Cara Mengobati Sariawan

Oleh /

Sariawan adalah salah satu penyakit yang cukup sulit untuk di atasi. Padahal, siapa saja bisa terserang penyakit ini. Di samping itu, ketika Sariawan sudah menyerang , tentu saja rasa sakitnya sangat luar biasa. Oleh karena itu, bagi Anda yang cukup langganan dengannya, perlu mengetahui cara mengobati Sariawan yang paling ampuh.

Dalam hal ini ada beberapa  aspek yang bisa menyebabkan Sariawan. Cara mengobatinya pun demikian, ada beberapa hal yang bisa menjadi pilihan Anda. Nah, jika Anda penasaran dengan daftar langkah-langkah pengobatan terhadap Sariawan ini, jangan khawatir karena sudah berada di tempat yang tepat. Dan untuk informasi lebih lanjut, simak ulasannya di bawah ini.

Apa Saja Penyebab Sariawan

Sebelum  mengenal lebih jauh tentang cara mengobati Sariawan, Anda perlu mengenal terlebih dahulu apa saja yang bisa menyebabkan Sariawan. Dengan mengenalnya lebih dalam, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk menghindari Sariawan. Dan beberapa penyebab umum yang bisa mengakibatkan Sariawan adalah sebagai berikut.

1. Kurangnya kebersihan pada mulut

Hal yang mungkin paling banyak penyebabkan Sariawan dan sangat rasional tentunya adalah masalah kebersihan mulut. Dalam hal ini jika mulut tidak bersih, tentun kuman dan bakteri akan bersarang di dalamnya. Jika di biarkan terus menerus, bisa berakibat pada beberapa gangguan dan Sariawan adalah salah satunya. Bahkan bisa jadi Sariawan yang muncul tidak hanya satu.

2. Cedera atau rusaknya lapisan mulut

Untuk penyebab yang satu ini pada umumnya akan terjadi ketika bibir atau lidah tergigit. Kejadian tersebut jelas meninggalkan luka dan akhirnya mengakibatkan Sariawan. Selain karena tergigit, mungkin juga lapisan mulut rusak karena terluka saat menggosok gigi. Atau ketika memakan sesuatu yang keras dan tajam sehingga menjadikannya terluka.

3. Di sebabkan beberapa kondisi medis tertentu

Perlu Anda ketahui, beberapa kondisi medis yang berkaitan dengan tubuh, ternyata bisa juga mengakibatkan terjadinya Sariawan. Katakan saja yang paling banyak di kenal dalam hal ini adalah ketika tubuh kekurangan vitamin. Selain itu bisa juga di sebabkan karena kekurangan zat besi, lemahnya sistem imunitas, terkena infeksi virus dan lain sebagainya.

4. Efek samping obat

Selain beberapa penyebab di atas, bagi Anda yang saat ini mengkonsumsi obat-obatan, maka perlu waspada dengan Sariawan. Bisa jadi penyebab Sariawan adalah obat yang sedang di konsumsi. Hal ini bisa juga terjadi bagi Anda yang sedang dalam masa perawatan. Dan beberapa jenis yang mungkin adalah seperti nicorandil, obat antiinflamasi nonsteroid, kemoterapi dan radioterapi.

5. Makanan tertentu

Tidak dapat di pungkiri, seseorang jarang memperhatikan dengan baik apa yang dia makan. Kadang hanya mengeluh dengan penyakitnya, tanpa menyadari bahwa penyebabnya adalah apa yang di konsumsinya sendiri. Begitu juga dengan Sariawan. Dalam hal ini, bisa jadi jenis makanan seperti makanan pedas dan kopi menjadi penyebab terjadinya Sariawan baik di mulut maupun di lidah.

6. Perubahan hormon

Kalau untuk penyebab yang berhubungan dengan hormon, ini paling banyak terjadi pada wanita. Terlebih saat mereka mengalami menstruasi karena pada masa tersebut jelas ada perubahan hormon yang terjadi. Selain itu, tidak jarang pula ketika seseorang merasakan kegelisahan akan suatu hal, memiliki masalah yang besar atau dalam kondisi stres, mereka akan mengalami Sariawan.

Cara Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami

Bagi Anda yang seringkali terserang Sariawan, sebenarnya ada banyak sekali solusi yang bisa Anda tempuh agar penderitaan Anda segera selesai. Bahkan, cara tersebut tanoa harus menyentuh bahan-bahan kimiawi dengan menerapkan beberapa metode alami pengobatan Sariawan. Pastinya di dukung bahan alami pula. Dan untuk daftarnya bisa Anda simak lebih lanjut di bawah ini.

1. Madu

Madu adalah salah satu bahan yang sangat terkenal sebagai obat. Bahkan sudah banyak yang menbuktikan bahwa madu memang benar-benar berkhasian dalam mengatasi maupun mencegah berbagai penyakit. Nah, ternyata, madu juga sangat berguna bagi para penderita Sariawan dengan kandungan antibakterinya. Cara pengobatannya pun tinggal mengoleskan pada luka secara rutin.

2. Air garam

Garam juga merupakan salah satu bahan yang mengandung antiradang dan antibakeri. Hal ini tentu akan sangat membantu meredakan sakit pada Sariawan. Sedangkan cara mengobati Sariawan dengan air garam sangatlah mudah. Yakni, Anda tinggal menggunakannya untuk berkumur dengan waktu 1-2 menit. Ketika Sariawan Anda sedang parah-parahnya, cara ini akan sangat bermanfaat.

3. Kelapa

Dalam hal ini ternyata kandungan kelapa juga sangat berpotensi untuk mengobati Sariawan. Sedangkan dalam pengobatannya, bisa di pilih salah satu antara menggunakan minyak kelapa atau susu kelapa. Kandungan dalam kelapa sendiri sangat berguna dalam beberapa aspek. Diantaranya mencegah peradangan, mengurangi rasa sakit, sebagai penyejuk tubuh dan masih banyak lagi.

Selanjutnya, tentu saja sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan kelapa ini. Dan cara tersebut sangatlah mudah. Anda tinggal campurkan kelapa, baik minyak atau susu dengan madu. Tujuannya adalah agar khasiat dari kandungan kelapa ini semakin sempurna dan semakin manjur. Setelah itu, tinggal di oleskan secara rutin pada bagian Sariawan 3-4 kali dalam sehari.

4. Kantong teh bekas

Jika Anda setiap hari mengkonsumsi teh, sebaiknya perlu di perhatikan untuk tidak membuang kantungnya. Apalagi jika Anda salah satu orang yang langganan Sariawan. Alasananya adalah karena kantung teh ini bisa di jadikan obat alami yang mudah di gunakan dan tergolong manjur untuk Sariawan. Dan cara penggunaannya, Anda hanya tinggal mengompreskannya pada bagian luka.

5. Lidah buaya

Bahan selanjutnya yang juga bisa membantu Anda dan bisa di dapatkan dengan mudah adalah lidah buaya. Lidah buaya bisa menjadi pereda nyeri alami sekaligus berperan sebagai antiperadangan. Sedangkan dalam penggunaannya, tentu sangatlah mudah karena tinggal mengoleskan getah pada bagian luka. Cara mengobati Sariawan yang satu ini bisa di lakukan dua sampai 3 kali sehari.

6. Es batu

Obat Sariawan alami terakhir yang bisa di andalkan juga adalah es batu. Es batu bisa membantu Sariawan Anda segera pulih dari bengkaknya. Terutama jika Sariawan tersebut terletak di lidah. Cara pengobatannya hanya tinggal kompres saja dan lakukan secara rutin. Selain membantu mengatasi pembengkakan, hal ini juga akan memberikan rasa sejuk pada bagian yang luka.

Cara Mengobati Sariawan dengan Obat

Jika mungkin cara alami tersebut kurang manjur bagi Anda, atau tidak ada yang cocok, pilohan selanjutnya adalah menggunakan obat tertentu. Dalam hal ini ada banyak obat yang tergolong aman untuk mengobati Sariawan, baik pada anak maupun orang dewasa. Sedangkan daftar jenis obatnya adalah sebagai berikut.

1. Obat kumur untuk Sariawan

Obat kumur untuk Sariawan tentu saja sudah banyak sekali beredar di pasaran. Apalagi mengingat penyakit ini juga sangat banyak di derita. Nah, jika Anda cocok dengan obat ini, maka bisa mengaplikasikannya juga. Namun, perlu di ketahui bahwa tidak semua Sariawan akan sembuh dengan obat kumur. Obat ini akan manjur pada sariwan ringan.

2. Obat kortikosteroid

Bagi Anda yang mengalami sakit Sariawan di lidah, sebaiknya segera di obati karena jika sudah mencapai puncaknya rasa sakitnya seolah tak teratasi lagi. Namun, obat Sariawan di lidah ini cukup sulit di temukan yang manjur. Nah, jika berbagai obat tidak mampu menyembuhkan Anda, cobalah gunakan kortikosteroid. Obat ini bisa mengatasi peradangan dan nyeri.

3. Menggunakan pereda nyeri

Selain obat yang sudah di sebutkan sebelumnya, cara mengobati Sariawan berikutnya bisa menggunakan obat pereda nyeri. Jenis obat ini juga tersedia banyak sekali di apotik. Salah satunya seperti ibuprofen atau paracetamol. Pada umumnya, jika anak menderita Sariawan pun akan di beri jenis obat ini.

4. Antasida cari untuk menangani Sariawan pada anak

Jika sang buah hati mengalami Sariawan, tentu saja sebagai orang tua akan merasa gelisah dan khawatir. Dalam hal ini Sariawan pada putra putri Anda bisa di obati dengan antasida cair. Pengobatan dengan antasida cair ini bisa di lakukan sebanyak 4 kali sehari. Dan untuk pemakaiannya, bisa menyesuaikan dengan usia buah hati Anda masing-masing.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *