Cara Mengobati Mata Minus

Oleh /

Mata minus yang sering disebut juga miopi atau rabun jauh merupakan kondisi mata dimana mata tidak memiliki kemampuan melihat dengan jelas benda yang letaknya jauh karena bayangan benda tidak tertangkap tepat oleh retina namun jauh di depannya. Akibatnya, penglihatan terhadap objek menjadi kabur. Bayangannya menyerupai gambar hasil tangkapan kamera yang tidak fokus.

Ada banyak penyebab mengapa mata dapat mengalami miopi. Diantaranya yaitu karena faktor genik, seseorang dengan rabun jauh biasanya menurun kepada sang anak. Pasti Anda sering melihat sebuah keluarga dimana sang Ayah memakai kacamata, berikut anak – anaknya. Penyebab lainnya adalah kebiasaan membaca di tempat redup, selalu melihat dalam jarak dekat, dan terlalu sering berada di dalam ruangan.

Setelah mengetahui penyebabnya, hindarilah hal – hal tersebut. Lebih baik melakukan tindakan pencegahan daripada mengobatinya. Demi menjaga kesehatan mata dan mencegah mata minus, Anda perlu makan makanan yang banyak mengandung vitamin A misalnya wortel, pisang, atau pepaya, biasakan diri untuk membaca dengan jarak normal (30 cm), dan usahakan selalu berada dalam tempat dengan cahaya cukup.

Berbagai Cara Mengobati Mata Minus

Jika sudah terlanjur terkena miopi, tidak ada jalan lain selain melakukan perawatan dan mengobatinya. Selain pergi ke dokter dan memakai lensa kontak atau kaca mata, berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mata minus Anda:

1. Manfaatkan daun sirih

Daun sirih dikenal ampuh sebagai tanaman obat. Daun ini mengandung antioksidan yang tinggi, zat samak, juga minyak esensial yang belum tentu dimiliki oleh tanaman lain. Kemampuannya yang bisa membunuh bakteri, jamur, dan pembersih alami diharapkan dapat membantu penglihatan mata minus menjadi lebih baik.

Cara memanfaatkannya sebagai obat mata ada dua macam. Pertama dengan cara mencuci daun sirih lalu sedikit diremas agar getah keluar, lalu tempelkan pada area sekitar mata sebelum tidur, lepaskan setelah bangun dan basuh dengan air hangat. Cara kedua yaitu dengan merendam daun dalam baskom hingga air berubah warna. Selanjutnya kedip-kedipkan mata Anda dalam baskom selama 10 – 20 menit.

2. Terapi lilin

Banyak yang sudah membuktikan metode ini. Caranya adalah dengan menyalakan lilin di tempat redup. Setelah itu tatap lilin selama beberapa menit tanpa berkedip hingga air mata keluar. Jika sudah, hentikan dan ulangi di kemudian harinya. Batasi intenitas terapi ini perhari, karena terlalu sering melakukannya malah dapat memberi efek buruk pada mata.

3. Melatih Mata

Terlalu bergantung pada kacamata untuk membantu penglihatan mata minus malah berakibat tidak baik, bahkan bisa menyebabkan minus bertambah. Copotlah sesekali kacamata Anda dan mulailah berlatih melihat objek tanpa lensa. Lihatlah objek yang selalu bergerak seperti melihat dedaunan hijau di hutan atau keramaian orang di jalanan.

Melatih mata dengan gerakan jari juga dapat membantu, fokuskan pandangan mata terhadap jari Anda dengan jarak 15 – 20 cm. Lakukan secara berkala. Jika Anda beraktivitas banyak di depan layar, kurangi kebiasaan tersebut. Misalnya istirahatkan mata dari layar setidaknya tiga puluh menit sekali. Jangan lupa untuk memberikan tetes mata secara rutin untuk membersihkannya.

4. Cukupi Asupan Nutrisi dan Vitamin A

Vitamin A dikenal baik untuk kesehatan mata. Meskipun mengkonsumsinya tidak lantas membuat mata minus sembuh total tetapi setidaknya mengurangi, merawat, dan mencegah bertambahnya minus. Konsumsi jus wortel, labu kuning, bayam, ikan tuna, sarden, kacang almond, dan lain – lain. Jika dianggap perlu, konsultasikan kepada dokter atau ahli gizi, jenis makanan apa saja yang baik untuk mata.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *