Manfaat Buah Delima

Ditulis oleh: /

Pasti sudah banyak yang mendengar tentang manfaat buah delima yang baik untuk kesehatan ini. Buah delima memang terlihat cantik dengan warna luar dan dalam yang dimilikinya. Buah ini dapat tumbuh di daerah tropis sehingga banyak ditemukan di daratan Indonesia. Selain itu buah ini terkenal akan kandungan vitamin dan antioksidan tinggi yang dimilikinya, yang di percaya baik untuk kesehatan dan kecantikan seseorang.

Selain itu buah ini mengandung vitamin A, C, E dan K, selain itu buah delima juga kaya akan anti oksidan. Bulir bijinya yang berwarna dan bertekstur menggoda tidak hanya enak ketika dimakan begitu saja, tapi dapat juga Anda olah menjadi jus. Dalam 100 gram biji buah delima setidaknya mengandung 12% vitamin C dan 16% vitamin K selebihnya 10% folate. Ditambah keistimewaan lainnya, yaitu adanya serat yang terkandung di dalamnya, serta rendahnya lemak dan kalori yang dimiliki buah ini.

Berikut Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan tubuh

1. Mengurangi Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

Kolesterol merupakan zat yang buruk bagi kesehatan tubuh seseorang, pasalnya kolesterol menjadi pemicu seseorang menderita penyakit tekanan darah tinggi, stroke maupun jantung. Manfaat buah delima ini memiliki efek anti-aterogenik atau zat yang dapat menghentikan terjadinya tumpukan plak di dinding pembuluh darah manusia. Bahkan mengonsumsi delima juga dapat mengurangi secara perlahan plak tersebut.

2. Membuat Berat Badan Menjadi Ideal

Memiliki tubuh ideal tentunya sebuah kemauan banyak orang. Manfaat buah delima kali ini dapat membantu Anda, karena buah delima mengandung antioksidan yang dapat membantu menurunkan berat badan seseorang. Anda dapat menjadikan buah delima sebagai list diet harian Anda untuk menghilangkan kalori ekstra yang Anda dapat sehari-hari dari makanan yang dikonsumsi.

3. Mengobati Jerawat

Jerawat dapat timbul oleh banyak faktor, diantaranya adalah karena homon, gen dan karena masalah pencernaan. Buah delima yang kaya akan vitamin C dapat membantu Anda dalam mengobati jerawat yang Anda miliki. Selain itu Vitamin C ternyata dapat mengatur kontrol produksi sebum yang merupakan zat berminyak yang disekresikan oleh kulit yang merupakan faktor utama penyebab tumbuhnya jerawat.

4. Mencegah Penuaan Dini

Minyak yang dimiliki biji delima akan membantu memperkuat lapisan epidermis pada kulit yang akan berhasil mengurangi atau menunda kulit Anda mengalami keriput atau penuaan dini.

Selain itu manfaat buah delima yang satu ini ternyata memiliki kandungam kolagen dan elastin yang memiliki fungsi menunjang tekstur kulit agar memiliki elastisitas yang tinggi, hal tersebut dapat membuat Anda terlihat tetap awet muda.

5. Mencegah Terjadinya Kanker

Buah delima memiliki kandungan yang tinggi seperti jumlah Vitamin A & C, antioksidan dan zat besi. Kandungan tersebut bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas. Sehingga dengan rajin mengonsumsi buah delima dapat membantu menghentikan kerusakan sel yang terjadi pada tubuh. Kerusakan tersebut biasanya akan menjadi penyebab kanker, terutama kanker paru-paru, prostat dan payudara

6. Mencegah Anemia

Bagi Anda yang mengalami anemia tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena rasa lunglai dan lemas yang sering dialami. Untuk menjaga stamina anda tetap baik dan mencegah maupun mengobati anemia, Anda dapat mencoba menggunakan manfaat buah delima ini.

Buah delima juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi, yang dalam kesehatan dapat mengaktifkan dan meregenerasi sel darah merah dalam tubuh manusia.

7. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Buah delima memiliki kandungan yang dapat melawan kerusakan pada tulang. Buah ini dapat memperkuat struktur tulang sehingga menjadikan Anda rawan terkena osteoporosis.

Nah, di atas adalah beberapa manfaat buah delima yang perlu Anda tahu agar dapat menunjang pola hidup sehat anda.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *