Manfaat ASI Eksklusif

Oleh /

Sebagai seorang ibu, menyusui adalah sebuah kewajiban. Bayi yang tumbuh dengan air susu ibu akan berkembang jauh lebih baik dibandingkan bayi dengan asupan susu formula. Secara normal, si Ibu dituntut untuk menyusui anaknya sedikitnya enam bulan. Lebih panjang dari kurun waktu tersebut semakin baik. Untuk itu, rata – rata usia menyusui bayi di Indonesia adalah 10 bulan.

Sesungguhnya tidak ada susu yang lebih baik dibandingkan ASI, untuk tumbuh kembang bayi. ASI adalah susu alami yang memiliki nutrisi tinggi seperti vitamin, karbohidrat, dan protein. ASI juga lebih mudah dicerna oleh bayi dibandingkan jenis makanan atau susu lain. Untuk Anda para ibu maupun calon ibu, ketahuilah manfaat ASI Eksklusif untuk kebaikan bayi Anda.

Berbagai Manfaat ASI Eksklusif

1. Meningkatkan Sistem Imun Bayi

Zat antibody yang terdapat dalam Air Susu Ibu mampu membuat tubuh bayi menjadi lebih kuat. Zat ini pula yang akan membantu bayi melawan virus dan bakteri bahaya. Seperti yang Anda ketahui bahwa bayi rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan seperti diare, meningitis, penyakit paru – paru, dan berbagai alergi. Bayi dengan ASI Eksklusif juga lebih rendah mengalami obesitas karena tidak mengandung pemanis seperti usu formula.

2. Mencerdaskan Bayi

Menurut banyak penelitian, kandungan asam lemak pada air susu ibu berperan aktif dalam perkembangan kecerdasan anak. Dengan menyusui, hubungan antar bayi dan ibu juga akan bertambah kuat. Hal ini memberikan dampak positif pada perkembangan otak bayi. Anak yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi, rata – rata saat mereka masih bayi diberikan ASI hingga berumur lebih dari enam bulan.

3. Menguatkan Tulang

Tulang bayi yang masih lemah dan lunak akan menjadi kuat dengan bantuan ASI. Hal ini didukung oleh sebuah pernyataan seorang professor di Amerika yang menyatakan bahwa tulang leher dan tulang belakang bayi dengan ASI Eksklusif lebih kuat dibandingkan dengan bayi yang diberi asupan susu formula bahkan dengan brand terbaik sekalipun.

4. Berat Badan Ibu Kembali Ideal

Manfaat ASI Eksklusif ternyata tidak hanya dirasakan oleh bayi. Akan tetapi juga untuk para Ibu. Dengan pemberian ASI Eksklusif, maka tubuh si Ibu akan kembali pada bentuk semula tanpa melakukan diet. Hal terebut terjadi karena saat menyusui, kalori akan terbakar dengan sendirinya. Hal ini sudah banyak dibuktikan oleh ibu – ibu muda yang sudah mempraktikkanya.

5. Stress Berkurang

Menyusui bukan menjadikan si Ibu menjadi stress karena kerepotan. Faktanya adalah, saat si Ibu sedang menyusui, hormon oksitosin akan meningkat pemroduksiannya. Hormon ini berfungsi untuk merilekskan badan. Tanpa Anda sadari, ketegangan tubuh Anda pasca melahirkan pun bisa berkurang. Stress karna hal lain pun juga dapat teratasi.

6. Menurunkan Resiko Kanker Payudara Dan Ovarium

Kanker payudara bisa menjadi momok yang mematikan untuk sebagian wanita. Pasalnya, kanker payudara ini bersifat membunuh dan belum diketemukan obatnya. Selain itu, hormon estrogen dapat ditekan, sehingga jumlah produksinya tidak banyak dan resiko kanker ovarium pun berkurang. Sejumlah penelitian membuktikan, semakin lama Anda menyusui, semakin Anda terhindar dari penyakit mematikan ini, meskipun belum diketahui secara jelas apa penyebabnya.

7. Hemat Uang

Harga susu formula sangatlah mahal. Terlebih susu formula dengan kualitas paling baik, perkalengnya bisa mencapai ratusan ribu. Untuk satu bulan kebutuhan susu si kecil, Anda bisa merogoh kocek hingga jutaan rupiah. Bebeda jika Anda mengandalkan ASI. Susu ini gratis dan alami. Anda tak perlu keluar uang ekstra untuk mencukupi asupan nutrisi bayi Anda.

Kandungan Air Susu Ibu

Apakah Anda penasaran, kandungan apa saja yang terdapat dalam air susu ibu? Manfaat ASI Eksklusif tidak lepas dari perpaduan kandungan nutrisinya yang sangat kaya dan tidak ditemukan dalam jenis susu apapun. Berikut ini adalah kandungan ASI yang perlu Anda ketahui:

1. Kolostrum

Kolostrum adalah penyebutan untuk ASI yang keluar pertama pasca melahirkan di lima hari pertama. ASI akan berwarna sedikit kekuningan, hal terebut karena di dalamnya terdapat Immunoglobulin A yang tidak akan ditemukan lagi zatnya setelah hari ke lima.

2. Karbohidrat

ASI merupakan sumber makanan utama bayi, seperti nasi sebagai makanan pokok manusia dewasa. Untuk itu, kandungan karbohidratnya banyak. Akan tetapi karbohidrat ini bentuknya berupa laktosa yang berfungsi untuk perkembangan otak.

3. Protein

Protein berupa whey dan kasein di dalam ASI sangat tinggi, melebihi kandungannya dalam susu formula manapun. Kandungan kasein dan whey dalam susu formula dengan jumlah banyak malah membuat bayi menjadi sembelit, berbeda dengan ASI. Asam amino pada protein ASI juga baik sebagai suplemen untuk pertumbuhan otak dan perkembangan saluran cerna bayi.

4. Aneka vitamin

Di setiap tetesnya, ASI mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, C, D, E, dan K yang dapat menyehatkan bayi, bahkan setara dengan asupan sayur maupun buah untuk manusia dewasa. Bayi akan tetap menjadi segar sepanjang hari meski hanya minum Air Susu Ibu.

 

 


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *