manfaat bawang putih

Manfaat Bawang Putih

Oleh /

Siapa yang tak kenal dengan bawang putih? Salah satu bumbu dapur yang digunakan sebagai penyedap makanan yang satu ini ternyata memiliki banyak sekali khasiat untuk tubuh Anda. Bahkan sejak dahulu, bawang putih juga sudah digunakan sebagai salah satu obat alami yang ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Ada banyak sekali manfaat dari bawang putih yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Beberapa manfaat bawang putih tersebut bahkan akan dijelaskan pada penjelasan di bawah ini. Nah, apa sajakah manfaat dari bumbu dapur tersebut yang bisa Anda dapatkan dengan mudah? Berikut pembahasannya untuk Anda.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Sebagai Anti Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang sangat mematikan. Penyakit kanker yang satu ini bahkan bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Akan tetapi, rupanya Anda bisa mencegah penyakit kanker tersebut dengan rutin mengonsumsi bawang putih. Bawang putih itu sendiri mengandung sulfide alil yang dapat digunakan sebagai anti kanker.

Hanya dengan mengonsumsinya secara rutin, hal ini dapat membantu untuk mencegah tumbuhnya sel kanker yang ada di dalam tubuh Anda. Cukup menarik bukan manfaat bawang putih yang satu ini?

2. Sebagai Anti Virus dan Anti Bakteri

Manfaat bawang putih lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan mudah ialah dapat digunakan sebagai anti virus dan anti bakteri. Hal ini tentu saja sangat berperan untuk mencegah berkembangnya bakteri, ragi, jamur, virus serta cacing yang ada di dalam tubuh.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Penyakit darah tinggi adalah salah satu penyakit berbahaya yang harus segera ditangani. Penyakit yang satu ini bahkan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit lainnya yang lebih membahayakan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan bawang putih yang memiliki banyak khasiat.

Menurut penelitian, bawang putih dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah sebanyak 7 hingga 8% (menurut sumber dari WebMD). Tidak hanya itu, bahkan efek bawang putih itu sendiri ternyata juga dapat menurunkan tekanan darah pada orang normal.

4. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Manfaat bawang putih lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan sangat mudah ialah dapat digunakan untuk mengatasi masalah kolesterol. Tingginya kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah tentunya sangat membahayakan kasehatan tubuh Anda. Untuk itu, untuk mengatasinya Anda bisa memanfaatkan bawang putih. Bawang putih itu sendiri dipercaya ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang berlebih di dalam tubuh sebanyak 10 hingga 15%.

5. Mencegah Demensia dan Alzheimer

Demensia dan Alzheimer adalah salah satu penyakit yang kerap menyerang orang dengan usia lanjut. Akan tetapi, bukan berarti orang dengan usia yang relatif muda tidak dapat terserang penyakit yang satu ini. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi bawang putih secara rutin.

Mengapa bawang putih sangat ampuh untuk mencegah penyakit demensia dan Alzheimer? Hal ini karena bawang putih tersebut mengandung antioksidan yang sangat baik untuk saraf pada otak Anda.

6. Untuk merawat kecantikan kulit

Siapa sangka jika bawang putih itu sendiri ternyata memiliki khasiat yang sangat baik untuk kecantikan wajah Anda. Manfaat bawang putih untuk kecantikan ialah dapat digunakan untuk menghilangkan komedo, bekas luka dan bahkan membantu untuk menghilangkan jerawat.

Sama halnya dengan beberapa manfaat dari bahan alami lainnya, manfaat bawang putih tentu saja tidak akan menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh Anda. Oleh karenanya, Anda sebaiknya mengonsumsi bawang putih dalam jumlah yang cukup saja dan tidak berlebihan. Untuk bisa mendapatkan khasiat bawang putih ini setiap hari, mungkin Anda bisa memasukkan bawang putih ke dalam setiap masakan Anda.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *