Khasiat Daun Mint

Oleh /

Meski jarang digunakan dalam kuliner nusantara, daun mint patut dipertimbangkan penggunaannya sebagai herba atau suplemen makanan karena sangat banyak manfaat daun mint yang berguna bagi kesehatan kita semua. Beberapa di antaranya adalah melancarkan pencernaan, menyembuhkan pusing dan mual, menyembuhkan sesak napas, meningkatkan kesehatan gigi, mencegah ketombe, dan masih banyak lagi.

Daun mint banyak digunakan dalam kuliner Timur Tengah, Inggris, dan Amerika sebagai salah satu bumbu utama. Faktanya, banyak negara Arab yang menggunakan daun mint dalam masakan berbahan daging unta dan minuman teh. Mint juga ditambahkan ke dalam es krim, cokelat, dan kudapan lainnya. Secara tradisional, mint digunakan sebagai aromaterapi. Awalnya mint dipakai sebagai pengharum ruangan.

Kandungan dalam Daun Mint

Di bawah ini adalah kandungan bahan-bahan dalam 100 gram daun mint yang bisa berguna bagi kesehatan.

  1. Energi 70 Kkal – 3.5% kebutuhan harian
  2. Karbohidrat 14.79 g – 11% kebutuhan harian
  3. Protein 3.75 g – 7% kebutuhan harian
  4. Lemak Total 0.94 g – 3% kebutuhan harian
  5. Serat pangan 8 g – 20% kebutuhan harian
  6. Folat 114 mcg – 28% kebutuhan harian
  7. Niasin 1.706 mg – 10.5% kebutuhan harian
  8. Asam pantotenat 0.338 mg – 6.5% kebutuhan harian
  9. Piridoksin 0.129 mg – 10% kebutuhan harian
  10. Riboflavin 0.266 mg – 20% kebutuhan harian
  11. Tiamin 0.082 mg – 7% kebutuhan harian
  12. Vitamin A 4248 IU – 141% kebutuhan harian
  13. Vitamin C 31.8 mg – 53% kebutuhan harian
  14. Sodium 31 mg – 2% kebutuhan harian
  15. Kalium 569 mg – 12% kebutuhan harian
  16. Kalsium 243 mg – 24% kebutuhan harian
  17. Tembaga 329 mcg – 36% kebutuhan harian
  18. Zat besi 5.08 mg – 63.5% kebutuhan harian
  19. Magnesium 80 mg – 20% kebutuhan harian
  20. Mangan 1.176 mg – 51% kebutuhan harian
  21. Zink 1.11 mg – 10% kebutuhan harian

10 Manfaat Daun Mint yang Luar Biasa

Mentha, atau umum dikenal dengan sebutan daun mint, adalah sebuah herba dari genus Lamiaceae. Ada sekitar 20 spesies daun mint, termasuk peppermint dan spearmint yang merupakan jenis yang paling umum. Mint adalah herba yang bisa ditemukan dan tumbuh di berbagai kondisi lingkungan,tetapi paling baik tumbuh di daerah yang lembab. Hal yang paling dicari dari antara manfaat daun mint adalah sifatnya yang menyejukkan.

Mint mempunyai aroma yang unik serta rasa yang agak manis dan menyejukkan. Semua orang sudah akrab dengan penggunaan mint sebagai penyegar napas. Untuk menghasilkan minyak esensial atau mentol, daun mint diekstrak. Minyak esensial daun mint dan mentol dimasukkan sebagai bahan pembuat permen karet, pasta gigi, penyegar napas, cairan pencuci mulut, dan lain lain. Senyawa kimia L-carvone adalah bahan yang menjadikan aroma mint begitu segar dan khas.

1. Menambah Nafsu Makan

Mint merupakan penyedap rasa yang baik, dan aromanya yang sedap membuat makanan semakin mengundang selera. Mengkonsumsi daun mint segar atau makanan yang mengandung bahan ini bisa menstimulasi kelenjar air liur dalam mulut anda dan memacu kerja lendir yang membantu dalam proses pencernaan.

Menurut penelitian pusat kesehatan University of Maryland, daun mint membuat kerja lendir pencernaan semakin efisien dan membantu merilekskan otot pencernaan anda. Dengan demikian, pencernaan anda akan terbantu dari tahap paling awal. Daun mint juga memiliki sifat karminatif, yaitu membantu membuang gas dan meringankan gejala yang membuat anda merasa kurang nyaman.

Mint juga mempunyai efek anestesi ringan ygn meringankan sakit yang disebabkan peradangan pada sistem pencernaan serta membantu menyembuhkan luka lambung. Karena mint juga mengandung banyak serat, daun mint juga bisa membantu mencegah konstipasi atau sembelit.

2. Menyembuhkan Pusing dan Mual

Daun mint mempunyai sifat anestesi dan anti peradangan yang bisa membantu meringankan pusing, mual, maupun migrain secara efektif. Mint bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul, teh, atau dengan cara menggerus daun mint dan menghirup aromanya. Sebuah jurnal keperawatan menyebutkan manfaat daun mint sebagai penyembuh mual setelah operasi. Mint juga bisa menyembuhkan demam, karena sifat dinginnya bisa menyegarkan tubuh dan menghilangkan panas yang disebabkan oleh demam.

3. Meringankan Sesak Napas

Daun mint juga memiliki sifat-sifat yang membantu dalam sistem pernapasan. Menghirup uap daun mint yang direbus bisa membantu mengurangi beberapa gejala asma dan pilek. Aroma daun mint bisa secara cepat menyembuhkan hidung tersumbat serta peradangan tenggorokan. Mint juga akan meringankan iritasi yang disebabkan batuk berkepanjangan.

Mint adalah bahan obat sakit pernapasan yang ideal karena tak memiliki efek samping yang tak mengenakkan. Faktanya, mint adalah bahan utama dalam kebanyakan inhaler dan balsam karena kandungan mentolnya. Mentol memiliki sifat anti peradangan yang membantu membuka jalan pernapasan.

4. Memperbaiki Kesehatan Gigi

Banyak produsen kosmetik yang menggunakan mint sebagai bahan dalam produk perawatan gigi karena mint ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan gigi. Mengunyah daun mint diketahui dapat meringankan sakit yang disebabkan sakit gigi.

Mint juga mempunyai sifat antiseptik yang bisa mengobati infeksi, juga mengandung bahan kimia bernama chlorhexidine, sebuah senyawa anti mikroba yang bisa memerangi mikroorganisme penyebab sakit gigi dan bau napas tak sedap. Banyak juga produk pemutih gigi yang mengandung mint sebagai salah satu bahan utamanya.

5. Mencegah Ketombe dan Kutu Rambut

Ketombe disebabkan oleh penumpukan minyak dan kotoran berlebih, kadang juga infeksi jamur. Selain itu, kulit kepala yang kotor juga bisa menjadi tempat berkembang biak untuk kutu rambut. Salah satu cara paling baik dan alami untuk mencegah adanya ketombe dan kutu rambut adalah dengan memijat kulit kepala menggunakan daun mint yang sudah digerus.

Mint mempunyai sifat antiseptik yang akan secara instan meringankan gatal serta iritasi pada kulit kepala anda. Selain itu, mint juga akan membuat kulit kepala anda terasa lebih segar dan sejuk. Anda bisa langsung mengoleskan daun mint pada kulit kepala untuk hasil yang optimal. Cukup hancurkan daun mint hingga sarinya keluar dan oleskan ke kulit kepala.

6. Meringankan Sakit yang disebabkan oleh Menyusui

Air susu ibu adalah nutrisi terbaik yang bisa didapatkan seorang bayi dari ibu dan itu bisa didapatkan secara gratis. Sayangnya, banyak ibu menyusui yang memilih untuk tidak melanjutkan menyusui bayi mereka hingga saatnya tepat karena mereka merasa sakit dan sering timbul luka pada puting susu.

Sebuah jurnal internasional menyebutkan bahwa wanita yang sering meminum teh daun mint atau rendaman daun mint mempunyai lebih sedikit risiko terluka pada bagian puting susu. Selain itu, ada juga semacam lotion berbahan dasar mint yang bisa dioleskan ke bagian tersebut untuk membantu meringankan iritasi.

7. Kolik untuk Balita

Selain berguna bagi para ibu, manfaat daun mint juga bisa dirasakan oleh para balita itu sendiri. Daun mint mengandung simethicone yang bisa mencegah balita menangis selama berjam-jam. Simethicone adalah bahan anti-gas yang ditemukan dalam banyak merk kolik untuk balita.

8. Melancarkan Sirkulasi Darah

Mint mempunyai sifat-sifat yang bisa menstimulasi proses yang terjadi dalam tubuh. Sesaat setelah anda menghirup uap rebusan daun mint atau uap minyak esensialnya, anda akan langsung mendapatkan peningkatan dalam kecepatan sirkulasi darah.

Efek ini akan menyebabkan tubuh anda mendapat percepatan dalam metabolisme serta memperbanyak aliran oksigen ke otak. Proses ini sangat bermanfaat untuk fungsi kognitif anda, juga melindungi anda dari penyakit neuro-degeneratif seperti Alzheimer atau pikun. Lancarnya sistem sirkulasi juga akan mencegah penderita diabetes mendapat komplikasi karena gula darah yang tak seimbang.

9. Meringankan Nyeri Otot

Ini mungkin merupakan salah satu manfaat daun mint yang paling berguna bagi kita, terlebih yang mempunyai banyak aktivitas fisik. Daun mint bisa meringankan nyeri oto karena mengandung bahan antispasmodik. Bahan ini bisa membantu merilekskan otot yang tegang, dan sifat menyejukkannya juga membantu dalam hal ini. mint juga bisa meringankan ketegangan otot perut sehingga juga mengobati beberapa penyakit pencernaan.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit kusam adalah akibat dari menumpuknya sel kulit mati. Mint mempunyai kandungan vitamin E dan vitamin D yang membantu peremajaan kulit. Selain itu, mint juga mengandung asam salisilat yang berguna untuk mengobati beberapa masalah kulit dan infeksi jamur.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *