Manfaat Bawang Bombay

Oleh /

Bawang Bombay adalah salah satu bahan yang paling banyak digunakan dalam kuliner di seluruh dunia. Di kuliner India, Bawang Bombay menjadi bahan dasar hampir semua kari dan sup. Bawang Bombay adalah dasar yang tepat untuk membuat masakan apa pun. Tak heran, karena Bawang Bombay menambahkan rasa yang unik. Di balik kelezatannya, manfaat Bawang Bombay bagi kesehatan sangat banyak.

Bawang Bombay adalah makanan super, sebuah hadiah dari alam untuk kita. Jika menilik kegunaan dan manfaatnya, kita akan kagum dengan Bawang Bombay. Ada banyak varietas bawang dengan berbagai kegunaan. Tak hanya memberikan kesegaran dan warna, Bawang Bombay juga membantu mencerna apa yang anda santap. Bawang Bombay sering disebut sebagai salah satu makanan tersehat di dunia.

Kandungan gizi dalam Bawang Bombay

Sebuah Bawang Bombay yang berukuran sedang mengandung:

  • Air – 89%
  • Serat – 1.7 gram
  • Karbohidrat – 9.3 gram
  • Protein – 1.1 gram
  • Gula – 4.2 gram
  • Vitamin B6
  • Vitamin B9
  • Vitamin C
  • Folat
  • Potassium
  • Antosianin
  • Quercetin
  • Senyawa belerang
  • Tiosulfinat

13 Manfaat Bawang Bombay bagi Kesehatan

1. Kekebalan yang lebih kuat

Mekanisme perlindungan tubuh kita adalah sistem imun, dan sistem imun yang sehat akan memastikan kita tidak terkena penyakit yang disebabkan bakteri, jamur, dan infeksi oleh virus. Alam mempunyai banyak cara untuk melindungi tubuh kita dari radikal bebas, salah satunya adalah melalui konsumsi Bawang Bombay secara teratur.

Vitamin c yang terkandung dalam Bawang Bombay dipercaya dan telah terbukti dapat melindungi kita dari berbagai macam penyakit. Selain itu, fitonutrien yang ada dalam Bawang Bombay membantu sifat antioksidannya bekerja secara optimal.

2. Mencegah kanker

Radikal bebas yang memasuki tubuh dan menyebabkan pertumbuhan sel tidak normal akan menyebabkan kanker. Kanker sendiri merupakan pertumbuhan sel yang tidak normal. Karena sekarang belum ada pengobatan untuk kanker, maka paling baik mencegah kanker sebelum terjadi. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan bahan yang mendukung, seperti Bawang Bombay.

Bawang Bombay mengandung fitonutrien seperti quercetin dan flavonoid lainnya yang membantu memerangi radikal bebas. Senyawa belerang yang ditemukan dalam Bawang Bombay juga bisa membantu dalam memerangi efek-efek dari kanker.

3. Mendetoksifikasi tubuh

Detoks telah menjadi tren kesehatan yang populer dewasa ini, namun selain menjadi tren tersendiri,detoks sebenarnya sangat penting bagi tubuh kita. Detoks pada dasarnya membantu tubuh kita untuk membuang toksin (racun) dan kolesterol jahat yang disebabkan kebiasaan makan kurang baik dan kurang olahraga.

Bawang Bombay adalah cara yang sangat baik untuk menjaga tubuh kita dari toksin. Bawang Bombay megandung senyawa belerang dan asam amino yang membantu membersihkan sistem pencernaan serta membantu membuang toksin yang berbahaya dari dalam.

4. Membantu proses produksi antioksidan

Beberapa sayuran seperti brokoli, bunga kol, dan Bawang Bombay bisa membantu tubuh memproduksi antioksidan sendiri. Ini merupakan cara terbaik untuk mencegah efek buruk dari radikal bebas. Penelitian menunjukkan bahwa Bawang Bombay membantu tubuh memproduksi Glutation. Ini tidak hanya membantu menangkal elemen kanker yang berbahaya, namun juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Menjaga dan memperbaiki kesehatan pencernaan

Bawang Bombay ternyata juga kaya akan serat pangan, sehingga bisa berperan sebagai laksatif alami dan menjamin anda bisa BAB dengan lancar. Serat juga membantu membersihkan usus serta menghilangkan sampah dan sisa makanan dari tubuh. Bawang Bombay juga mengandung saponin yang menyembuhkan sakit serta kram perut.

6. Membantu mengatasi anemia

Anemia adalah salah satu penyakit paling umum yang disebabkan oleh kekurangan zat besi, dan akibatnya bisa fatal. Memang ada beberapa pengobatan konvensional berbahan kimia yang bisa menyeimbangkan dan menjaga tingkat hemoglobin dalam tubuh kita, namun memilih pengobatan alami bisa menghindarkan anda dari efek sampingnya yang sering terjadi pada pengobatan konvensional.

Setiap 100 gram Bawang Bombay mengandung 0.2 miligram zat besi dan sejumlah folat. Folat adalah sebuah zat fitokimia yang membantu dalam penyerapan zat besi dan sering direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil.

7. Meringankan gejala diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang bisa menyerang kapan saja jika anda kurang gerak serta mengkonsumsi terlalu banyak makanan olahan atau fast food. Masalah terbesar jika sudah terjangkit diabetes adalah menjaga level gula darah tetap aman. Konsumsi Bawang Bombay mentah sering disarankan untuk menjaga tingkat gula darah anda tetap aman.

8. Mendukung pertumbuhan rambut

Akan ada saat di mana anda mulai kehilangan rambut atau rambut anda mulai berubah menjadi kelabu. Ini bisa disebabkan oleh usia, stress, maupun kekurangan zat gizi tertentu. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein dan kalium sangat membantu dalam mengatasi masalah ini. anda bisa membuat suatu masker rambut dari bahan Bawang Bombay untuk diaplikasikan ke rambut dan kulit kepala anda.

Tak hanya memicu pertumbuhan rambut, Bawang Bombay juga pengobatan yang manjur untuk ketombe. Mencampur jus Bawang Bombay dengan yogurt dan mendiamkannya pada rambut selama setengah jam sudah membantu dalam memperkuat rambut anda dan membersihkan kulit kepala.

9. Anti penuaan

Kemampuan Bawang Bombay sebagai antioksidan bukan rahasia lagi, bahkan Bawang Bombay juga memacu produksi antioksidan di dalam tubuh anda. Penuaan disebabkan oleh akumulasi zat berbahaya yang diserap oleh kulit, juga merupakan efek buruk dari radikal bebas. Bawang Bombay, dengan sifat antioksidannya, bisa membantu memperlambat proses penuaan sehingga anda lebih awet muda.

10. Anti jamur dan mikroba

Manfaat Bawang bombay bagi kesehatan tak hanya mencegah infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh virus memasuki tubuh anda, namun Bawang Bombay juga membantu memerangi bakteri yang ada dalam mulut anda. Beberapa praktisi kesehatan kenyarankan untuk mengunyah Bawang Bombay selama 3 menit setiap pagi untuk menghilangkan bakteri yang ada dalam mulut.

11. Meringankan rasa sakit

Mungkin anda pernah disarankan oleh nenek atau salah satu sanak saudara anda untuk mengoleskan Bawang Bombay saat terluka atau terkena gigitan serangga. Bisa jadi ini terdengar tak masuk akal dan sia sia, namun ternyata ini sangat ampuh untuk mengatasi luka yang timbul. Selain itu, anda juga bisa menggunakan Bawang Bombay untuk mengobati iritasi telinga. Teteskan sedikit jua Bawang Bombay ke cotton bud, lalu oleskan pada telinga untuk meringankan sakit dan rasa tidak nyaman yang ada.

12. Meringankan gejala batuk dan pilek

Saat menderita batuk atau pilek, anda pasti pernah menyeduh teh untuk meringankan gejalanya. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa menambahkan bawang ke dalam seduhan anda. Jus Bawang Bombay yang ditambahkan madu juga bisa membantu mengurangi bengkak pada tenggorokan anda.

13. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat Bawang Bombay bagi kesehatan dan mungkin jarang diketahui adalah menjaga kesehatan tulang. Bawang mengandung kondrosit, suatu bahan pembentuk tulang. Selain itu, Bawang Bombay juga mengandung senyawa yang bisa membangun jaringan penghubung.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *