Manfaat Buah Jeruk

Manfaat Buah Jeruk

Buah jeruk merupakan buah yang sangat familiar dalam masyarakat Indonesia. Buah yang sangat terkenal akan kaya kandungan vitamin C ini ternyata memiliki khasiat yang banyak bagi kesehatan manusia. Buah jeruk merupakan buah yang mudah dijumpai karena mudahnya tumbuh sehingga banyak orang yang membudidayakan buah ini.

Buah ini memiliki beberapa kandungan yang kaya akan protein, Vitamin, mineral, serat yang tinggi dan anti oksidan. Nah, ternyata manfaat buah jeruk ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk pengobatan dan pencegahan penyakit. Anda penasaran? Yuk simak!

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan

1. Melancarkan Saluran Pencernaan

Buah jeruk memiliki serat yang tinggi, sehingga bagus untuk saluran pencernaan manusia. Serat yang dimilikinya akan membantu mengeluarkan kotoran dalam organ pencernaan Anda sehingga dapat mencegah sindrom iritasi yang terjadi pada usus besar. Selain itu manfaat buah jeruk yang lain dapat merangsang produksi cairan pencernaan serta memperbaiki pencernaan Anda.

2. Mencegah Datangnya Kanker

Kanker merupakan momok menyeramkan pada sebagian orang, pasalnya penyakit menyebabkan angka kematian yang tinggi. Namun alangkah lebih baiknya jika Anda mencegah sedari dini dengan mengonsumsi buah jeruk yang terkenal dapat mencegah kanker karena manfaat buah jeruk kali ini memiliki senyawa seperti fisetin, quercetin, astragalin, isoquercitrin, asam galat serta enzim yang lain.

Senyawa tersebut dalam sebuah penelitian mampu melindungi tubuh terhadap serangan kanker pada payudara, usus besar dan prostat. Jeruk juga memiliki senyawa yang disebut limonene yang dapat menghambat sel kanker.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah jeruk yang satu ini di percaya dapat memperkaya imunitas tubuh. Dengan memiliki kekebalan tubuh yang kuat maka tubuh dapat menolak beberapa infeksi dan penyakit yang akan menyerang tubuh. Selain itu jeruk juga mengandung zat polifenol yang yang memiliki fungsi sebagai antivirus yang dapat membunuh virus yang masuk sebelum menyebarkan infeksi ke dalam tubuh.

4. Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Buah jeruk memiliki kandungan magnesium yang di percaya dapat membantu akan kontrol tekanan darah seseorang. Selain itu manfaat buah jeruk kali ini memiliki zat flavonoid yang memiliki fungsi serupa yakni membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Kolesterol merupakan faktor pemicu yang sering ditemui sebagai penyebab penyakit Jantung. Oleh karena itu bagi Anda yang sedang menderita penyakit jantung, maka Anda perlu mengonsumsi buah ini.

Buah jeruk mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat melawan radikal bebas dan sekaligus dapat membantu mencegah kolesterol yang jahat. Kolesterol cenderung menempel dan menjadi plak pada bagian dalam arteri sehingga membatasi kerja supply darah ke jantung. Hal tersebut dapat memicu serangan jantung secara tiba-tiba.

6. Memperkuat Tulang

Buah jeruk terkenal memiliki senyawa kalsium dan vitamin D yang tinggi. Kedua senyawa dan nutrisi tersebut sangat berfungsi untuk tulang, yaitu memperkuat struktur tulang sehingga tidak mudah mengalami keretakan, osteoporosis dan patah tulang. Jeruk juga diketahui memiliki kandungan asam askorbat yang tugasnya membantu melakukan penyerapan kandungan kalsium dengan lebih baik.

7. Memperkuat Gigi

Vitamin C yang dimiliki jeruk dapat memperkuat struktur pada gigi, mengurangi peradangan pada gigi dan gusi dan juga membuat aroma napas tetap segar dan bertahan lebih lama.

8. Mencegah Penyakit Ginjal

Sebuah studi telah menemukan fakta bahwa saat manusia mengonsumsi orange juice secara teratur, maka hal tersebut dapat membantu mencegah batu ginjal pada tubuh. Karena buah jeruk dapat mengurangi kelebihan sitrat dalam urine dan juga dapat mengurangi tingkat keasamannya. Selain itu ternyata jeruk juga dapat mengurangi kadar gula dalam tubuh dengan baik .

Nah, di atas adalah beberapa manfaat buah jeruk yang dapat Anda ingat-ingat dengan baik dan jangan lupa untuk mengaplikasikan beberapa manfaat tersebut dalam menyesuaikan pola hidup sehat Anda. Selamat mencoba, cheers.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *