manfaat-buah-mangga

Manfaat Buah Mangga

Ditulis oleh: /

Buah mangga merupakan buah yang memiliki rasa lezat sehingga keberadaannya terkenal dan banyak dikonsumsi oleh semua kalangan. Buah mangga memiliki banyak serat yang merupakan kandungan penting untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh. Tidak hanya itu buang mangga memiliki kandungan lain diantaranya adalah Gula alami, Protein, Vitamin A, B6 dan C. Selain itu juga mengandung zat besi, kalsium, thiamine, beta-karoten, magnesium, kalium, fosfor dan asam pantotenat.

Beberapa kandungan yang telah disebutkan di atas merupakan zat yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaat buah mangga yang Anda wajib tahu, yuk simak!

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Tulang Anda

Memiliki tulang yang kuat merupakan impian banyak orang, pasalnya dengan memiliki tulang yang kuat dapat di pastikan Anda dapat melakukan beberapa aktivitas yang anda senangi tanpa mendapatkan rasa lelah yang berlebih. Selain itu memiliki tulang yang kuat juga menjaga Anda dari patah tulang yang mudah terjadi seperti saat jatuh atau terbentur sesuatu yang keras.

Nah, manfaat buah mangga yang satu ini terkenal karena kalsium yang dimilikinya. Kalsium merupakan zat yang terkenal berhubungan dengan tumbuh kuatnya tulang seseorang.

2. Menjaga Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Kolesterol merupakan pemicu utama penyakit darah tinggi dan jantung. Bagi Anda yang ingin menghindari kedua penyakit tersebut maka alangkah baiknya jika Anda melakukan pencegahan sejak dini dengan salah satu cara yaitu mengonsumsi buah mangga.

Manfaat buah mangga kali ini di percaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena kandungan kalium yang dimilikinya. Kalium merupakan zat penting dalam tubuh terutama sangat penting dalam mengontrol detak jantung beserta tekanan darah dalam tubuh seseorang.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan organ tubuh yang wajib dijaga karena fungsinya sebagai indera penglihatan manusia. Karena akan sangat vital sekali jika Anda mengalami kerusakan pada mata. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata merupakan sebuah keharusan bagi Anda. Dengan Vitamin A dimiliki buah mangga di percaya dapat membantu dalam menjaga kesehatan lensa mata dan retina.

Satu irisan buah mangga di percaya memiliki kandungan vitamin A sebesar 25% sehingga dengan mengkonsumsi buah mangga dapat mencegah beberapa penyakit mata pada usia lanjut seperti rabun senja dan katarak. Selain itu manfaat buah mangga yang memiliki zat antioksidan zeaxanthin dapat menyaring sinar ultra violet yang memiliki peran menjaga kesehatan mata dan juga dapat menangkal kerusakan dari degenerasi makula pada mata Anda.

4. Mencegah Munculnya Kanker

Kanker merupakan momok menyeramkan pada sebagian orang, pasalnya penyakit ini menyebabkan angka kematian yang tinggi. Namun alangkah lebih baiknya jika Anda mencegah sedari dini dengan mengonsumsi buah mangga yang terkenal dapat mencegah kanker, karena manfaat buah mangga kali ini memiliki senyawa seperti fisetin, quercetin, astragalin, isoquercitrin, asam galat serta enzim yang lain. Senyawa tersebut dalam sebuah penelitian mampu melindungi tubuh terhadap serangan kanker pada payudara, usus besar dan prostat.

Namun ternyata buah kaya manfaat satu ini juga memiliki beberapa efek samping jika terlalu sering dikonsumsi. Berikut adalah efek samping dari buah mangga yang wajib anda ketahui.

  • Kenaikan berat badan
  • Peningkatan kadar gula darah dalam tubuh
  • Mengalami alergi khusus
  • Mengalami gatal-gatal pada area kulit
  • Mengalami karsinogenik
  • Memicu gastrointestinal atau gangguan pencernaan pada tubuh
  • Dapat mengakibatkan infeksi salmonella
  • Dapat memicu gangguan pernapasan maupun flu dan batuk

Demikian 4 manfaat buah mangga bagi tubuh dan efek samping jika mengkonsumsi buah mangga secara berlebihan bagi tubuh. Selain menggunakan alternatif konsumsi buah-buahan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat dan jangan lupa berolahraga ya.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *