Makanan Penyebab Usus Buntu

Oleh /

Salah satu penyakit yang sangat mengganggu dan bahkan membahayakan tubuh adalah Usus Buntu. Biasanya orang yang terkena Usus Buntu harus melakukan operasi, hal itu terdengar mengerikan. Tetapi jika tidak dioperasi maka hal ini akan semakin membahayakan tubuh kita. Lalu apa saja penyebab Usus Buntu yang terjadi pada setiap orang sehingga harus menjalani operasi.

Oleh karena itu anda harus menjalan pola hidup sehat dan seimbang, agar tidak terjadi peradangan di Usus Buntu dan tidak harus menjalani operasi. Ternyata penyebab dari Usus Buntu ini bisa berasal dari makanan yang kita makan. Misalnya jenis makanan yang menyebabkan feses anda keras, yang memiliki peluang tersangkut atau masuk ke Usus Buntu lalu menyebabkan terjadinya peradangan.

Makanan Yang Menjadi Penyebab Usus Buntu

1. Pisang muda

Buah pisang adalah buah yang rasanya enak, mampu membuat kenyang, dan memiliki banyak manfaatnya bagi tubuh. Tetapi pisang ternyata dapat menyebabkan Usus Buntu, padahal pisang juga bisa melancarkan pencernaan. Buah pisan yang bisa menyebabkan Usus Buntu, adalah jenis buah yang masih muda.

Pisang yang belum matang biasanya akan mengandung zat tepung yang biasanya cukup sulit dicerna oleh tubuh. Buah pisang muda ini juga biasanya mengandung serat yang akan menyerap air, yang terdapat di saluran cerna sehingga menimbulkan sembelit. Hal ini kemudian akan berefek pada Usus Buntu, dan terjadi peradangan di Usus Buntu.

2. Permen karet

Tahukah anda bahwa permen karet boleh dimakan tetapi tidak boleh ditelan, memakan beberapa buah permen karet dan menelannya dapat menimbulkan masalah di pencernaan. Apalagi jika permen karet tersebut dikonsumsi berbarengan dengan makanan seperti biji-bijian yang sulit dicerna.

Jika sudah terjadi begitu maka hal itu bisa membahayakan Usus Buntu anda, dan kemudian menimbulkan peradangan di Usus Buntu. Oleh sebab itu permen karet dikategorikan sebagai makanan yang bisa menyebabkan penyakit Usus Buntu. Untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun, harusnya tidak mengkonsumsi permen karet.

3. Kafein

Minuman yang mengandung kafein seperti misalnya kopi dan teh, memang rasanya sangat nikmat. Bahkan untuk sebagian orang, akan terjadi ketergantungan pada minuman berkafein seperti kopi. Tapi ternyata kafein ini bisa menjadi salah satu penyebab peradangan pada Usus Buntu.

Karena kopi misalnya merupakan jenis minuman yang berstimulan dapat membuat seseorang ingin buang air besar terus menerus, dan bisa menimbulkan diare. Jika seseorang dalam kondisi dehidrasi maka jangan mengkonsumsi minuman yang berkafein. Minuman yang mengandung kafein juga bisa menyebabkan feses menjadi keras.

4. Gluten

Jenis makanan yang bisa menjadi penyebab Usus Buntu adalah gluten, gluten merupakan protein yang biasanya ditemukan di dalam makanan seperti gandum hitam dan barley. Pada sebagian orang, protein jenis ini biasanya tidak berbahaya. Tetapi bagi orang yang memiliki alergi dan sensitif terhadap zat tersebut dapat menyebabkan masalah pada pencernaan.

Kondisi yang seperti ini biasanya disebut dengan penyakit celiac, jika anda termasuk orang yang memiliki penyakit celiac ini maka sebaiknya anda tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten. Karena jika anda mengkonsumsi gluten maka bisa terjadi peradangan di usus dan mengakibatkan Usus Buntu.

5. Buah kesemek

Buah yang hanya populer di kawasan Asia, bisa menjadi penyebab munculnya peradangan yang terjadi di Usus Buntu. Buah kesemek yang rasanya manis biasanya tidak akan berbahaya, tetapi anda harus waspada pada buah kesemek yang rasanya asam. Karena buah tersebut bisa memperlambat gerakan makanan yang terjadi pada usus.

6. Daging merah

Segala jenis daging yang berwarna merah juga dipercaya bisa menjadi pemicu terjadinya peradangan di usus. Karena daging merah ini mengandung lemak dan zat besi yang cukup tinggi, sehingga bahan makanan yang satu ini sulit dicerna oleh usus. Pada awalnya proses yang lambat ini bisa menyebabkan sembelit, jika dibiarkan bisa menimbulkan Usus Buntu.

7. Setiap jenis produk olahan susu

Produk olahan susu seperti misalnya keju, yoghurt, es krim, dan juga susu mengandung banyak laktosa yang dapat menyebabkan peningkatan gas sehingga menjadi sembelit. Kondisi pencernaan yang kurang lancar ini akan memperbesar kemungkinan terjadinya peradangan pada Usus Buntu.

8. Alhokol

Hampir sama dengan minuman yang mengandung kafein, alkohol juga bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya Usus Buntu. Alkhohol juga bisa menyebabkan dehidrasi, dan memperlambat pencernaan yang mengitari seputar usus. Sehingga hal itu akan memperburuk sembelit dan kemudian menjadi penyebab Usus Buntu.

9. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji seperti misalnya burger dan kentang goreng merupakan makanan yang tidak baik dikonsumsi. Karena mengandung lemak yang tinggi dan sedikit serat yang dibutuhkan tubuh. Lemak yang terdapat pada makanan ini bisa memperlambar proses pencernaan.

Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering akan menimbulkan konstipasi yang berujung pada Usus Buntu. Maka dari itu sebaiknya anda menghindari makanan cepat saji yang berlemak tinggi tersebut. sering-seringlah mengkonsumsi makanan yang sehat dan tidak sulit dicerna oleh usus.

10. Suplemen makanan

Suplemen kalsium dan zat besi juga dipercaya dapat menyebabkan Usus Buntu, karena dapat menimbulkan konstipasi di pencernaan sehingga bisa berujung pada Usus Buntu. Jika misalnya anda diharuskan mengkonsumsi suplemen ini dalam jangka waktu yang lama, maka seimbangkanlah dengan konsumsi makanan yang sehat dan mengandung serat tinggi.

Kondisi kesehatan di saluran pencernaan akan berkolerasi dengan kondisi kesehatan pada Usus Buntu. Selain menghindari makan makanan yang berpotensi sebagai penyebab dari Usus Buntu ini, maka sebaiknya anda memerhatikan asupan makanan apakah sehat atau tidak dan bagaimana efeknya bagi tubuh anda.

Gejala Penyakit Usus Buntu

Gejala utama yang terjadi pada orang yang terkena Usus Buntu adalah merasa sakit di bagian perut, bahkan sakit pada perut tersebut bisa terasa sangat sakit sampai sulit bergerak. Walaupun tidak semua penyebab sakit perut parah adalah Usus Buntu. Sakit perut karena Usus Buntu biasanya berawal dari perut bagian tengah, dengan frekuensi yang datang dan pergi.

Karena beberapa jam kemudian sakit perut tersebut akan menjalar kembali ke bagian bawah perut di sebelah kanan (tempat di mana Usus Buntu berada). Lalu lama kelamaan sakit tersebut akan semakin parah dan sulit dihindari. Jika terjadi penekanan di bagian perut tersebut, maka rasa sakit juga akan terasa semakin parah.

Berikut ini beberapa gejala penyakit Usus Buntu yang biasa terjadi, diantaranya yaitu :

  1. Hilangnya nafsu makan secara tiba-tiba.
  2. Perut terasa kembung.
  3. Sulit buang gas tetapi perut semakin terasa kembung.
  4. Terjadi mual dan bahkan sampai muntah.
  5. Terjadi konstipasi atau diare yang cukup mengganggu.
  6. Rasa sakit di perut juga bisa diiringi dengan munculnya demam.
  7. Adanya pembengkakan di area perut dan menyebabkan perut menjadi sakit.
  8. Rasa sakit di bagian perut juga diiringi dengan kram juga.

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *