Cara Tepat Mengatasi Buta Warna

Oleh /

Buta warna merupakan permasalahan yang tidak bisa dianggap enteng. Seorang penderita buta warna akan mengalami kesulitan – kesulitan tertentu dalam menjalani hidup. Mulai dari dikucilkan, sulit mendapat pekerjaan yang diinginkan, tidak bisa menikmati warna seperti orang normal lainnya, sulit membedakan rambu lalu lintas, dan dapat membuat seseorang menjadi minder tidak percaya diri.

Buta Warna adalah ketidak mampuan mata untuk mengenali dan mengidentifikasikan bermacam – macam warna. Warna yang paling sulit untuk dilihat dengan benar biasanya warna biru, merah, hijau, dan perpaduan dari warna – warna tersebut. Buta warna secara total sangat jarang ditemukan. Buta warna biasanya terjadi karena faktor genetik, usia, dan dapat terjadi karena menurunnya kualitas penglihatan mata.

Buta warna dibagi menjadi tiga yaitu monokromasi, dikromasi, dan trikromasi. Trikromasi dibagi lagi menjadi tiga yaitu penderita mengalami kelemahan pada warna hijau, kelemahan pada warna biru, dan kelemahan pada warna merah. Dikromasi terjadi karena satu dari tiga sel kerucut mata hilang. Monokromasi, sesuai dengan namanya penderita hanya dapat melihat warna hitam dan putih saja.

Solusi Buta Warna

Sebenarnya dunia medis sampai saat ini belum bisa menemukan obat untuk kelainan mata ini. Akan tetapi mengurangi gejalanya masih mungkin. Gejala yang mungkin timbul antara lain dapat melihat beberapa warna saja, contohnya ada 3 macam warna di hadapan Anda tapi hanya 2 warna yang sanggup Anda kenali. Gejala lainnya yaitu, mata tidak mampu mengidentifikasi nuansa warna tertentu.

Ketika gejala sudah mulai Anda sadari, segera lakukan perawatan untuk mata Anda. Meski tidak menyembuhkan tetapi dapat memberikan pertolongan dan membuatnya menjadi lebih baik. Berikut cara – caranya:

  1. Gunakan contact lensa berwarna. Warna pada lensa akan membantu dalam membedakan warna. Meskipun tidak menunjukkan warna asli, tapi lensa ini cukup membantu.
  2. Mempelajari sisi gelap – terang dan karakter benda bukan dengan warna. Sebagai contoh adalah dalam mengidentifikasi warna rambu – rambu lalu lintas. Warna hijau pasti berada di paling bawah, warna kuning berada di tengah, dan warna merah berada pada posisi atas.
  3. Gunakan kacamata ultraviolet. Orang dengan buta warna dapat membedakan nuansa warna dalam cahaya yang minim. Menggunakan kaca mata ini akan mengurangi intensitas cahaya dan membantu mereka.
  4. Tes dan Terapi. Ada dua macam tes yang dilakukan untuk kasus buta warna yaitu tes penyusunan dan tes ishihara. Tes penyusunan dilakukan oleh penderita dengan menyusun objek warna sedangkan tes ishihara menuntut penderita untuk menebak angka yang sudah disamarkan dengan warna-warna. Dengan tes tersebut, otomatis penderita juga melakukan terapi untuk mata agar dapat membedakan warna.

 

Empat cara di atas diyakini akan mengatasi gejala yang timbul di awal mata mengalami kelainan. Ada cara lain yang bisa Anda coba untuk mengobatinya, yaitu lewat makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Apa saja makanan yang dapat meringankan buta warna? Simaklah penjelasan di bawah ini dengan seksama!

1. Konsumsi Banyak Wortel

Wortel terkenal sebagai sayuran yang sangat baik untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin A dan betakaroten ini dapat membantu dalam perawatan buta warna. Agar tidak bosan, olah wortel dalam segala variasi makanan seperti jus wortel, ditumis, dicampurkan ke dalam sop, di buat kue, atau bisa juga dimakan langsung begitu saja.

2. Makan Buah Naga Putih atau Merah

Buah Naga kaya akan manfaat karena kandungan gizi dan vitamin di dalamnya yang mampu menyehatkan organ tubuh, termasuk mata sebagai organ eksternal. Buah ini diyakini dapat mengobati kelainan pada mata, membuat penglihatan menjadi lebih baik dan direkomendasikan untuk pencegahan mata rabun. Dalam terapi buta warna, buah ini kerap dianjurkan pula untuk dikonsumsi setiap hari.

3. Susu Kambing Ettawa

Susu ini terkenal dengan manfaatnya yang luar biasa. Selain terbukti untuk meredakan penyakit dalam seperti kanker, jantung, ginjal, dan banyak penyakit tulang, susu ini ampuh untuk mengurangi buta warna. Buta warna yang sudah parah bahkan dapat berkurang. Konsumsilah setiap hari secara teratur dengan takaran 1 – 2 gelas per hari.

 

4. Buah Apel Setiap Hari

Buah yang mengandung aneka vitamin dan mineral ini dapat digunakan untuk mengatasi buta warna. Meskipun tidak menyembuhkan secara total namun mampu mengurangi dan merawat mata dengan baik. Satu sampai tiga buah per hari adalah porsi yang cukup untuk perawatan ini.

5. Andalkan Bawang Merah

Selain sebagai bumbu dapur, ternyata menggunakan bawang merah sebagai obat alami buta warna sudah dibuktikan. Apabila tidak suka, Anda dapat mengkonsumsinya berbarengan saat makan nasi, atau bisa juga di bakar lalu dicampurkan dengan kecap dan cabai. Cara lain adalah dengan memotongnya lalu mengusapkan pada daerah dekat mata. Respon pedih dan keluar air mata sangat wajar. Lakukan metode ini secara teratur.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *