Manfaat Air Putih

Oleh /

Tidak dapat di pungkiri lagi, dalam dunia kesehatan air putih di kenal sebagai minuman yang sehat dan sangat di sarankan untuk setiap orang. Bahkan, biasanya kekurangan air putih justru mengakibatkan kondisi tertentu. Hal ini menjadikan manfaat air putih untuk kesehatan memang sangat di akui dan sudah terbukti secara klinis.

Nah, dalam hal ini, bagi Anda yang mungkin kurang menyukai konsumsi air putih, sebaiknya mulai mengenal apa saja manfaat yang bisa di berikannya. Sedangkan untuk beberapa informasi lebih lanjut terkait hal tersebut, silahkan Anda simak ulasannya di bawah ini.

Beberapa Kandungan Penting Dalam Air Putih

Sebelumnya, Anda juga perlu mengenal apa saja kandungan dalam air putih. Secara umum mungkin di kenal bahwa kandungan utama di dalamnya adalah mineral. Namun, mineral juga memiliki banyak unsur dan jenis. Sedangkan daftar kandungan mineral dalam air putih, bisa Anda lihat selengkapnya dalam daftar berikut.

1. Kalsium

Kandungan pertama yang bisa di temukan dalam air putih adalah kalsium. Kalsium ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kedua hal tersebut adalah aspek penting kesehatan jangka panjang yang harus di jaga. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mulai banyak-banyak mengkonsumsi air putih sejauh ini.

2. Sodium

Selain kalsium, ternyata air putih juga banyak mengandung sodium. Sodium sendiri sangat berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh Anda. Tidak hanya itu, masih ada banyak manfaat yang bisa di berikan sodium. Diantaranya seperti , menopang transmisi saraf,  menjadi alat angkut gizi dan masih banyak lagi.

2. Magnesium 

Dalam proses pencernaan manfaat air putih tentu sangat di perlukan. Hal ini karena kandungan Magnesium yang bisa di temukan di dalamnya. Magnesium akan membantu proses pencernaan proterin dan memlihatan berbagai organ tubuh seperti otot serta sistem jaringan penghubung. Magnesium juga berperan penting dalam pembentukan sel darah merah.

3. Kalium

Dalam kandungan mineral ari putih juga ada kalium yang tak kalah penting untuk kesehatan berbagai fungsi tubuh. Kalium ini sangat berperan dalam hal pembentukan sel, pembentukan organ dan fungsi-fungsi sejenisnya. Masalah pembentukan jaringan juga sangat membutuhkan zat kalium yang bisa Anda temukan dalam air putih tersebut.

4. Bikarbonat

Kandungan terakhir dalam mineral pada air putih adalah bikarbonat. Bikarbonat sendiri akan sangat berperan dalam pemeliharaan keseimbangan keasaman dalam darah. Selain itu juga penting untuk menyokong proses pencernaan pada perut Anda.

Apa Saja Daftar Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Konsumennya?

Air putih yang di kenal sebagai minuman paling sehat ini memang memiliki banyak sekali manfaat penting. Mulai dari pencegahan beberapa gangguan, hingga sebagai obat untuk beberapa penyakit ringan, khususnya yang berhubungan dengan cairan. Dan untuk daftar beberapa manfaatnya. Ada di bawah ini.

1. Penghilang dehidrasi

Hal pertama yang pasti menjadi manfaat dari air putih adalah menghilangkan dehidrasi. Dehidrasi adalah sebuah keadaan di mana Anda sedang mengalami yang namanya kekurangan cairan. Sedangkan sumber cairan yang sangat baik adalah air putih. Jadi, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengurangi dehidrasi. Selain itu, air putih dalam jumlah konsumsi cukup juga akan mencegahnya.

2. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Manfaat air putih selanjutnya adalah untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Perlu Anda ketahui bahwasanya daari keseluruhan  bagian tubuh, yang paling 60 % diantaranya terdiri dari cairan. Oleh karena itu keseimbangan cairan-cairan ini perlu di jaga dengan baik.  Dan salah satu cara terbaiknya adalah dengan banyak-banyak mengkonsumsi air putih.

3. Sebagai peningkat energi

Berkaitan dengan sumber energi, ternyata air putih juga memiliki peran penting sebagai peningkatnya. Dalam hal ini, jika Anda sedang dalam aktivitas fisik sehari-hari yang membutuhkan banyak energi, sebaiknya konsumsi air putih di perbanyak. Hal ini karena dengan aktivitas fisik yang padat, jika tulang kekurangan asupan cairan, maka Anda pun akan mudah lelah.

4. Membantu pengeluaran racun dalam tubuh

Dengan meminum air putih yang banyak, maka Anda akan mendapati kencing intesitasnya lebih. begitu juga dengan keringat. kedua hal ini memang sangat wajar. Sedangkan fungsi dari keduanya tentu saja, yakni untuk mengeluarkan racun dari tubuh.  Nah, jika air putih yang di konsumsi semakin banyak, tentu saja jumlah racun yang di keluarkan pun juga akan semakin banyak pula.

5. Menjaga fungsi ginjal

Ginjal adalah salah satu organ penting dalam tubuh dengan berbagai fungsinya. Dalam hal ini kesehatan ginjal harus di jaga. Dan perlu Anda ketahui bahwa salah satu penyakit yang cukup  sulit di atasi berkaitan dengan ginjal adalah batu ginjal dengan penyebabnya kekurangan cairan. Oleh karena itu, silahkan Anda perbanyak minum air putih untuk pencegahannya.

6. Meningkatkan fungsi otak

Air putih ternyata juga memiliki peran untuk menjaga sekaligus meningkatkan fungsi otak. Ha ini pun sudah terbukti sehingga Anda bisa menerapkan dan mengambil manfaat air putih dalam aspek tersebut. Dengan memperbanyak minum air putih, maka konsentrasi dan kelancaran sistem saraf pun akan semakin meningkat.

7. Melawan berbagai penyakit

Ada beberapa penyakit yang memang bisa di atasi dengan memperbanyak intensitas konsumsi air putih. Khususnya penyakit-penyakit yang di akibatkan karena kekurangan cairan hingga mengakibatkan hawa panas dalam tubuh. Sedangkan diantara penyakit yang di maksud adalah saraiwan, panas dalam hingga sakit tenggorokan.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *