Gejala Penyakit Jantung

Ditulis oleh: /

Jantung adalah organ penting dalam tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Penyakit jantung adalah  sebuah kondisi dimana ketika pembuluh darah utama yang menyediakan darah ke jantung mengalami masalah atau terjadi kerusakan. Gejala penyakit jantung yang paling sering disebabkan oleh adanya tumpukan kolesterol dalam pembuluh darah dan terjadinya peradangan pembuluh darah.

Jika terjadi penumpukan plaque atau kolesterol dalam pembuluh darah, akan menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga jumlah darah yang masuk ke jantung berkurang. Karena kurangnya aliran darah tersebut akan muncul rasa sakit di dada dan sesak napas sebagai gejala penyakit jantung awal atau disebut juga dengan serangan jantung.

Penyakit jantung koroner sendiri saat ini masih menempati posisi pertama sebagai penyebab kematian tertinggi di dunia. Karena ada beberapa jenis penyakit jantung yang terkadang tidak memiliki gejala klinis dan tiba – tiba meninggal dunia. Berikut beberapa ciri – ciri penyakit jantung koroner yang harus anda waspadai.

Gejala Awal Sakit Jantung Yang Wajib Anda Kenali

1. Sakit kepala

Gejala yang paling sering muncul dan biasanya sering diabaikan adalah sakit kepala.  Karena sakit kepala akibat kelainan jantung biasanya muncul ketika anda terkena sinar matahari yang berlebihan. Karena sinar matahari yang berlebihan bisa memengaruhi kerja jantung, ada yang menjadi lebih cepat ada juga yang menjadi lebih lambat.

Jika pada wanita harus lebih waspada terhadap adanya sakit kepala sebelah atau migrain yang berlebihan. Karena berdasarkan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh badan academy of neurology, sakit kepala pada penderita jantung kebanyakan karena tidak lancarnya sirkulasi atau aliran darah.

2. Nyeri di Dada

Gejala penyakit jantung yang awal dan wajib anda ketahui setelah sakit kepala adalah adanya nyeri di bagian dada dengan frekuensi sering dan sangat sakit.  Efek yang di timbulkan dari nyeri dada adalah sesak napas, kemudian keringat dingin, mual, kemudian napas lebih kencang dari biasanya.

Nyeri yang anda rasakan tersebut biasanya disebabkan oleh terhambatnya aliran darah atau menyumbatnya arteri yang mengakibatkan darah tidak bisa mengalir lancar ke seluruh tubuh dengan benar.

3. Denyut Jantung Tidak Beraturan

Salah satu gejala yang timbul jika anda mengidap penyakit jantung adalah detak atau denyut jantung anda tidak beraturan. Jika anda sering mengalami gejala ini sebaiknya anda waspada dan lakukan langkah awal yaitu periksa kesehatan secara menyeluruh ke dokter termasuk kesehatan jantung anda.

Denyut jantung yang  tidak teratur biasanya karena terjadi penebalan otot yang ada di katup jantung. Jika otot katup menebal, ruangan jantung menjadi sempit dan akhirnya akan berakibat pada kebocoran jantung.

4. Sering Merasa Lelah

Jika anda sering mengalami lelah namun tidak mengerjakan pekerjaan yang berat anda harus mulai waspada. Karena salah satu gejala pada penyakit jantung adalah mudah merasa lelah yang berlebihan padahal otot andatidak bekerja terlalu capek.

5. Pembengkakan dan Mual

Gejala awal dan yang sering muncul pada penderita gangguan jantung adalah adanya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh tertentu misalnya pada area perut. Pembengkakan pada perut biasanya muncul karena kondisi jantung terganggu sehingga fungsi organ sekresi juga terganggu oleh karena itu menyebabkan terjadinya pembengkakan.

Jika bengkak terjadi pada bagian perut biasanya akan timbul efek samping yaitu penderita akan merasa tidak memiliki selera makan. Selain itu juga penderita akan mengalami mual dan muntah berlebihan. Biasanya gejala ini muncul di awal jadi segera periksakan ke dokter jika muncul gejala tersebut.

6. Rasa Cemas Yang Berlebih

Hal ini sudah banyak terjadi pada orang yang menderita penyakit jantung, gejala awalnya pasti penderita merasa cemas dan gelisah tanpa sebab yang jelas. Sebab rasa kecemasan tersebut menyebabkan jantung penderita bekerja lebih keras dan mengalami kerusakan semakin parah. Oleh karena itu jika anda mengalami rasa cemas yang tidak jelas penyebabnya gunakanlah untuk berjalan – jalan atau berlibur supaya rasa cemas tersebut hilang.

Berikut tadi adalah gejala penyakit jantung yang masih dini, yang harus dikenali oleh setiap orang supaya lebih mudah melakukan pencegahan. Setelah mengetahui gejala awal penyakit jantung, anda juga harus mengetahui apa saja penyebab terjadinya penyakit jantung pada seseorang yang awalnya memiliki jantung sehat.

Penyebab Penyakit Jantung

Penyakit jantung terjadi karena adanya kerusakan pada pembuluh darah utama jantung, pembuluh darah yang bertugas menyuplai darah ke jantung. Jika pembuluh darah sudah mengalami kerusakan lama – kelamaan kerusakan tersebut akan semakin parah dan menyebabkan penumpukan kolesterol  yang akan memicu penyakit lain.

Secara umum gejala penyakit ini dapat diketahui sejak dini, dengan gejala seperti yang sudah tertulis pada penjelasan di atas. Penumpukan kolesterol akan membuat lumen pembuluh darah menyempit sehingga asupan darah ke jantung mengalami kekurangan. Kurangnya asupan darah akan menyebabkan sesak napas dan juga rasa nyeri yang berlebih di dada.

Jenis Penyakit Jantung

Berdasarkan tingkat terjadinya hambatan darah dan kurangnya suplai oksigen ke jantung. Membuat penyakit jantung di bagi menjadi dua jenis yaitu sebagai berikut;

1. Angina

Jika di Indonesia kondisi ini disebut dengan angin duduk. Angina sendiri biasanya ditandai dengan adanya sakit dada yang muncul karena otot jantung kekurangan suplai oksigen dari darah dan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Orang yang menderita angina lebih berrisiko terkena serangan jantung dari pada yang tidak menderita penyakit angin duduk.

Serangan angin duduk biasanya hanya terjadi beberapa menit saja dan biasanya disebabkan oleh kondisi otak yang stres dan jantung yang bekerja terlalu keras. Gejala yang muncul biasanya mual, pusing, lelah, dan gelisah ketika angin duduk menyerang.

Penyakit angin duduk ini dapat dibedakan menjadi dua yaitu stabil dan tidak stabil. Angin duduk yang stabil adalah jenis serangan yang muncul hanya ketika jantung dipaksa bekerja terlalu keras dari biasanya. Untuk yang jenis ini anda bisa mengobatinya dengan mengkonsumsi vitamin dan istirahat yang cukup.

Sementara untuk angin duduk yang tipe tidak stabil biasanya muncul ketika anda sedang beristirahat tanpa sebab yang jelas. Untuk yang jenis ini membutuhkan pertolongan medis darurat karena berarti fungsi jantung penderita sedang mengalami penurunan secara drastis. Jika sudah mendapatkan obat penenang dan anda masih merasakan sakit dan sesak napas sebaiknya segera larikan ke rumah sakit.

Karena banyak kasus penderita angin duduk tipe tidak stabil tidak mendapatkan pertolongan medis darurat dengan tepat sehingga berakibat fatal sampai pada kematian.

2. Serangan Jantung

Untuk serangan jantung terjadi ketika aliran darah menuju ke jantung terhambat sepenuhnya. Gejala yang muncul beraneka ragam, hanya saja rasa sesak napas dan nyeri di dada hampir sama dengan angin duduk. Terkandang malah lebih parah lagi. Jika muncul serangan jantung pertolongan medis secara darurat sangat dibutuhkan karena penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan otot jantung secara permanen.

Beberapa gejala jika terjadi serangan jantung adalah sakit di dada yang terlalu parah, kesulitan bernapas secara tiba – tiba, pusing dan panik. Sesak napas bisa menjalar sampai ke punggung dan ke leher sehingga kaku leher dan punggung.

Berikut tadi adalah jenis – jenis penyakit jantung beserta dengan gejala yang ditimbulkan. Jika anda merasakan ada gejala penyakit jantung, sebaiknya segera bawa ke dokter yang berpengalaman. Karena jika penyakit jantung tidak segera di tangani akan menyebabkan komplikasi dan berujung pada kematian.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *