Manfaat Air Kelapa

Oleh /

Air kelapa adalah minuman yang sangat recommended ketika Anda sedang lelah dalam cuaca yang panas. Namun, perlu Anda ketahui bahwa selain nikmat, ternyata manfaat air kelapa ini juga begitu banyak dan cukup penting kaitannya dengan kesehatan seseorang. Mulai dari manfaat yang biasa hingga manfaat yang cukup serius.

Sampai di sini tentunya Anda mulai penasaran dengan berbagai manfaat yang bisa di dapatkan dari air kelapa. Nah, untuk mengetahuinya, jangan khawatir karena informasi terkaitnya bisa Anda simak dalam ulasan di bawah ini.

Beberapa Kandungan Yang Terdapat Dalam Air Kelapa

Kadungan air kelapa adalah salah satu poin penting yang harus Anda ketahui sebelum mengenal tentang manfaat yang bisa di berikannya. Dalam hal ini, kandungan tersebut memang sangat banyak dengan fungsinya masing-masing yang baik untuk kesehatan. Sedangkan informasi lebih lanjut mengenai daftarnya ada di bawah ini.

1. Potasium

Potasium adalah nutrisi utama yang terkandungan dalam air kelapa. Karena itulah air kelapa menjadi andalah minuman elektrolit.

2. Mineral

Selain potasium, air kelapa juga memiliki banyak kandungan mineral di dalamnya. Mineral sendiri tentu sangat baik untuk kesehatan. Dan beberapa mineral tersebut diantaranya seperti magnesium, fosfor, zat besi, zinc, tembaga, mangan dan selenium.

3. Berbagai vitamin

Tidak hanya mineral yang banyak di kandung dalam air kelapa, beragam vitamin juga ada di dalamnya. Mulai dari vitamin A, B6, B12, C, D, K, E, asam, kolin dan masih banyak lagi. Hal ini akan sangat baik untuk menjaga kesehatan Anda pastinya.

4. Hormon sitokinin

Perlu di ketahui pula bahwa menurut beberapa dugaan, air kelapa juga mengandung hormon sintokinin. Sedangkan fungsi hormin sitokinin sendiri adalah sebagai anti-kanker.

5. Kandungan penting lainnya

Selain beberapa kandungan di atas, masih ada beberpaa unsur lain yang tidak kalah penting dalam air kelapa. Diantaranya adalah kalori, gula, protein, sodium, serat, karbohidrat, dan lemak. Untuk kategori manfaat air kalapa, tentu saja berbagai kandungan ini juga berperan penting di dalamnya.

Daftar Manfaat Penting Air Kelapa Untuk Kesehatan

Air kelapa memang sangat baik untuk kesehatan. Bukan hanya untuk kesehatan diri sendiri, namun juga bayi dalam kandungan ketika di konsumsi oleh ibu hamil. Sedangkan untuk beberapa daftar manfaat penting tersebut, lihat informasinya di bawah ini.

1. Untuk mengatasi dehidrasi

Bagi Anda yang mengalami dehidrasi akibat beberapa kondisi tubuh tertentu, seperti diare, flu perut, kolera maupun disentri, maka air kelapa adalah jawaban terbaik untuk mengatasi masalah Anda. hal ini pun telah di teliti secara mendalam sehingga hasilnya bisa di percaya. Ari kelapa, akan kembali mengisi cairan tubuh Anda yang mulai hilang akibat beberapa gangguan tersebut.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain masalah dehidrasi, air kelapa juga sangat berperan dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh. Sistem ini juga sangat penting untuk di perhatikan sehingga kesehatan Anda juga bisa meningkat semakin baik. Manfaat air kelapa untuk menjaga kekebalan tubuh sendiri berasal dari berbagai kandungan nutrisi penting yang di milikinya.

3. Sebagai obat penyakit batu ginjal

Tidak hanya melindungi, ternyata air kelapa bisa menjadi obat bagi Anda yang menderita penyakiy batu ginjal. Hal ini karena di dalam kelapa terkandung kalium yang akan membantu melarutkan batu ginjal sehingga penyembuhan penyakit Anda pun bisa lebih mudah.

4. Sangat baik untuk ibu hamil

Biasanya, ibu hamil di minta banyak-banyak minum air kelapa. Hal ini memang tidak mengherankan karena air kelapa sangat membantu menjaga kesehatan. Dengan banyak mengkonsumsi air kelapa, ibu hamil bisa terhindar dari muntah-muntah. Selain itu, ari kelapa juga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk proses kelahiran nanti.

5. Mampu menjaga kesehatan kulit

Tidak hanya menyehatkan ketika di konsumsi, ternyata air kelapa ini juga sangat bagus untuk kecantikan, khususnya yang berhubungan dengan kesehatan kulit. Dalam hal ini bagi Anda yang banyak mengeluh soal jerawat, bisa mencoba untuk mengoleskan air kelapa pada bagian jerawat. Dan selain wajah, air ini juga sangat baik untuk kesehatan tangan maupun kuku.

6. Sangat baik untuk pencernaan

Kembali lagi pada masalah kesehatan, dalam hal ini banyak mengkonsumsi air kelapa akan sangat membantu proses pencernaan. Apalagi mengingat kandungan enzim bioaktif di dalamnya sehingga akan sangat baik untuk pencernaan. Khususnya bagi Anda yang memiliki masalah dengannya. Selain itu, air kelapa juga bisa menjadi sumber vitamin B untuk Anda.

7. Membantu menurunkan berat badan

Punya masalah dengan berat badan? Jangan khawatir, salah satu manfaat air kelapa adalah menurunkan berat badan secara alami dan sehat. Tentu saja mengkonsumsi air kelapa seiring proses diet adalah ide yang aman karena minuman ini jelas bebas dari bahan kimia apa pun.

8. Mengontrol kadar gula bagi penderita diabetes

Bagi penderita diabetes, mengontrol kadar gula adalah hal penting yang harus selalu di perhatikan. Dan kali ini, air kelapa bisa membantu pengontrolannya. Dengan mengkonsumsinya secara teratur pun juga akan meningkatkan proses sirkulasi dalam darah.

9. Sebagai antioksidan

Manfaat terakhir dari air kelapa yang perlu Anda ketahui adalah sebagai antioksidan dan cukup baik. Dengan begitu, bisa di katakan bahwa dengan banyak-banyak mengkonsumsi air kelapa, maka bisa menghilangkan radikan bebas yang masuk. Dan hal ini adalah salah satu aspek penting dalam dunia kesehatan.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *