manfaat-bawang-hitam

Manfaat Bawang Hitam

Siapa yang tak kenal dengan manfaat bawang hitam yang sangat banyak khususnya bagi kesehatan sebagai obat herbal. Bawang hitam sudah sangat populer atau terkenal di kalangan masyarakat, namun tak banyak yang tahu tentang asal usul bawang hitam ini.

Bawang hitam atau magic black garlic merupakan bawang putih yang diproses dengan alami pada suhu tertentu dalam waktu yang lama, sehingga tercipta formulasi kimiawi yang menghasilkan jenis bawang hitam dengan kandungannya yang dijadikan sebagai farmakologis untuk menjaga kesehatan tubuh dan vitalitas tubuh.

Dengan kata lain black garlic atau bawang hitam merupakan bawang putih yang difermentasikan dalam waktu yang lama sehingga daging buahnya menjadi berwarna hitam, dengan memiliki tekstur yang lembut, kenyal dan gurih serta rasanya yang agak manis.

Manfaat bawang hitam ini sudah sangat populer di berbagai belahan dunia, salah satunya adalah Thailand. Di negara ini, bawang hitam telah dijadikan sebagai obat herbal alami yang bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh dan dijadikan sebagai obat kuat.

Bahkan pada tahun 2008, bawang hitam pernah memenangi kontes di New York, Amerika Serikat sebagai bahan alteratif untuk kesehatan dan tambahan bahan makanan. Bawang hitam ini telah banyak digunakan pada masakan kelas atas bahkan telah digunakan oleh koki ternama di berbagai negara pada restoran atau hotel bintang lima.

Manfaat Bawang Hitam Untuk Kesehatan

1. Sebagai anti kanker

Kandungan zat kimiawi pada bawang hitam, dipercaya sebagai anti kanker bahkan menghilangkan penyakit kanker , karena mampu menghilangkan sel-sel penyebab kanker. Dengan kandungan sulfida alil inilah yang terdapat pada bawang hitam mampu menghilangkan penyebab kanker.

Pada riset penelitian, kandungan PhIP yang berbentuk HCA atau amina heterosiklik merupakan zat yang dapat memicu penyakit kanker seperti kanker payudara. Dari penelitian tersebut ditemukan sebuah zat yang digunakan sebagai karsinogen yang dapat menghambat pertumbuhan PhIP yang menyebabkan penyakit kanker, zat tersebut adalah diallyl sulfida yang terdapat pada bawang hitam. Sehingga agar anda tetap memiliki badan yang sehat, maka campurkan bawang hitam pada setiap masakan anda.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat bawang hitam salah satunya adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian membuktikan bahwa bawang hitam mampu menurunkan tekanan darah tinggi hingga 7% sampai 8%.

3. Untuk menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa bawang hitam mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi bawang hitam secara rutin maka tubuh anda akan selalu dalam keadaan yang sehat.

4. Sebagai nutrisi karena rendah kalori

Kandungan nutrisi dalam bawang hitam sangat banyak yang berguna oleh tubuh, seperti per 136 gram bawang hitam mengandung:

  • Vitamin c yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh  sebanyak 71%
  • Kalsium yang digunakan untuk memenuhi kebuthan harian tubuh sebanyak 25%
  • Zat besi yang berguna untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh sebanyak 13%
  • Karbohidrat sejumlah 45 gram yang berguna untuk memenuhi kebutuhan harian sebanyak 15%
  • Serat sejumlah 3 gram yang berguna untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh sebanyak 11%

Manfaat bawang hitam dari kandungan ini akan sangat diperlukan bagi tubuh. Uniknya lagi, di dalam bawang hitam ini tidak mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh seperti kalori dan lemak jenuh. Sehingga manfaat bawang hitam mampu melindungi tubuh dari zat berbahaya yang akan menyebabkan penyakit dalam tubuh.

5. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Sebuah penelitian membuktikan bahwa salah satu manfaat bawang hitam adalah mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh hingga 15%. Sehingga jika anda ingin memiliki tubuh yang sehat maka secara rutinlah mengkonsumsi bawang hitam. Kandungan dalam bawang hitam ini mampu meningkatkan produksi hormon insulin yang akan berguna untuk menurunkan kadar gula darah.

6. Sebagai antioksidan yang berfungsi sebagai antivirus dan anti bakteri

Kandungan bawang hitam yang sangat populer adalah bermanfaat sebagai antioksidan yang tentunya akan mencegah berbagai sumber penyakit yang disebabkan oleh racun. Manfaat bawang hitam dalam tubuh adalah untuk mencegah pertumbuhan sumber penyakit seperti jamur, virus, bakteri dan cacing yang ada dalam tubuh.

7. Menurunkan berat badan

Penyakit obesitas dapat diatasi dengan bawang hitam, karena zat anti inflamasi dalam bawang hitam mampu mengatur lemak dalam tubuh sehingga akan membuat tubuh anda memiliki berat badan yang ideal.

8. Menyembuhkan sakit gigi

Kandungan analgesik dalam bawang hitam mampu menghilangkan bakteri yang menyebabkan gigi menjadi tidak sehat. Bahkan dengan kandungan zat yang terkandung dalam bawang hitam nini mampu menghilangkan sakit gigi karena sebagai anti bakteri dan antivirus yang akan membasmi segala penyebab sakit gigi.

9. Sebagai metabolisme zat besi

Kandung ferroprotin dalam bawang hitam mampu membantu mengeluarkan zat besi yang akan dibutuhkan oleh protein untuk meningkatkan kinerja sel dalam tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi bawang hitam maka sistem metabolisme dalam tubuh akan menjadi lancar.

10. Membuat anda memiliki umur panjang

Memang umur seseorang telah diatur oleh Tuhan, namun tentunya dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh bawang hitam ini dapat mencegah berbagi penyakit yang beresiko menyebabkan kematian, seperti penyakit gula, tekaan darah tinggi, serangan jantung, kanker dan penyakit lainnnya.

Manfaat Bawang Hitam Untuk Kecantikan

1. Menghilangkan jerawat

Bawang hitam juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Caranya adalah dengan menghaluskan 1 siung bawang hitam, kemudian oleskan pada wajah yang terdapat jerawat dan diamkan selama 10 menit sebelum tidur. Maka keesokan harinya jerawat akan mengempes dan hilang, lakukan cara ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Menghilangkan komedo

Komedo merupakan sebuah kotoran yang bersarang pada pori-pori wajah. Biasanya komedo berada di hidung, tentunya ini merupakan hal yang sangat mengganggu karena dapat mengurangi kecantikan. Dengan manfaat bawang hitam inilah, anda bisa mengatasi komedo berlebih. Cukup dengan menghaluskan bawang hitam dan mengoleskannya pada area yang memiliki komedo berlebih selama 10 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari sekali agar memiliki hasil yang optimal.

3. Menghilangkan noda bekas luka

Manfaat lain bawang hitam dalam dunia kecantikan adalah untuk menghilangkan bekas noda luka, karena bawang hitam dapat digunakan sebagai anti radang yang mampu menghilangkan luka pada kulit. Cukup haluskan bawang hitam dan mengoleskannya pada bagian bekas luka.

Dengan berbagai manfaat bawang hitam yang ditawarkan ini tentunya anda harus menjadikan bawang hitam sebagai bumbu atau herbal yang wajib ada di dalam rumah anda. Untuk mengolah bawang hitam ini tentunya sangat mudah, karena dapat dijadikan sebagai bumbu masak atau bahkan bisa langsung dimakan.

Sedangkan untuk kecantikan, bawang hitam ini dapat diolah menjadi masker yang dapat dijadikan sebagai perawatan alami yang akan menyehatkan kulit wajah sehingga terbebas dari jerawat dan komedo. Lebih baiknya lagi, bawang hitam ini mampu mencegah penuaan dini, karena mampu mengangkat sel-sel kulit mati dalam kulit.

Artikel Lainnya