Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Oleh /

Untuk cara menjaga kesehatan jantung salah satunya adalah dengan cara menerapkan gaya atau pola hidup yang sehat. Hal ini tentunya agar kinerja jantung anda tetap sehat dan tidak terbebani. Sehingga, anda akan terhindar dari serangan berbagai penyakit mematikan.

Selain itu, jantung merupakan salah satu organ vital yang bekerja untuk mengantarkan gizi pada seluruh bagian tubuh anda. Oleh karena itu, sebaiknya jantung perlu dijaga dengan melakukan olahraga secara teratur dan juga menghentikan kebiasaan yang berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Contohnya dengan tidak merokok dan tidak meminum minuman keras.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Agar kinerja jantung anda dapat berfungsi secara optimal. Anda bisa mengaplikasikan langkah berikut mengenai cara menjaga kesehatan jantung yang dapat anda praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Tidak merokok

Kebiasaan merokok tentunya akan mengasilkan dampak yang buruk khususnya pada organ jantung. Dimana akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Hal ini karena kandungan didalam rokok seperti tembakau atau nikotin mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh apabila terhirup akan mengakibatkan aterosklerosis.

Aterosklerosis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh penumpukan sejumlah plak kolestrol, kalsium, dan lemak pada sistem peredaran darah pada tubuh anda. Yang akan mengakibatkan penyempitan arteri dan pengurangan pada aliran darah.

Karbondioksida dalam asap rokok juga akan mengganggu struktur oksigen dalam udara. Dimana akan menyebabkan kinerja jantung lebih keras untuk menyuplai oksigen. Bahkan bisa mengakibatkan terjadinya penyempitan pada arteri dan akan berdampak timbulnya serangan jantung.

2. Olahraga Secara Rutin 

Bagi anda yang ingin menguatkan otot tubuh, anda bisa melakukan olahraga secara rutin. Karena akan membantu memperkuat kinerja jantung anda. Untuk jenis olahraga yang baik bagi jantung, anda bisa menyimak penjelasan berikut.

  • Dengan melakukan olahraga aerobik intensitas sedang selama 30 menit per harinya dalam waktu 5 hari. Olahraga aerobic ini akan memperlancar aliran darah dalam tubuh dan juga meningkatkan kesehatan pada jantung.
  • Melakukan olahraga aerobic dengan intensitas tinggi selama 25 menit per harinya. lakukanlah setiap 3 hari dalam seminggu agar jumlahnya mencapai 75 menit dalam seminggu.
  • Anda juga bisa melakukan latihan beban setidaknya selama 2 hari per minggu.

3. Melakukan Pengecekan Kolesterol dan Tekanan Darah

Cara menjaga kesehatan jantung selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan kadar kolesterol dan tekanan darah secara rutin. Sehingga dari hasil ini, anda akan mengetahui kadar kesehatan dalam jantung anda dan juga anda bisa menangani masalah yang timbul dalam jantung.

  • Mengecek tekanan darah anda terlebih dahulu. Anda bisa mengeceknya secara rutin setiap dua tahun. Bila hasil tekanan darah anda kisaran 120/80, maka dokter biasanya akan menyarankan anda untuk melakukan pengecekan tekanan darah dalam waktu yang dekat atau tergantung pada riwayat penyakit yang anda derita.

Anda bisa melakukan pengecekan di rumah sakit atau bisa juga pada apotik dan tempat kerja anda. Dimana menyediakan alat pengecekkan darah secara otomatis. Sehingga, anda bisa mengeceknya sebebas yang anda inginkan. Selain itu, sebagai catatan tambahannya anda bisa melakukan konsultasi dengan para dokter ahli.

  • Mencari tahu kadar kolesterol anda. Dengan melakukan pengecekan kolesterol setiap 5 tahun. Pengecekan kolesterol ini dilakukan dengan cara mengambil sampel darah dan mengeceknya di dalam laboratorium. Setelah itu, dokter yang melakukan pengecekan akan menjelaskan hasilnya pada anda.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan riwayat kesehatan pada jantung dan penyakit diabetes pada keluarga. Karena biasanya resiko seperti itu akan menurun dari keluarga. Oleh karena itu, sebaiknya anda melakukan pengecekan kolesterol secara rutin agar hasil yang didapat bisa membuat pencegahan pada penyakit.

4. Menjaga Berat Badan

Bila berat badan anda berlebihan, maka jantung anda akan bekerja lebih keras agar menjaga detak jantungnya tetap normal. Namun, bila hal ini terjadi secara terus-menerus maka akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius pada jantung. Nah, untuk mengatasinya anda bisa mengurangi berat badan dengan berolahraga dan diet yang menyehatkan tubuh.

Masalah kesehatan yang terjadi pada jantung akibat kelebihan berat badan ada banyak sekali, beberapa diantara dari masalah jantung tersebut dapat anda simak pada penjelasan berikut ini

  • Jantung Koroner. Merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan oleh penimbunan plak-plak dalam arteri yang terhubung dengan bagian jantung. Penimbunan dari plak ini akan terjadi penyempitan arteri jantung dan mengurangi aliran darah. Sehingga menyebabkan suplai oksigen pada tubuh akan berkurang.

Oleh karena itu, jantung anda akan bekerja dengan beban yang lebih berat dalam mengirimkan darah melewati saluran-saluran yang kecl itu, sehingga menyebabkan rasa sakit pada dada akibat dari deprivasi oksigen. Selain itu, juga bisa berakibat fatal yaitu menyebabkan serangan jantung.

  • Penyakit stroke. Ini terjadi karena adanya penimbunan oleh plak dalam arteri sehingga menyebabkan arteri pecah dan menyebabkan terbentuknya gumpalan-gumpalan pada darah. Jika gumpalan darah ini terjadi dekat dengan otak maka akan mengakibatkan otak anda tidak mendapat suplai darah dan oksigen serta akan mengalami stroke.
  • Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi. Jantung anda akan bekerja memompa dengan lebih berat dan keras sehingga dapat mengirimkan pasokan oksigen dan gizi yang diedarkan ke seluruh bagian tubuh. Namun, bila kinerja jantung terus seperti itu maka seiring berjalannya waktu akan berakibat saluran pada jantung anda rusak.

Sehingga akan menimbulkan terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Yang mana resiko hipertensi cenderung menyerang pada orang yang memiliki masalah dengan obesitas atau berat badan yang berlebihan.

5. Menghindari Stress

Keadaan stress yang berlebih tentunya akan berakibat buruk pada kinerja jantung anda. karena apabila kadar stress anda tinggi maka akan terjadi pelepasan pada hormone kortisol dan juga adrenalin yang akan mengakibatkan terjadinya kenaikan pada tekanan darah dan juga kolesterol.

Selain itu, biasanya hal yang memicu stress anda tinggi akan membuat anda kembali pada kebiasaan buruk untuk melepaskan rasa stress tersebut. Diantaranya adalah meminum alkohol dengan jumlah yang banyak, makan yang banyak, dan merokok. Kebiasaan buruk itu tentunya akan mempengaruhi kesehatan jantung anda.

Untuk mengatasinya, maka anda perlu melakukan olahraga dengan rutin, mengubah program diet yang sehat, dan juga berhenti melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk. Sebaiknya lakukan hal tersebut agar anda bisa menghindari atau mengurangi kadar stress anda.

6. Menjaga Kesehatan Jiwa

Bila anda mengalami semacam gangguan jiwa seperti depresi, gangguan rasa gelisah, mengalami gangguan secara bipolar, dan gangguan secara obsesif kompulsif tentunya akan mengganggu kesehatan pada jantung anda.

Gejala dari gangguan-gangguan itu dapat anda ketahui dari makan yang berlebih dengan porsi yang banyak atau bahkan sebaliknya dengan porsi yang sedikit, tidak melakukan olahraga, stress, dan tekanan darah terlalu tinggi. Maka, akan menyebabkan kesehatan jantung anda terganggu.

Bila anda mengalami hal tersebut maka sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan para dokter ahli dengan segera. Tentunya akan lebih baik jika anda berkonsultasi dengan dokter yang bisa mengobati gangguan jiwa dengan cara yang alami.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *