Manfaat Beras Hitam

Oleh /

Beras Hitam memang bisa dibilang kalah tenar dari beras merah yang lebih banyak dikonsumsi. Padahal, manfaat Beras Hitam dalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan juga tidak dapat disepelekan. Riset membuktikan, bahwa Beras Hitam memiliki kandungan vitamin, protein dan zat bioaktif yang memiliki manfaat besar sebagai alternatif mencegah dan mengobati masalah kesehatan.

Beras Hitam memiliki riwayat penyebaran yang cukup unik. Dimana hal tersebut pula yang membuat beras dari spesies Oryza Sativa ini juga dikenal dengan nama “Beras terlarang dari Cina.” Di Indonesia sendiri, Beras Hitam lebih banyak dikonsumsi dalam bentuk bubur, kue, dan makanan penutup lainnya. Karena memiliki tekstur yang lengket serta rasa gurih.

Kandungan Beras Hitam

  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin B6
  • Vitamin E
  • Protein
  • Serat
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Zinc
  • Zat besi
  • Riboflavin
  • Fitonutrien
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Kalori

Manfaat Beras Hitam

1. Menjaga Kesehatan Liver

Riset menyebutkan, bahwa salah satu manfaat terbesar dari Beras Hitam adalah untuk menjaga kesehatan hati atau liver. Terutama menghindarkannya dari perlemakan hati yang dapat berakibat fatal bagi penderitanya. Kandungan antioksidan dalam Beras Hitam dapat menjadi detoks alami untuk liver, sehingga racun dan zat berbahaya dapat dihilangkan secara optimal.

2. Mencegah Hipertensi

Apabila Anda memiliki riwayat penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka mengkonsumsi Beras Hitam dapat menjadi alternatif mencegah kambuhnya penyakit tersebut. Kandungan senyawa aktif yang terdapat dalam setiap bulir ketan hitam ini bisa membantu menetralkan tekanan darah supaya hipertensi tidak kambuh lagi.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung memainkan peran penting bagi tubuh manusia karena berfungsi sebagai pemompa darah. Terganggunya kesehatan jantung dapat mengakibatkan kematian pada penderitanya. Untuk menghindari hal tidak diinginkan, maka bisa mengkonsumsi Beras Hitam secara teratur. Kandungan senyawanya dapat membantu meluruhkan plak yang menempel pada pembuluh darah di jantung.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Beras Hitam kaya akan kandungan serat yang berkhasiat untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai masalah gangguan pada sistem pencernaan. Seperti yang mungkin telah diketahui, bahwa serat berperan penting dalam meningkatkan gerak usus sehingga masalah pencernaan dapat ditanggulangi. Selain itu, serat yang dikonsumsi dalam dosis tinggi juga bisa membersihkan racun.

5. Mencegah Diabetes

Beras Hitam mengandung serat 3,5 lipat lebih tinggi apabila dibandingkan dengan nasi putih. Hal tersebut karena ketan hitam akan membutuhkan proses cerna lebih lama, yang menimbulkan sifat melindungi pencernaan dan menetralkan kadar gula darah sehingga tetap berada di angka normal. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk mengkonsumi Beras Hitam bagi penderita diabetes.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Salah satu penyebab menurunnya fungsi otak adalah dikarenakan stress. Untuk mengembalikan ketajaman otak seperti sedia kala, maka Anda membutuhkan asupan makanan bergizi seperti Beras Hitam. Kandungan zat antocyanin didalamnya berkhasiat untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif pada otak. Sehingga melemahnya daya ingat otak dapat segera diatasi.

7. Mencegah Kanker

Kanker merupakan momok bagi setiap orang. Pasalnya, pada beberapa jenis kanker tidak dapat disembuhkan sehingga penderitanya harus mengalami siksaan karena proses kemoterapi yang menyakitkan. Oleh sebab itu, maka bagi yang sehat sudah seharusnya melakukan pencegahan. Bukankah akan lebih baik mencegah daripada mengobati?
Salah satu cara ampuh yang dapat diaplikasikan guna menghindari terserang kanker adalah dengan mengganti konsumsi beras putih dengan yang hitam. Hal tersebut dikarenakan kandungan zat dan vitamin dalam ketan hitam ini memang lebih banyak. Dan salah satunya memiliki khasiat besar untuk mencegah terbentuknya sel kanker di dalam tubuh.

8. Bebas Kandungan Gluten

Sebagian orang memiliki alergi terhadap gluten (Protein dalam gandum), seperti penderita penyakit celiac yang mana mengkonsumsi makanan mengandung gluten akan menyebabkan sindrom usus bocor. Tapi manfaat Beras Hitam yang kaya akan kandungan vitamin dan zat bioaktif ini aman untuk dikonsumsi, karena bebas gluten.

9. Menurunkan Berat Badan

Apabila dibandingkan dengan beras merah, maka manfaat Beras Hitam dalam membantu menurunkan berat badan terbukti lebih baik. Memiliki tekstur padat dan kaya serat tapi rendah kalori, akan membuat pengonsumsinya merasa kenyang lebih lama. Di samping itu, makan Beras Hitam secara rutin akan membantu mengontrol suplai kalori dalam tubuh sehingga terhindari dari obesitas.

10. Dapat Digunakan Sebagai Pewarna Makanan Alami

Seperti yang diketahui, bahwa saat ini ada banyak sekali bahan pewarna makanan tidak sehat yang beredar dipasaran. Dimana jika dikonsumsi dalam jangka panjang maka dapat menimbulkan efek samping pada kesehatan. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk beralih ke bahan alami seperti Beras Hitam. Memiliki kandungan pigmen, beras ini dapat menghasilkan warna seperti hitam dan merah muda.

11. Mengandung Zat Anti Inflamasi

Jika Anda memiliki masalah tertentu yang berkaitan dengan radang, seperti menderita alergi, jerawat, nyeri sendi dan lain sebagainya. Maka dapat menjadikan Beras Hitam sebagai solusi. Zat anti inflamasi yang terkandung didalamnya berfungsi untuk meredakan radang. Bukan hanya itu, zat ini juga dapat membantu penyembuhan luka dalam tubuh agar cepat sembuh.

12. Kaya Akan Kandungan Antioksidan

Seorang profesor bidang teknologi pangan dari Universita Bagian Louisiana bernama Zhimin Xu mengungkapkan, bahwa dalam satu sendok Beras Hitam memiliki kandungan Vitamin E, serat dan antioksidan lebih tinggi dibandingkan buah blueberry dengan takaran sama. Padahal, selama ini buah tersebut berada di peringkat pertama sebagai pemilik kadar antioksidan paling tinggi.

Antioksidan sendiri merupakan zat yang terbukti secara ilmiah memiliki khasiat besar terhadap tubuh, baik untuk mencegah atau mengobati masalah kesehatan hingga kecantikan. Antioksidan berperan sebagai penangkal radikal bebas sehingga virus, bakteri dan kuman berbahaya tidak bisa masuk dan menyerang sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh dapat terlindungi dari penyakit.

13. Mengatasi Asma

Pada penderita asma menahun, maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi Beras Hitam secara berkala. Kandungan senyawa aktif yang terkandung pada beras satu ini dapat membantu mencegah kambuhnya asma. Menderita penyakit sesak napas bukan hanya terasa mengganggu, namun juga dapat mengakibatkan dampak fatal apabila tidak segera dicari solusinya.

14. Mencegah Penuaan Dini

Tahukah Anda bahwa Beras Hitam juga bermanfaat sebagai anti aging? Cara penggunaannya juga sangat mudah. Anda tinggal membuat masker Beras Hitam dan kemudian aplikasikan di wajah. Kemudian tunggu selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Jika dilakukan secara rutin, maka akan menjadi suplai nutrisi yang baik untuk kulit wajah dan mengembalikan keremajaannya.

15. Mengatasi Alergi

Manfaat Beras Hitam dalam mengatasi alergi sudah cukup terkenal. Mengandung efek anti inflamsi, mengkonsumsi nasi hitam dapat mencegah atau mengobati alergi kambuhan. Karena terjadinya alergi pastilah disebabkan oleh radang yang terjadi di bagian dalam tubuh. Oleh sebab itu, jika alergi kambuh maka segera ganti konsumsi nasi putih dengan yang hitam untuk mengatasinya.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *