Manfaat Air Cucian Beras

Oleh /

Beras mengandung beberapa zat yang dapat membantu anda merawat kecantikan wajah anda, salah satunya adalah oryzanol. Fungsi zat tersebut adalah untuk melindungi kulit anda dari sinar UV sehingga kulit anda akan selalu sehat. Begitu banyak manfaat air cucian beras bagi kesehatan dan kecantikan.

Oleh karena itu, anda dianjurkan untuk menggunakan air cucian beras untuk merawat wajah anda. Dengannya, kulit anda akan terhindar dari berbagai permasalahan wajah seperti jerawat, kulit kusam, menghialngkan fleks hitam dan komedo, membantu menutrisi kulit sehingga tampak halus, sehat dan lain – lain.

Manfaat Air Cucian Beras

Berikut ini adalah beberapa manfaat air cucian beras bagi kesehatan dan kecantikan:

1. Membersihkan Wajah

Salah satu cara membersihkan wajah adalah dengan menggunakan air cucian beras. Caranya adalah beras dicuci hingga bersih dan air nya dibuang. Beras tersebut direndam dengan memberikan air baru selama 30 menit. Lalu disaring, setelah itu air dapat anda gunakan untuk membasuh wajah sembari dipijat. Lalu wajah dibilas dengan air bersih.

Anda juga dapat mencelupkan kapas ke dalam air cucian beras, lalu kapas itu dapat anda gunakan untuk memijat di wajah. Selanjutnya ditunggu hingga wajah mengering dan dibilas dengan air bersih.

2. Mengatasi Produksi Minyak Berlebih

Anda dapat menggunakan air cucian beras untuk mengatasi wajah yang berminyak. Langkah pertama adalah dengan mencuci wajah dengan sabun pembersih. Selanjutnya cuci wajah dengan air beras. Tunggu hingga 10 menit lalu bilas wajah anda denagn air bersih.

3. Membantu Mengatasi Jerawat di Wajah

Fungsi air cucian beras ini adalah untuk mengencangkan pori – pori kulit sehingga mencegah munculnya jerawat pada wajah anda. Cara menggunakannya pun sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

Langkah pertama disiapkan air cucian beras, lalau didiamkan beberapa saat. Setelah mengendap, pisahkan air dengan tepung. Tepung beras tersebut lalu dioleskan pada wajah anda pada bagian yang terkena jerawat.

4. Membantu Mengatasi Fleks Hitam Di Wajah

Beberapa orang ada yang tidak cocok dalam menggunakan kosmetik yang disediakan di pasaran. Oleh karena itu, kini anda jangan bingung lagi karena kini hadir air cucian beras yang dapat digunakan untuk membantu merawat kulit wajah anda dan menghilangkan fleks hitam di wajah.

Caranya adalah dengan menggunakan air cucian beras untuk mencuci wajah anda. Perlahan namun pasti kulit wajah anda akan semakin cerah dan fleks hitam hilang. Hal ini dikarenakan air cucian beras mengandung protein yang berfungsi meningkatkan jumlah kolagen di kulit anda sehingga kulit anda akan semakin sehat dan bersinar.

5. Mencerahkan Kulit Wajah

Anda dapat menggunakan air cucian beras yang telah dibiarkan selama semalam. Lalu ambil bagian tepung yang mengendap lalu dioleskan pada wajah hingga kering. Setelah itu bilas dengan air bersih.

6. Mengobati Iritasi kulit

Air cucian beras dapat anda gunakan untuk mengatasi peradangan dan kemerahan pada kulit wajah sehingga dapat membantu meredakan iritasi kulit. Cara penggunaannya pun mudah, yaitu menggunakan air cucian beras untuk dioleskan pada kulit yang terkena iritasi selama 15 menit. Selanjutnya dibilas menggunakan air bersih. Lakukan dengan langkah yang sama minimal sehari 2 kali.

7. Mengatasi Kulit Terbakar

Kulit anda dapat terbakar saat terkena matahari secara berlebihan. Untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan air cucian beras pada daerah kulit yag terbakar, lalu dibilas menggunakan air bersih.

8. Sebagai Kondisioner Rambut

Ternyata air cucian beras juga dapat dimanfaatkan untuk kondisioner alami. Cara untuk menggunakannya adalah setelah keramas anda dapat menggunakan air cucian beras untuk diaplikasikan di rambut. Lalu didiamkan beberapa saat. Setelah itu dibilas menggunakan air bersih.

9. Membantu Menutrisi Kulit

Beras mengandung berbagai macam komponen seperti protein, vitamin, mineral dan air yang bagus untuk memelihara dan menutrisi kulit anda. Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan mengaplikasikannya pada bagian yang membutuhkan.

10. Membantu Melembabkan Kulit Kering

Selain anda dapat mengkonsumsi banyak air untuk melembabkan kulit, anda juga dapat menggunakan air cucian beras untuk melembabkan kulit wajah anda.

11. Mencegah Penuaan

Usia mempengaruhi kesehatan kulit anda dan dapat menyebabakan kulit anda lebih tua. Anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi. Anda juga dapat melakukan perawata wajah dengan menggunakan air cucian beras. Air cucian beras banyak mengandung protein yang bagus untuk anda.

12. Menghaluskan Kulit

Untuk menghaluskan wajah anda dapat menggunakan air cucian beras. Selain itu anda pun juga dapat melakukan perawatan  menggunakan buah – buahan.

13. Menghilangkan Komedo pada Wajah Anda

Air cucian beras dapat digunakan untuk mencegah munculnya komedo dan menghilangkan komedo pada wajah. Caranya adalah dengan rajin mencuci muka dengan air cucian beras dengan rutin.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *