Manfaat Buah Manjakani

Oleh /

Indonesia terkenal dengan surga dunia, hampir semua jenis tanaman dan buah – buahan ada di Indonesia. Salah satu buah yang tumbuh di Indonesia dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan adalah buah manjakani. Salah satu manfaat buah mejakani adalah untuk kesehatan tubuh wanita.

Manfaat buah manjakani untuk kesehatan wanita sangat banyak. Buah ini memiliki banyak sekali manfaat jika di konsumsi dengan benar oleh para wanita. Kandungan yang terdapat di dalamnya adalah karbohidrat, vitamin c, vitamin a, antioksidan, asid tanik, serat, kalsium, tanin, zat besi dan protein. Dengan kandungan tersebut buah ini akan berperan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

8 Manfaat Buah Manjakani

1. Obat Penyakit Kista

Manfaat buah manjakani untuk kesehatan wanita yang pertama adalah sebagai obat penyakit kista, terapi pengobatan kista dengan buah manjakani banyak di lakukan oleh orang – orang aceh. Namun seiring waktu pengobatan tersebut sudah tersebar ke daerah – daerah lain. untuk mendapatkan hasil terapi yang benar – benar berpengaruh anda harus mengkombinasi dengan rempah – rempah lain.

Ramuan yang biasa dibuat untuk menyembuhkan penyakit kista atau sering disebut dengan ramuan aceh adalah campuran dari buah manjakani, sirih, kayu putih, rumput fatimah, buah pinang muda dan kunyit putih. Ramuan tersebut dipercayai oleh masyarakat mampu mengobati penyakit kista.

2. Sebagai Antibakteri dan Jamur

Beberapa penelitian sudah dilakukan untuk mengetahui manfaat dari buah manjakani ini. Dari hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa buah tersebut memiliki sifat antibakteri yang baik. Sehingga buah ini efektif jika digunakan untuk mencegah atau memberantas jamur dan bakteri pada area intim wanita.

Penelitian ilmiah tentang antibacterial activity possesed by medical plants used n tooth powder, anal of clinical microbiology and antimicrobials adalah salah satu penelitian yang menjelaskan tentang manfaat buah manjakani sebagai antibakteri dan anti jamur.

Kandungan vitamin C, vitamin A, kalsium, selenium, zat besi dan antioksidan yang berperan penting dalam pengobatan. Jika anda mengalami rasa gatal dan gatal pada area kewanitaan atau keputihan karena adanya infeksi jamur dan bakteri. Anda bisa menggunakan obat ini sebagai salah satu solusinya.

3. Mengatasi Keputihan Berlebihan

Banyak sekali wanita yang mengalami masalah keputihan, baik keputihan yang masih dalam tahap biasa maupun sudah sampai parah. Keputihan menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman bagi wanita. Salah satu penyebab keputihan adalah kurang bersihnya area kewanitaan, dan suhu area kewanitaan yang lembab.

Keputihan kebanyakan disebabkan oleh adanya bakteri di area kewanitaan dan salah satu terapi alami yang bisa anda gunakan ramuan manjakani. Salah seorang profesor pakar herbal melakukan penelitian tentang obat herbal dan memberikan pernyataan tentang khasiat manjakani untuk mengatasi permasalahan keputihan, selain itu juga disarankan untuk menggunakannya bersamaan dengan ramuan lainnya.

Keputihan yang sudah melewati batas normal biasanya memiliki ciri – ciri baunya khas bakteri, nyeri pada area kewanitaan dan juga cairannya kental berwarna coklat. Jika sudah dalam kondisi seperti ini berarti anda sudah mengalami keputihan yang kemungkinan besar sudah terkontaminasi dengan jamur dan bakteri.

4. Meremajakan Organ Intim Kewanitaan

Manfaat buah manjakani untuk kesehatan wanita selanjutnya adalah sebagai ramuan untuk menjaga kondisi keremajaan organ intim sehingga tetap rapat dan sehat. Selain itu juga bisa untuk membantu elastisitas organ intim kewanitaan anda dan agar terhindar dari bakteri dan jamur.

Untuk ramuan yang satu ini selain untuk meremajakan organ kewanitaan. Manfaat dari ramuan ini bukan hanya dirasakan oleh wanita saja, namun juga dirasakan oleh suami anda ketika melakukan hubungan intim. Yang berfungsi untuk merapatkan organ kewanitaan anda adalah atrigent yang berfungsi untuk menciutkan atau mengkonstruksikan jaringan.

Astrigent sendiri umumnya diperoleh dari tanin, gallic dan ellagic acid yang terkandung di dalam buah manjakani tersebut. Buah manjakani memiliki kandungan tanin yang cukup tinggi mencapai 50 – 70% . karena hal tersebut buah ini menjadi salah satu buah dengan kandungan astrigent tertinggi. Namun jika ingin menggunakan ramuan ini harus sesuai dengan dosis yang disarankan oleh petugas kesehatan yang bertugas.

Selain sebagai ramuan tradisional yang bermanfaat untuk ramuan setelah melahirkan. Yang berguna untuk mengembalikan rahim dan vagina hingga mengkontruksikan jaringan. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh seorang peneliti dan di buat dalam buku yang berjudul Traditional Malay Medical Plant.

5. Meningkatkan Fleksibilitas Payudara

Selain mampu menjaga kesehatan organ kewanitaan juga mampu membuat payudara wanita lebih kencang dan juga lebih memiliki fleksibilitas. Sehingga banyak sekali wanita yang menggunakan ramuan ini untuk menjaga kesehatan badan wanita dan menjaga tubuh tetap dalam bentuk yang baik.

Cara penggunaannya adalah dengan di buat jamu untuk di minum secara teratur, harus sesuai dengan dosis yang disarankan oleh dokter, apoteker atau ahli herbal lain yang sudah berpengalaman dibidangnya. Selain di minum bisa juga dijadikan lulur, sehingga menjaga kondisi kulit anda tetap sehat dan kenyal alami.

6. Sebagai Alat Kontrasepsi Alami

Yang masih sering menggunakan ramuan ini sebagai alat kontrasepsi adalah wanita – wanita aceh. Mereka lebih sering menggunakan ramuan tradisional sebagai alat untuk menunda kehamilan. Buah ini telah terbukti dapat digunakan sebagai alat kontrasepsi alami yang aman untuk kesehatan.

7. Menjaga Kulit Lebih Awet Muda

Manfaat buah manjakani untuk kesehatan wanita yang paling sering digunakan oleh para wanita adalah sebagai perlindungan kulit dan peremajaan kulit. Sehingga jika anda mengkonsumsi secara rutin dan sesuai dosis yang dibutuhkan, anda akan terlihat lebih segar dan lebih awet muda.

Yang berperan dalam peremajaan kulit dan menjaga kulit adalah zat antioksidan, vitamin C dan vitamin A. Yang mana semua zat tersebut dapat  membuat anda menjadi awet muda. Kulit anda akan terlihat bersinar, mulus dan juga kencang, jauh dari keriout dan kusam. Sementara antioksidan mampu melindungi kulit dari radikal bebas sehingga kulit anda tetap sehat dan lembut.

8. Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan penyakit kanker yang paling mudah terjadi pada wanita. Penyakit ini juga sudah banyak menyebabkan kematian para wanita yang menderitanya. Oleh karena hal tersebut beberapa peneliti melakukan penelitian tentang manfaat buah manjakani untuk menyembuhkan kanker payudara dan ternyata memang memiliki pengaruh yang cukup tinggi.

Untuk mencegah dan mengobati kanker payudara dengan ramuan ini, anda bisa menggunakan beberapa cara. Yang pertama dengan cara diminum atau dijadikan sebagai ramuan oles ke payudara.

Manfaat Manjakani Secara Umum Untuk Kesehatan

Selain sebagai buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan wanita secara khusus, buah ini juga memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh secara umum. Diantaranya adalah untuk meningkatkan kekuatan tulang dan gigi, mencegah konstipasi, menyehatkan mata, menyembuhkan luka, mencegah diabetes serta banyak manfaat lainnya.

Untuk penggunaan obat herbal dari daun manjakani , karena memiliki kandungan tanin yang tinggi di dalamnya. Jadi mulailah dengan menggunakan dosis yang paling kecil. Obat herbal ini sangat tidak di sarankan untuk ibu hamil, wanita yang sedang haid dan yang masih perawan. Serta di mohon kepada anda untuk menghentikan pemakaian jika anda merasakan efek yang negatif.

Berikut tadi adalah informasi tentang manfaat buah manjakani untuk kesehatan wanita dan untuk kesehatan tubuh. Untuk para wanita, anda harus bisa menjaga diri dan kesehatan secara bersamaan karena kesehatan merupakan hal yang paling harus diprioritaskan oleh wanita.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *