Manfaat Bayam

Oleh /

Bayam merupakan salah satu tanaman berbunga dari golongan Spinicia Aleracea, salah satu jenis sayuran dengan daun berwarna hijau gelap. Bayam merupakan jenis sayuran yang berasal dari Asia Tengah dan Barat daya, Manfaat bayam bagi kesehatan sangat banyak dan sudah dibuktikan melalui banyak penelitian oleh para ahli.

Bayam sendiri merupakan jenis tanaman tahunan, tumbuhan yang tumbuh dan hidup di musim hujan untuk daerah 4 musim seperti Indonesia. Tanaman ini membutuhkan cukup air untuk hidup. Manfaat bayam untuk kesehatan dapat diperoleh dengan berbagai cara. Mulai dari mengkonsumsi dengan memasaknya atau dengan mengkonsumsi secara langsung atau mentah.

Nutrisi Yang Terdapat Dalam Bayam

Sayuran hijau yang memiliki banyak penggemar ini memiliki nilai nutrisi dan gizi yang sangat banyak. Dalam satu porsi bayam atau dalam 100 gram bayam mengandung nutrisi sebanyak 2,3 gram protein, 3,2 gram karbohidrat, 3 gram zat besi dan 81 gram kalsium.

Selain itu tanaman hijau ini juga kaya akan vitamin dan mineral. Beberapa vitamin yang ada di dalamnya adalah vitamin A, vitamin C, Niacin, thiamin, Phosphorus, Riboflavin, Sodium, Kalium dan Magnesium. Untuk fungsi dari semua nutrisi yang ada di dalam sayur bayam dapat anda simak pada penjelasan berikut.

Manfaat Bayam Secara Umum Bagi Kesehatan

Sayur bayam memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi, selain itu juga memiliki kandungan antioksidan dan zat phytochemical yang berfungsi untuk melindungi tubuh terhadap serangan penyakit. Berikut penjelasan manfaat bayam bagi kesehatan manusia.

1. Untuk Melawan Sel Kanker Dalam Tubuh

Manfaat bayam bagi kesehatan yang pertama adalah mampu melawan serangan sel kanker dalam tubuh. Di atas tadi sudah dijelaskan bahwa bayam mengandung banyak sekali vitamin salah satunya adalah vitamin A dan vitamin C. Ada juga kandungan serat, folic acid, serta 13 jenis flavonoid yang berbeda jenis dan di temukan dalam bayam.

Semua jenis vitamin dan nutrisi lainnya sangat bermanfaat untuk melawan sel kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa semua jenis vitamin tersebut mampu mencegah dan menurunkan risiko kanker. Bahkan mencapai angka 34%, terlebih lagi jika untuk sel kanker payudara, kanker leher rahim, kanker kulit dan kanker paru – paru.  Terapi dengan mengkonsumsi sayur bayam sangat membantu.

2. Sebagai Anti inflamasi dan antiradang

Diketahui bahwa bayam memiliki kandungan alkalinity yang cukup tinggi, karena kandungan tersebut membuat bayam menjadi pilihan sayur yang sempurna untuk anda atau orang – orang yang menderita penyakit inflamasi. Seperti Rheumatoid arthritis dan juga osteoarthritis. Bagi anda atau penderita penyakit inflamasi lainnya sangat di sarankan untuk sering mengkonsumsi makanan dengan bahan dasar bayam. Akan sangat bagus untuk proses penyembuhannya.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskuler

Beberapa penelitian membuktikan bahwa bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang menjadi sumber asam folate yang baik, yang bisa mengurangi hemocysteine dan asam amino yang ditemukan di dalam peredaran darah.

Karena jika anda menemukan kandungan hemocysteine yang tinggi dalam darah kemungkinan orang tersebut menderita penyakit kardiovaskuler. Dan sayur bayam merupakan salah satu terapi herbal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi penyebabnya. Selain itu bayam juga mengandung choline dan inositol yang bisa membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa bayam adalah jenis sayuran yang kaya akan kalium dan rendah sodium. Jumlah mineral yang seimbang dari bayam sangat berpengaruh bagi kesehatan penderita darah tinggi. Yang mana diketahui bahwa kalium berfungsi untuk menurunkan dan sodium berfungsi untuk meningkatkan.

Selain itu dalam bayam juga ditemukan adanya folate yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta membantu melancarkan peredaran darah di dalam pembuluh darah. Sehingga aliran darah berjalan lancar dan tepat sesuai takaran.

5. Mencegah Terjadinya Osteoporosis

Dibuktikan melalui sebuah penelitian bahwa dalam secangkir daun bayam yang segar memiliki kandungan nutrisi yang hampir mencapai 200% dari total harian kebutuhan vitamin K. Bayam yang tinggi kandungan vitamin k sangat penting untuk kesehatan dan untuk memberikan asupan kalsium dalam tulang.

Kebutuhan kalsium dalam tubuh sangat penting, sehingga bisa mencegah terjadinya osteoporosis lebih dini. Selain itu juga dibutuhkan mineral lain seperti magnesium,zinc, copper dan phosporus yang membantu dalam proses membangun tulang menjadi kuat dan padat.

6. Mencegah Diabetes dan Menjaga Kadar Gula Darah Dalam Tubuh

Bayam juga memiliki manfaat bagi penderita diabetes. Kandungan magnesium dalam bayam mampu membantu mencegah terjadinya komplikasi diabetes. Mengkonsumsi bayam secara rutin dapat menstabilkan kadar gula darah dan mencegah pertambahan gula darah yang terlalu banyak. Sehingga kadar gula darah tetap normal.

7. Mencegah Terjadinya Anemia

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang terkenal dengan kandungan zat besinya yang tinggi. Dimana jika seseorang menderita anemia, konsumsi zat besi adalah obat yang paling baik dan tepat. Oleh karena itu mengkonsumsi bayam dengan cukup dan sesuai aturan baiknya, akan membantu mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah.

Mengapa zat besi dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya anemia?, karena zat besi dapat meregenerasi atau memperbanyak jumlah sel darah merah dalam tubuh sehingga tubuh tidak kekurangan sel darah merah dan anemia bisa teratasi dengan baik dan aman.

8. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin dalam bayam memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk perawatan kulit. Jika anda mengkonsumsi bayam dengan jumlah yang benar akan membuat kulit anda sehat dan halus karena kebutuhan vitamin A yang dibutuhkan oleh kulit terpenuhi dengan baik.

Dengan terpenuhinya vitamin A juga bisa menyebabkan kulit menjadi lebih lembut dan lembab. Selain itu juga menghindari terjadinya jerawat, keratinisasi dan juga keriput.

9. Membantu Pertumbuhan

Kandungan mineral dan zat besi dalam bayam cukup tinggi, hal ini sangat baik jika di konsumsi oleh anak – anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Karena kedua bahan tersebut berfungsi untuk membantu proses pertumbuhan menjadi lebih baik. Selain itu bayam juga sangat baik untuk wanita yang sedang menstruasi.

Baik juga untuk wanita yang diet, karena bayam memiliki kalori yang tinggi namun rendah lemak dan bebas kolesterol dari pada daging merah.

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Berdasarkan informasi gizi dari pakar gizi bahwa dalam 1 cangkir bayam mengandung kurang lebih 337 % dari AKG atau Angka Kecukupan Gizi untuk vitamin A, dimana vitamin A memiliki peran untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam tubuh, saluran pernapasan, saluran pencernaan dan saluran kemih serta membran mukosa. Selain itu juga membantu sel darah putih melawan infeksi.

11. Mengobati Masalah Gusi

Manfaat bayam bagi kesehatan yang terakhir adalah sebagai obat untuk mengatasi masalah gusi. Seperti pendarahan pada gusi dan penyakit gusi lainnya. Ramuan yang bisa anda gunakan adalah campuran bayam dengan jus wortel dapat mengatasi masalah gusi karena kekurangan vitamin C.

Berikut tadi adalah beberapa manfaat dari sayur bayam, yang memiliki banyak kandungan nutrisi sehat seperti vitamin A, mineral, magnesium dan nutrisi lain yang menyehatkan.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *