Manfaat Brokoli

Oleh /

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi. Brokoli banyak mengandung mineral, vitamin, protein yang bagus untuk memelihara kesehatan tubuh anda.  Selain rasanya yang lezat dan enak, brokoli juga dapat membantu mengatasi beberapa penyakit.

Kandungan Nutrisi Pada Brokoli

Brokoli mengandung senyawa dan nutrisi yang bagus untuk memelihara kesehatan anda. Berikut adalah kandungan senyawa yang terdapat pada brokoli:

  1. Senyawa antioksidan
  2. Vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin E.
  3. Mengandung berbagai mineral seperti fosfor
  4. Mengandung beta karoten, lutein,
  5. Mengandung banyak protein, air dan karbohidrat
  6. Mengandung banyak serat

Manfaat Brokoli Dalam Bidang Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat anda peroleh dengan mengkonsumsi brokoli:

1. Mencegah Kanker

Brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang dapat menjadikan brokoli berwarna hijau sehingga dapat melawan penyakit kanker. Hal ini telah terbukti dalam sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi brokoli dapat mencegah  terjadinya kanker paru – paru.

2. Mengatasi Kolesterol

Brokoli mengandung banyak serat yang  bagus untuk kesehatan. Salah satunya adalah dapat memperlancar buang air besar. Selain itu, brokoli tersebut juga dapat mengatasi kolesterol. Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah, yaitu dengan dikukus.

3. Meningkatkan vitamin D

Brokoli mengandung banyak vitamin D yang tinggi. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin A dan K yang bagus untuk memperlancar metabolisme vitamin D. Vitamin D berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang.

4. Mencegah resiko terkena diabetes

Adanya kandungan senyawa sulforaphane membuat brokoli dapat berfungsi sebagai pencegah kerusakan pembuluh darah kecil. Kerusakan pembuluh darah kecil disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah yang terjadi pada penderita diabetes.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Brokoli mengandung banyak vitamin C yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda. Hal ini dikarenakan vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan yang bagus untuk mencegah terjadinya infeksi.

6. Anti inflamasi

Brokoli dapat membantu mencegah kerusakan sendi, salah satunya adalah osteoarthritis. Adanya kandungan senyawa sulforaphane dapat menghambat enzim penyebab kerusakan sendi. Selain itu, brokoli juga mengandung iskhiosianat dan asam lemak omega 3 yang bagus untuk mengatur peradangan.

7. Membantu menjaga kesehatan mata

Brokoli mengandung banyak lutein. Lutein merupakan salah satu senyawa antioksidan yang dapat memelihara kesehatan mata. Banyak sekali kandungan nutrisi pada brokoli yang dapat membantu memelihara kesehatan tubuh seperti vitamin, mineral dan lain – lain.

8. Sumber antioksidan

Senyawa antioksidan memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa antioksidan yang terdapat di brokoli antara lain adalah lutein, zeaxanthin, beta karoten dan lain – lain.

9. Membantu memelihara kesehatan kulit

Mengkonsumsi brokoli dapat melindungi kulit dari infeksi. Hal ini dikarenakan brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral seperti tembaga, seng, asam amino dan lain – lain.

10. Anti aging

Tingginya kandungan vitamin C pada brokoli menjadikan brokoli dapat berfungsi sebagai antiosidan yang dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini yang ditandai dengan kerusakan kulit, keriput dan garis – garis di wajah.

11. Mencegah resiko terkena serangan jantung

Brokoli dapat dijadikan salah satu sayuran alternatif yang menyehatkan. Hal ini dikarenakan brokoli dapat mengurangi kolesterol. Kolesterol yang berlebihan di dalam tubuh dapat membahayakan karena dapat menyebabkan penyakit jantung. Selain itu, kolesterol yang banyak juga memicu aliran darah tidak lancar karena tersumbat oleh kolesterol.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *