Manfaat Bawang Merah

Oleh /

Bawang merah merupakan bumbu yang wajib ada di dapur Anda. Bawang merah biasa digunakan sebagai bumbu agar makanan lebih sedap. Disamping untuk menyedapkan makanan, bawang merah memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satu manfaat bawang merah adalah untuk mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh.

Bumbu yang selalu ada di dapur ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Tak heran apabila banyak yang menjadikan bawang merah sebagai bumbu makanan. Selain untuk menyedapkan makanan, bawang merah dapat membuat masakan lebih sehat untuk dikonsumsi. Disamping sebagai bumbu dapur, bawang merah juga dijadikan sebagai obat-obatan tertentu.

Kandungan Kimia

1. Kaya Akan Vitamin

Bawang merah mengandung bayak sekali vitamin di dalamnya. Vitamin yang terkandung di dalam bawang merah adalah vitamin C dan vitamin B6. Vitamin C yang terkandung di dalam bawang merah melebihi kebutuhan harian vitamin C. Kandungan vitamin C sendiri baik untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh sehingga kesehatan tubuh akan lebih terjaga.

Sementara itu vitamin B6 berperan aktif dalam meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru, sehingga tubuh akan lebih sehat karena sel-sel dalam tubuh akan terus beregenerasi.

2. Serat

Bawang merah mengandung serat yang bisa digunakan mengatasi masalah pencernaan. Apabila Anda sedang mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit, Anda bisa mengkonsumsi bawang merah. Selain mengatasi masalah pencernaan, serat juga berfungsi menurunkan kadar kolesterol, membantu mengontrol gula darah dan mengontrol berat badan normal.

3. Allicin

Allicin merupakan senyawa aktif dalam tubuh manusia yang berperan membunuh bakteri-bakteri dan kuman yang akan menyerang tubuh, sehingga tubuh terhindar dari penyakit. Di dalam bawang merah terkandung banyak sekali allicin yang dapat digunakan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, allicin juga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Berdasarkan sebuah penelitian, mengkonsumsi bawang merah secara rutin, dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaganya agar tetap normal.

4. Onionin A

Onionin A hampir ada di setiap bawang-bawangan, tak hanya bawang merah saja, namun juga bawang putih. Onionin merupakan senyawa dalam tubuh yang berfungsi mengurangi peradangan dan rasa sakit dari berbagai macam penyakit yang diderita manusia. Anionin A tak hanya mengurangi rasa sakit untuk sementara, tetapi juga bisa mengurangi rasa sakit secara permanen.

Mengkonsumsi bawangmerah secara rutin juga tak hanya mengurangi rasa sakit, tetapi juga dapat mengatasi berbagai macam penyakit seperti asma, alergi, arthritis atau radang sendi.

5. Organosulfur

Di dalam bawang merah juga mengandung organosulfur. Organosulfur sendiri berperan aktif untuk mengatasi dan mencegah terjadinya kanker prostat dan lambung. Hal tersebut dikarenakan organosulfur menciptakan lapisan pelindung di dalam tubuh manusia untuk melawan kanker yang berada di kelenjar prostat dan perut.

6. Quercetin

Senyawa kain yang terdapat di dalam bawang merah adalah quercetin. Quercetin sendiri berfungsi sebagai antioksidan, antiinflamasi, dan anti jamur. Antioksidan yang terkandung di dalamnya berperan aktif untuk menjaga imun tubuh agar tetap stabil dan tidak mudah sakit. Hal tersebut dikarenakan antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang dapat menjadi sumber penyakit.

Dengan mengkonsumsi bawang merah secara teratur dapat membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga akan lebih stabil dan terjaga. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menggunakan bawang merah sebagai bumbu dapur, selain sebagai penyedap masakan juga dapat menyehatkan tubuh.

7. Kandungan Lain

Selain kendungan-kandungan di atas, bawang merah juga masih mengandung beberapa kandungan lain yang juga baik untuk tubuh. Kandungan tersebut adalah kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor, dan kalium antioksidan. Kandungan kalsium dan zat besi sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium mampu mencegah terjadinya osteoporosis, sedangkan zat besi juga dapat mengatasi terjadinya anemia.

Manfaat Bawang Merah

1. Membantu Menurunkan Kolesterol

Apabila memiliki masalah kesehatan terkait dengan kolesterol, tak usah ragu untuk menggunakan bawang merah sebagai obat. Berdasarkan sebuah penelitian, bawang merah dapat berfungsi untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam bawang merah juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah risiko stroke.

2. Melancarkan Pencernaan

Bawang merah mengandung serat yang tinggi. Serat sendiri berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, serat juga berfungsi untuk mengatasi masalah-masalah yang terkait dengan pencernaan, seperti sembelit misalnya. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi bawang merah secara teratur dapat melancarkan sistem pencernaan Anda.

3. Sebagai Antioksidan dalam Tubuh

Bawang merah merupakan salah satu bawang-bawangan yang mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Vitamin C memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab yang menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. Maka dari itu, salah satu manfaat bawang merah adalah untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh agar tidak mudah sakit.

Antioksidan juga berperan melawan sel-sel kanker yang kanker yang akan menyerang tubuh manusia. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi bawang merah setiap hari karena mampu mencegah dan mengatasi kanker.

4. Memperkuat Tulang

Manfaat bawang merah yang lain adalah untuk memperkuat tulang. Hal ini dikarenakan di dalam bawang merah terkandung kalsium dan zat besi yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium juga dapat memperbaiki tulang yang rusak sehingga dapat terhindar dari penyakit osteoporosis.

Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang mengkonsumsi bawang merah lebih banyak lebih terhindar dari masalah-masalah kesehatan yang terkait dengan tulang, misalnya osteoporosis. Orang yang mengkonsumsi bawang putih secara rutin cenderung memiliki tulang yang kuat dibandingkan orang yang jarang mengkonsumsi bawang merah.

5. Mengatasi Peradangan dalam Tubuh

Bawang merah sangat efektif dalam mengatasi peradangan, baik secara sementara maupun permanen. Hal tersebut dikarenakan sifat bawang merah, yaitu bersifat antiperadangan. Sifat antiperadangan tersebut sangat baik untuk mencegah kerusakan dari dalam, sehingga tidak terjadi infeksi.

Manfaat bawang merah yang lainnya adalah untuk menjaga kesehatan organ-organ tubuh. Hal itu dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi di dalam bawang merah.

6. Mengatasi Perut Kembung pada Anak

Anak-anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang tidak stabil dan mudah terserang penyakit. Anak-anak cenderung lebih rentan terkena masuk angin daripada orang dewasa. Masuk angin dapat menyebabkan perut terasa kembung. Bawang merah dapat mengatasi perut kembung. Cara mengatasi cukup mudah yaitu dengan menghaluskan bawang merah dan membalurkannya ke tubuh ditambah dengan minyak telon.

7. Meredakan Batuk

Manfaat lain bawang merah adalah untuk meredakan batuk. Batuk apabila tidak segera diatasi dapat mengganggu tidur Anda. Cara mengatasinya cukup mudah. Apabila Anda kurang suka terhadap obat-obatan, Anda dapat menggunakan bawang merah sebagai alternatif lain. Caranya cukup dengan membalurkan bawang merah yang telah dihaluskan pada tubuh.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *