Gejala Sakit Ginjal

Oleh /

Ginjal adalah salah satu organ vital yang penting setelah jantung, otak dan hati. Organ yang penting bagi berlangsung hidup makhluk hidup. Anda harus mengerti dan memahami kondisi kesehatan ginjal anda, mulai dari gejala sakit ginjal sampai dengan kelainan – kelainan yang terjadi ginjal. Hal tersebut penting untuk menjamin bahwa ginjal anda tetap sehat.

Ginjal terletak di bagian belakang atas, di bawah tulang rusuk. Jika anda sering mengalami masalah di area tersebut berarti anda harus waspada kemungkinan anda menderita gangguan ginjal. Ginjal sendiri dianggap sebagai organ yang penting karena fungsi ginjal sebagai alat untuk metabolisme tubuh, mengatur kadar garam dan kadar mineral dalam darah.

Fungsi ginjal yang paling penting adalah mengatur tekanan darah untuk  menjaga kesehatan jantung, supaya jantung tetap bekerja dengan baik. Masalah kesehatan ginjal biasanya memiliki ciri yang berkaitan dengan metabolisme tubuh. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan di jelaskan mengenai gejala sakit ginjal yang kadang diabaikan oleh masyarakat.

Tanda- Tanda Mengalami Gangguan Ginjal

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh di Amerika Serikat terhadap total penduduk Amerika diketahui bahwa 26 juta orang dewasanya hidup dengan penyakit ginjal. Dan dari survei didapatkan bahwa 90% dari total masyarakat tersebut tidak mengetahui gejala sakit ginjal. Dikarena penyakit ginjal jarang sekali menunjukkan gejala sampai tahap parah. Berikut ini adalah gejala – gejala yang bisa anda pelajari tentang penyakit ginjal.

1. Sering Lelah dan Sulit Untuk Konsentrasi

Jika organ ginjal anda mengalami penurunan fungsi hal utama yang akan anda rasakan adalah kehilangan titik fokus anda. Karena jika fungsi ginjal terganggu akan menyebabkan terjadinya penumpukan racun dan kotoran lain dalam darah. Jika hal tersebut diabiarkan, racun akan semakin menumpuk dan menyerang kekebalan tubuh.

Jika sudah sampai pada tahap menyerang imunitas, akan muncul gejala pada penderita seperti lemah, sering lelah dan sulit untuk melakukan konsentrasi. Jika semakin parah anda akan mengalami anemia dan kelemahan otot.

2. Mengalami Insomnia atau Kesulitan Untuk Tidur

Ketika organ ginjal anda tidak bekerja sesuai dengan fungsinya, racun yang masuk bersama makanan dan yang lainnya akan mengendap di darah. Yang kemudian bisa menyebabkan anda kesulitan untuk tidur. Gangguan ginjal biasanya disebabkan juga oleh obesitas atau kegemukan. Dimana obesitas dan penyakit ginjal kronis memiliki hubungan gejala yang bisa menyebabkan anda atau penderita lain kesusahan tidur.

3. Kulit Akan Terlihat Kering dan Gatal

Salah satu fungsi ginjal adalah membuang zat – zat yang tidak diperlukan oleh tubuh, supaya menghasilkan darah bersih dan dikembalikan ke jantung untuk di edarkan ke seluruh tubuh. Selain itu ginjal juga membantu proses pembuatan sel darah merah, menjaga kekuatan tulang, serta mempertahankan jumlah mineral dalam darah.

Jika jumlah mineral dalam darah anda kurang karena kerusakan fungsi ginjal, akan muncul gejala kulit kering dan gatal serta kulit tampak pecah – pecah. Salah satu langkah pengobatannya adalah dengan konsumsi air putih yang banyak dan konsumsi mineral yang cukup untuk kesehatan kulit.

4. Sering Buang Air Kecil.

Gejala sakit ginjal yang paringi sering terjadi adalah buang air kecil namun terlalu sering. Apalagi jika terjadi di malam hari, hal ini patut anda waspadai. Kemungkinan saringan atau filter ginjal anda mengalami kerusakan sehingga muncul rangsangan untuk buang air kecil ketika kantung kemih penuh dengan urin tanpa disaring terlebih dahulu.

5. Mengalami Kencing Darah

Tanda bahwa ginjal yang anda miliki sehat adalah ketika buang air kecil anda normal, baik frekuensinya maupun air kencingnya juga normal. Karena ginjal yang sehat adalah ginjal yang mampu menjaga sela darah dalam tubuh. Yang artinya ginjal normal mampu menyaring limbah darah untuk membuat urin.

Jika ginjal anda rusak, sel darah tidak di saring terlebih dahulu, karena saringan ginjalnya bermasalah sehingga darahnya keluar bersama dengan rutin. Selain sebagai gejala penyakit ginjal, kencing darah juga bisa sebagai diagnosa atau indikasi adanya tumor, batu ginjal dan adanya infeksi baik bakteri, virus atau jamur.

6. Urin Yang Dikeluarkan Berbusa

Jika anda sedang buang air kecil alangkah baiknya untuk diamati terlebih dahulu, hal ini dikarenakan urin mengandung protein yang terlalu tinggi dalam urin. Sementara jenis protein yang biasa ditemukan adalah albumin, yang mana proteinnya lebih baik dari pada telur.

7. Mengalami Pembengkakan Di Beberapa Area Tubuh

Jika anda menemukan adanya protein dalam urin anda, berarti filter ginjal anda mengalami kerusakan. Sehingga memungkinkan masuknya protein ke dalam saluran urin dan keluar bersama urin.

Bagian yang biasanya terlihat bengkak adalah area sekitar mata dan sekitar pergelangan kaki. Atau disebut pembengkakkan bagian ekstremitas bawah. Selain itu yang paling penting adalah jika anggota gerak bawah terkena kemungkinan bisa menjadi salah satu penyebab gagal jantung.

8. Sakit Berlebihan Pada Area Punggung

Gangguan ginjal yang sudah sampai tahap cukup parah dan tidak mendapatkan perawatan dokter sama sekali atau belum diketahui oleh penderita, akan muncul gejala sakit punggung yang berlebihan pada penderita. Bagian punggung yang sakit terutama area sekitar ginjal, akan terasa sakit yang amat sangat di daerah tersebut.

Jika anda mengalami gejala ini, anda harus segera ke dokter untuk mendapat perawatan khusus. Karena kemungkinan ada kista di ginjal anda, jika anda merasakan gejala seperti yang sudah dijelaskan di atas dalam waktu yang lama dan berulang – ulang di tempat yang sama.

9. Mengalami Rasa Mual Yang Berlebihan

Gejala sakit ginjal yang terakhir adalah mual yang berlebihan hingga muntah. Jika anda merasakan gejala tersebut anda harus segera menghubungi dokter yang berpengalaman untuk melakukan pemeriksaan secara keseluruhan. Supaya jika anda menderita gangguan ginjal segera mendapatkan pertolongan yang benar.

Berikut tadi adalah beberapa gejala adanya gangguan ginjal yang wajib anda ketahui sejak dini, sebelum anda menderita penyakit ginjal kronis. Karena jika sudah kronis pengobatannya akan jauh lebih berat. Selain itu kesempatan untuk sembuhnya juga jauh lebih sedikit kecuali dengan operasi cangkok ginjal.

Penyakit ginjal yang kronis lebih sering menyerang orang – orang dengan usia lanjut atau usia di atas 60 tahun yang sebelumnya sudah memiliki sejarah penyakit kronis lainnya seperti gagal jantung dan diabetes. Selain itu juga bisa menyerang orang yang terlalu sering atau rutin mengkonsumsi obat – obatan tertentu seperti obat diet atau ramuan pelangsing dalam jangka waktu lama.

Dan yang paling sering terjadi adalah pada orang yang memiliki masalah pada saluran kencing. Namun bukan hanya faktor tersebut yang menjadi penyebabnya, melainkan gaya dan pola hidup juga memengaruhi terjadinya penyakit ginjal. Jika anda merasa tanda tanda ada masalah dengan ginjal anda dengan gejala yang dijelaskan di atas, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapat perawatan lebih lanjut.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *