Gejala Tipes

Oleh /

Tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella typhi. Penyakit ini dapat menular dengan cepat. Oleh karena itu, apabila anda menemui gejala tipes maka bersegeralah anda untuk  memeriksakannya ke rumah sakit agar segera mendapatkan perawatan yang intensif. Apabila tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian. 

Gejala  Tipes

Berikut ini adalah beberapa gejala tipes yang perlu anda ketahui:

1. Demam tinggi

Demam tinggi dapat disebabkan oleh adanya infeksi bakteri. Demam yang tinggi tidak boleh diabaikan karena sangat membahayakan jika dibiarkan. Anda harus segera membawa ke rumah sakit agar mendapat penanganan yang intensif.

2. Dehidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan demam kejang. Oleh karena itu, apabila anda menjumpai demam tinggi segera di bawa ke rumah sakit agar segera diberi infus yang akan membantu memenuhi asupan cairan untuk tubuh anda.

3. Peradangan pada beberapa organ tubuh

Radang timbul akibat adanya luka kecil dan iritasi pada berbagai organ seperti ginjal, hati dan usus.

4. Kerusakan usus

Kerusakan usus dapat menyebabkan rasa nyeri. Hal ini juga menyebabkan fungsi dan kinerja usus terganggu. Pada kondisi yang parah usus anda dapat berlubang.

5. Muncul bintik – bintik merah

Salah satu tanda seseorang terkena tipes adalah munculnya bintik – bintik merah pada kulit. Munculnya bercak tersebut merupakan salah satu upaya tubuh untuk melawan bakteri penyebab tipes.

6. Sakit kepala

Sakit kepala yang muncul akibat terserang tipes antara lain adalah sebagai berikut: terganggunya keseimbangan tubuh, insomnia, mengalami stress dalam jangka waktu yang lama dan memicu tekanan darah meningkat.

7. Kehilangan nafsu makan

Penderita tipes dapat kehilangan nafsu makan karena terjadi lubang pada usus, peradangan, iritasi dan luka pada beberapa organ sehingga proses pencernaan makanan terganggu.

8. Anemia

Penderita tipes mudah terserang anemia. Hal ini dikarenakan bakteri penyebab tipes dapat mengikat sel – sel darah dan merusaknya sehingga tubuh kekurangan sel darah merah. Kondisi tersebut menyebabkan anda akan terserang anemia.

9. Sakit perut

Penyakit tipes dapat menyebabkan gangguan pada organ berikut seperti gangguan lambung, terkena  penyakit maag dan menimbulkan rasa mual pada perut anda. Rasa sakit yang muncul dapat menyebar hingga ke ulu hati.

10. Lemah dan lesu

Adanya bakteri salmonella dapat menyebabkan anda terkena tipes. Bakteri tersebut merusak jaringan tubuh dengan cepat. Hal ini dapat menurunkan kekebalan tubuh anda sehingga tubuh anda akan merasakan lemah dan lesu.

11. Sakit pada bagian dada

Dada yang sakit timbul karena bakteri penyebab tipes dapat menyebar hingga ke pernafasan Hal itulah yang menyebabkan dada anda sakit dan mengganggu proses pernafasan.

12. Menyebabkan penyakit komplikasi

Tipes dapat memicu terjadinya penyakit komplikasi, hal ini dikarenakan bakteri penyebab tipes dapat menyebar ke organ lain di dalam tubuh. Akibatnya adalah menurunnya fungsi organ  pada tubuh seperti pada ginjal, hati, usus dan lain – lain. Pada kondisi yang parah dapat menimbulkan kematian. 

Tips Mengatasi Gejala Penyakit Tipes

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat mengatasi gejala tipes:

1. Memberi antibiotik

Pemberian antibiotik dapat membantu mengatasi tipes karena  dapat berfungsi melawan infeksi bakteri. Antibiotik harus diberikan sesuai dengan anjuran dokter. Hal ini dikarenakan ada sebagian orang yang tidak dapat menerima jenis antibiotik tertentu. Jenis antibiotik yang ada antara lain adalah Aztreonam, Ciprofloxacin dan Ofloxacin.

2. Banyak mengkonsumsi air putih

Anda disarankan untuk banyak mengkonsumsi air putih karena penderita tipes banyak kehilangan bayak cairan akibat demam tinggi dan mual. Cairan yang masuk dapat membantu menurunkan demam dan membunuh bakteri penyebab tipes serta membantu meningkatkan kekebalan tubuh anda.

3. Istirahat yang cukup

Istirahat dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh anda sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan. Anda juga disarankan untuk tidak banyak bergerak agar anda dapat beristirahat dengan baik.

4. Mengkonsumsi makanan yang halus

Pada penderita tipes, usus akan mengalami luka akibat terserang oleh bakteri. Oleh karena itu, anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang halus sehingga pencernaan dapat berlangsung dengan lancar.

5. Sering makan dan menghindari makanan pedas

Sering makan dalam porsi sedikit dapat membantu kinerja usus. Makanan yang anda konsumsi dapat menghambat kinerja dan pertumbuhan bakteri penyebab tipes. Selain itu, anda juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan pedas agar tidak melukai usus. Hal ini dikarenakan makanan yang pedas dapat merangsang bakteri aktif bekerja.

6. Menjaga kebersihan lingkungan

Lingkungan yang bersih dapat membantu mencegah timbulnya infeksi bakteri pada organ pencernaan anda. Penderita tipes memiliki kekebalan tubuh yang rendah sehingga rentan terkena infeksi bakteri. Oleh karena itu, lingkungan harus selalu terjaga dengan baik.

7. Banyak mengkonsumsi jambu merah

Jambu merah dapat membantu meningkatkan cairan pada tubuh. Adanya kandungan vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena vitamin C berfungsi sebagai antioksidan.

8. Makan pisang

Pisang adalah salah satu buah yang bagus bagi penderita tipes. Hal ini dikarenakan pisang dapat membantu menurunkan demam di dalam tubuh serta membantu penyerapan cairan pada usus.

Tips Mencegah Penyakit Tipes

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mencegah timbulnya gejala tipes:

  1. Selalu mencuci tangan sebelum makan
  2. Beristirahat yang cukup agar kekebalan tubuh anda meningkat
  3. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi
  4. Pastikan sumber air minum anda bersih
  5. Menjaga pola hidup sehat
  6. Mencuci sayur dan buah hingga bersih sebelum dikonsumsi

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *