bawang dayak

Manfaat Bawang Dayak

Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak lagi asing dengan yang namanya bawang dayak. Tanaman yang dapat tumbuh dalam berbagai jenis tanah dan iklim ini memang sekilas mirip dengan bawang merah. Selain memiliki nama latin Eleutherine palmifolia, bawang dayak juga memiliki banyak nama lokal. Beberapa nama lokalnya yaitu bawang sabrang, bawang berlian, bawang tiwai, bawang lubak, teki sebrang atau bawang hantu.

Tanaman khas Kalimantan Tengah tepatnya suku Dayak ini memiliki daun berwarna hijau berbentuk pita, warna umbinya merah dan bunganya berwarna putih. Adapun manfaat bawang dayak sudah secara empiris digunakan sebagai tanaman herbal oleh masyarakat Dayak.

Digunakannya tanaman ini sebagai herbal tentu bukan tanpa alasan, karena memangmanfaat bawang dayak sangat banyak.Salah satu alasannya ialah karena umbi dari bawang dayak mengandung banyak senyawa fitokimia. Senyawa itu diantaranya adalah alkaloid, fenolik, streorid glikosida, tanin dan flavonoid.

Dengan beberapa senyawa yang terkandung, Anda bisa menggunakannya sebagai obat herbal. Berikut beberapa khasiat bawang dayak untuk kesehatan tubuh Anda:

Manfaat Bawang Dayak Bagi Kesehatan Tubuh

1. Melancarkan Perdarah Darah

Dengan senyawa karbohidrat yang mengandungglikosida, jangan heran jika manfaat bawang dayakyang pertama ialah untuk memperlancar peredaran darah dan sudah terbukti ampuh. Selain itu, untuk para penderita diabetes bawang dayak juga dapat menetralkan kadar gula darah.

2. Melancarkan Metabolisme

Kandungan alkaloid pada Bawang dayak dapat membantu memperlancar sistem metabolisme tubuh seperti radang usus, sembelit, serta penyakit ginjal. Selain itu, tanaman ini juga dapat menjaga stamina tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Memperbaiki Sistem Pernafaasan

Menonsumsi Bawang dayak akan meningkatkan suhu tubuh,sehingga dapat mencegah timbulnya lendir dan plak paru-paru yang dapat mengganggu sistem pernafasan. Tanaman inipun dapat membuang kotoran yang diakibatkan oleh udara kotor. Saat batuk, bawang dayak juga dapat mengeluarkan lendirnya dan juga mencegah radang paru-paru.

4. Menjaga Organ Reproduksi Wanita

Tanaman khas Kalimantan Tengah yang mengandung flavonoid dan saponin ini sangat membantu dan memiliki peranan penting bagi kaum hawa dalam menjaga organ reproduksi.

Alasannya karena manfaat bawang dayak yang selanjutnya iaalah bisa mencegah keputihan, memperlancar datang bulan, mengatasi rasa sakit saat datang bulan dan dapat membersihkan area organ intim.

5. Melancarkan ASI

Asupan terbaik bagi bayi adalah ASI. Akan tetapi, tidak semua ibu menyusui dapat memberikan ASI yang optimal bagi buah hatinya. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan bawang dayak dapat untuk membantu memperlancar air susu, serta mengatasi mual, demam dan kaki bengkak.

6. Menguatkan Tulang

Tulang sebagai penyangga tubuh manusia akan bermasalah jika tubuh kekurangan kalsium. Salah satu masalahnya yaitu pengapuran tulang atau osteoporosis.

Apalagi bagi yang telah lanjut usia, osteoporisis akan mudah menyerang. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, komsumsilah bawang dayak karenabawang dayak mengandung banyak kalsium dan mineral.

7. Mengobati Penyakit Amandel

Penyakit amandel ataupun radang amandel dapat menyerang orang dewasa sampai anak anak. Seandainya dibiarkan amandel akan makin menjadi membesar dan mengakibatkan susah untuk menelan makanan. Bawang dayak bisa bermanfaat mengobati amandel.

8. Menyembuhkan Sakit Perut

Bawang dayak berguna untuk menyembuhkan sakit perut seperti meredakan rasa nyeri, serta mual di bagian perut.

9. Menyembuhkan Flu

Suku dayak kerap memakai bawang ini untuk menyembuhkan flu sebagai obat herbal. Kandungan anti bakteri yang tinggi begitu efisien untuk menghambat bakteri yang memicu flu.

10. Menyembuhkan Penyakit Hepatitis

Bawang dayak bukan sekedar dapat menyembuhkan penyakit yang ringan saja, namun dapat juga menyembuhkan penyakit kritis seperti penyakit kuning atau hepatitis.

11. Menaikkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C serta anti-oksidan pada bawang dayak inibegitu tinggi. Oleh karenanya, manfaat bawang dayak sangat banyak. Jika teratur dikonsumsi dapat menaikkan ketahanan tubuh Anda. Untuk mengkonsumsinya, Anda dapat menambahkannya pada masakan Anda.

12. Membantu Menghindar Kanker Serta Tumor

Tumor serta kanker termasuk juga penyakit yang begitu mengganggu serta mengkhawatirkan. Karena banyak masalah yang berujung pada kematian. Walau demikian, untuk menghambat timbulnya tumor serta kanker, Anda dapat menggunakan bawang dayak.

Selain memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi bawang dayak ini juga memiliki kandungan naphtoquinones yang disebut satu diantara senyawa alami untuk menghindar timbulnya sel tumor serta kanker pada tubuh.

13. Membersihkan Tubuh Dari Bakteri

Bawang dayak mempunyai kandungan anti bakteri yang begitu baik untuk membantu tubuh anda melawan bakteri pemicu penyakit. Diluar itu, kandungan anti bakteri aktif dapat juga membersihkan tubuh anda dari bakteri. Hingga tubuh andasemakin lebih sehat karna terhindar dari penyakit.

14. Menghindar Terjadinya Infeksi

Bawang dayak berguna juga untuk menghindar infeksi. Infeksi bisa berlangsung didalam ataupun diluar tubuh. Oleh karenanya, bila Anda khawatir dengan infeksi yang dikarenakan oleh luka, Anda dapat memanfaatkan bawang dayak untuk meminimalisasi resiko terjadinya infeksi.

15. Mencegah Perkembangan Bakteri, Virus serta Mikroba

Bakteri, virus, serta mikroba yaitu penyumbang penyakit paling besar didalam tubuh. Seandainya sampai berkembang maka dapat mengakibatkan tubuh diserang beragam jenis penyakit serta dapat membahayakan.

16. Mencegah Terjadinya Peradangan

Bawang dayak dapat menolong mencegah terjadinya peradangan pada tubuh. Yang umum menyerang badan di bagian tenggorokan, lambung, serta usus.

17. Mengobati Asam Urat

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan asam urat, bawang dayak juga merupakan bahan alami yang mampu mengatasi asam urat.

Banyak masalah kesehatan, banyak pula solusi untuk kesehatan. Salah satunya menggunakan bawang dayak sebagai obat tradisional yang aman. Manfaat bawang dayak ini dapat dinikmati dengan berbagai cara untuk mengonsumsinya, seperi minuman, manisan, keripik dan lain-lain. Pilihlah cara mengonsumsi dengan cara pengolahan sesuai selera Anda.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *