. Reaksi Insulin

Seorang penderita diabetes yang memakai insulin terlalu banyak berpotensi membuatnya cepat lapar, pucat, berkeringat, denyut nadi menjadi cepat, dan merasa lemas.

Perawatan kondisi ini bisa diatasi dengan minum jeruk atau gula. Sedangkan untuk komplikasi yang lebih parah, Anda bisa menyuntikkan glukogon yang dapat menaikkan kadar gula darah dengan cepat.

4. Asupan Insulin

Selain makanan, penderita diabetes juga wajib memperhatikan suplai insulin bagi tubuh mereka. Dosis insulin yang umum diberikan kepada mereka adalah U-40, U-80, dan U-100. Angka dalam takaran tersebut menentukan jumlah unit insulin dalam satu mililiternya.

Gunakan insulin setiap harinya sesuai dengan anjuran dokter. Cara mengobati diabetes ini akan mempengaruhi aktivitas Anda sehari-hari. Patut Anda ketahui pula, bahwa setiap penderita diabetes punya dosis insulin yang berbeda-beda.

5. Pengobatan Alami

Tidak ada salahnya bagi Anda menerapkan pengobatan herbal. Selain menyertakan bahan-bahan yang mudah ditemukan, herbal juga biasanya memakan biaya yang lebih murah ketimbang perawatan medis. Namun wajib hukumnya bagi Anda mengetahui manakah tanaman yang cocok dan harus Anda hindari.

Sejumlah tumbuhan yang bisa Anda ambil khasiatnya untuk menuntaskan diabetes antara lain jahe, mengkudu, gingseng, dan rebusan brotowali. Perhatikan juga dampak yang ditimbulkan bagi tubuh. Jangan sampai cara mengobati diabetes ini gagal karena kelalaian Anda.

6. Periksa ke dokter

Seringlah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Pendamping sangat diperlukan dalam mengobati penyakit kronis ini. Tips ini berguna agar Anda bisa memantau perkembangan dari terapi maupun usaha yang Anda jalani. Patuhi arahan yang diberikan oleh dokter, walau efek yang Anda terima tidak cepat. Bagaimanapun metode yang harus Anda tempuh, semua harus Anda capai demi kesembuhan Anda.

Cara mengobati diabetes memang tidak semudah yang dibayangkan. Oleh sebab itu, perkuat rasa sabar dan keimanan Anda terhadap Tuhan yang maha kuasa agar doa-doa Anda untuk pulih terwujud.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *