manfaat beras merah

Manfaat Beras Merah

Oleh /

Beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia yang memiliki karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi manusia untuk menjalankan aktifitas sehari-hari. Mayoritas masyarakat mengkonsumsi beras putih, namun akhir-akhir ini banyak yang beralih dengan mengkonsumsi beras merah. Alasannya adalah karena banyak ditemukannya kandungan gizi yang lebih banyak dari beras putih biasa.

Selain itu beras merah juga terkenal memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tubuh. Nah, berikut adalah manfaat beras merah untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan Tubuh

1. Alternatif Diet Terbaik

Bagi Anda yang tidak percaya diri dengan berat badan yang Anda miliki dan ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, maka sebaiknya Anda memulai mengonsumsi beras merah. Pasalnya beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang tujuannya adalah sebagai energy supply dan dilakukan secara berkala pada tubuh manusia, sehingga perut tidak mudah terasa kosong dan lapar.

2. Mengobati Sakit Maag

Manfaat beras merah kali ini diperuntukkan bagi Anda yang sering mengalami masalah dalam pencernaan seperti sakit maag. Sakit maag dapat mengganggu hari-hari Anda karena rasa nyerinya datang secara berkala, dimana akan terasa tidak nyaman dan menyiksa.

Namun bagi anda yang sedang mengalaminya tidak perlu risau, salah satu cara mengobati sakit maag adalah dengan rutin mengkonsumsi beras merah sebagai makanan pokok. Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi yang di percaya dapat mengurangi kadar asam lambung dalam tubuh.

3. Menjaga Tulang Tetap Kuat

Semakin bertambah usia, kekuatan tulang pada tubuh manusia juga semakin berkurang. Namun bagi Anda yang ingin tetap terlihat bugar dan kuat, tak ada salahnya anda mulai beralih mengonsumsi dari beras putih ke beras merah. Karena beras merah memiliki kandungan magnesium yang terkenal mampu menjaga kesehatan tulang Anda dan mencegah osteoporosis.

4. Mencegah Sembelit atau Sulit Buang Air Besar (BAB)

Anda tak perlu lagi meragukan manfaat beras merah untuk membantu BAB menjadi lebih lancar. Beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi 6 kali dari pada beras putih biasa, sehingga kandungan serat yang dihasilkan dapat mencegah Anda mengalami sembelit dan mencegah kanker usus.

5. Menjaga Kekuatan Gigi

Selain memiliki gigi rapi yang bersih, gigi yang kuat juga merupakan poin penting sehingga bisa masuk dalam kategori gigi yang sehat. Salah satu cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk memiliki gigi yang kuat ialah dengan mengonsumsi beras merah,karena beras ini mengandung magnesium yang bisa membantu memperkuat tekstur gigi Anda.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah

Kadar kolesterol jahat dalam darah yang berlebih dapat menyebabkan berbagai macam penyakit khususnya yang sering terjadi adalah penyakit jantung dan stroke. Jika anda tidak ingin mengalaminya, maka anda perlu melakukan pencegahan dini dengan cara mulai mengkonsumsi beras merah.

Manfaat beras merah yang satu ini di percaya mampu menaikkan kadar kolesterol baik dalam darah karena memiliki senyawa lovastatin alami atau yang dikenal dengan monacolinK. Dengan begitu, beras merah sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

7. Mencegah Kanker

Kanker dapat di cegah dengan pola hidup yang sehat dan bersih, namun tidak ada salahnya anda memperhatikan khasiat pada makanan yang anda konsumsi. Manfaat beras merah kali ini adalah sebagai salah satu alternatif mencegah kanker. Kandungan serat dan atioksidan tinggi yang dimiliki beras merah dapat membantu tubuh dalam menghindari radikal bebas penyebab kanker.

Jadi, setelah mengetahui 7 manfaat beras merahtadi, kapan Anda akan memulai mengganti beras putih biasa dengan beras merah demi bisa menjalani hidup yang lebih sehat?

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *