Manfaat Buah Nanas

Oleh /

Di Indonesia, Nanas termasuk salah satu buah “kampung” yang dapat ditemukan di seluruh daerah. Budidaya Nanas di Indonesia memang bisa dikatakan sangat merata, karena banyak masyarakat yang menanamnya di sekitar halaman rumah. Di samping itu, berbicara nanas juga sangat identik dengan rujak buah. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata manfaat Buah Nanas sangatlah banyak?

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Ananas Comosus ini termasuk ke dalam jenis tumbuh tropis, yang berasal dari dataran Amerika Selatan seperti Brazil dan Bolivia. Buah yang sangat khas karena bentuk kulit menyerupai sisik ini faktanya mengandung berbagai senyawa aktif dan kaya akan kandungan vitamin. Yang berkhasiat untuk mengatasi problema kesehatan dan kecantikan.

Kandungan Buah Nanas

Manfaat dari Buah Nanas tidak terlepas dari kandungan berbagai zat yang ada di dalamnya. Di bawah ini adalah nama zat beserta kadar pada Buah Nanas yang bisa dijadikan bahan referensi:

  • Energi : 50 Kkal (2,5%)
  • Karbohidrat : 13,52 gram (10%)
  • Protein : 0,54 gram (1%)
  • Lemak total : 0,12 gram (1%
  • Kolesterol : 0 mg (0%)
  • Serat makanan : 1,40 gram (4%)
  • Vitamin Folat : 18 mcg (4,5%)
  • Niasin : 0,500 mg (4%)
  • Piridoksin : 0.112 mg (9%)
  • Riboflavin : 0,018 mg (1,5%)
  • Thiamin : 0,079 mg (6,5%)
  • Vitamin A : 58 IU (2%)
  • Vitamin C : 47,8 mg (80%)
  • Vitamin E : 0,02 mg (<1%)
  • Vitamin K : 0,07 mcg (0,5%)
  • Elektrolit Sodium : 1 mg (0%)
  • Kalium : 109 mg (2,5%)
  • Mineral Kalsium : 13 mg (1,3%)
  • Tembaga : 0,110 mg (12%)
  • Besi : 0,29 mg (3,5%)
  • Magnesium : 12 mg (3%)
  • Mangan : 0,927 mg (40%)
  • Fosfor : 8 mg (1%)
  • Selenium : 0,1 mcg (<1%)
  • Seng : 0,12 mg (1%)
  • Phyto nutrient carotene : 35 mcg (8%)
  • Crypto xanthin : 0 mcg (0%)

Manfaat Buah Nanas

1. Mencegah Kanker

Buah Nanas kaya akan kandungan vitamin C yang bersifat sebagai antioksidan alami. Mengkonsumsi Nanas sama dengan memenuhi suplai kebutuhan vitamin untuk tubuh, yang berfungsi menurunkan resiko masuknya radikal bebas pembentuk sel kanker. Di samping itu, daging buah juga mengandung enzim bromelain yang dapat meringankan pengobatan kanker.

2. Mengatasi Diabetes Melitus

Pada penderita diabetes tipe melitus, mengkonsumsi Nanas secara teratur dipercaya dapat menurunkan kadar glukosa di dalam darah. Kandungan senyawa aktif di dalamnya memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar gula yang melonjak, di samping itu juga sangat ampuh untuk menjaga glukosa sehingga tetap berada di angka normal.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia, serangan jantung khususnya. Tapi tahukah Anda bahwa keadaan tersebut dapat dihindari apabila rajin makan Nanas? Riset membuktikan bandungan zat potassium dan kalium yang ada di dalam Nanas mampu mengurangi resiko terserang sakit jantung pada seseorang.

4. Mengatasi Hipertensi

Salah satu Manfaat Buah Nanas adalah dapat mengatasi Hipertensi. Meskipun awalnya hanya menimbulkan gangguang kesehatan ringan, tapi tekanan darah tinggi tidak dapat disepelekan. Karena jika dibiarkan maka akan memicu munculnya penyakit kronis lain seperti stroke. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah mengkonsumsi buah yang mengandung kalium dalam jumlah tinggi seperti Nanas. Zat tersebut mampu menjaga kestabilan tekanan darah.

5. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Seperti yang diketahui, bahwa sebagian besar kandungan dalam Buah Nanas adalah air dan serat. Yang mana keduanya dapat mencegah terjadinya sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, Nanas juga memiliki kandungan berupa enzim bromelain yang dapat mengoptimalkan proses pencernaan protein sehingga tubuh jadi lebih sehat.

6. Mengobati Atritis

Penyakit yang berhubungan dengan pembengkakan dan radang pada sendi memang tidak dapat diabaikan begitu saja. Waktu kambuh dan sembuh yang tidak dapat diprediksi membuat penderitanya menjadi sangat tersiksa karena sendi akan terasa kaku, sakit untuk digerakkan dan bengkak. Tapi hal tersebut dapat diobati dengan mengkonsumsi Nanas secara berkala.
Kandungan enzim proteolitik dalam Nanas dapat mengoptimalkan proses terjadinya pemecahan pada protein kompleks. Di samping itu, juga berperan sebagai agen anti inflamasi sehingga mengurangi rasa sakit akibat peradangan di sendi. Oleh sebab itu, sebaiknya konsumsilah Nanas meskipun nyeri sendi Anda sedang tidak kambuh.

7. Mengobati Batuk

Walaupun termasuk dalam tipe penyakit ringan dan tidak berbahaya, tapi batuk parah bisa menjadi sangat mengganggu, terutama saat sedang berbicara. Untuk mengatasinya, maka makanlah Nanas. Kandungan enzim bromelain dalam buah berwarna kuning ini berkhasiat ampuh dalam mengurangi proses pembentukan lendir dan dahak pada rongga sinus serta saluran pernapasan.

8. Menyehatkan Tulang

Memiliki tulang sehat dan kuat adalah dambaan setiap orang, baik tua maupun muda. Salah satu jalan untuk bisa mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengkonsumsi buah yang memiliki kandungan zat mangan, seperti manfaat Buah Nanas. Zat tersebut berfungsi mendukung pertumbuhan serta regenerasi tulang, selain itu kandungan mineralnya juga berperan sebagai penguat tulang.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Siapa yang tidak ingin memiliki mata sehat? Sebagai salah satu indra paling penting yang ada di tubuh manusia, kesehatan mata memang sudah seharusnya dijaga. Sehingga penglihatan tetap jernih dan terhidar dari rabun. Mengkonsumsi Nanas secara teratur dapat membantu mengatasi hal tersebut, kandungan beta karoten di dalamnya dapat mencegah berbagai penyakit mata.

10. Melancarkan Peredaran Darah

Nanas mengandung zat berupa mineral dan tembaga yang memiliki peran penting dalam membantu proses sirkulasi darah. Zat tersebut memicu terjadinya proses enzimatik yang berfungsi mempercepat pembentukan sel darah merah. Apabilanya jumlah eritrosit tinggi, maka tingkat oksigenasi ke seluruh sistem organ tubuh dapat berjalan secara maksimal.

11. Mengatasi Rambut Rontok

Memiliki rambut rontok akan menjadi sangat menjengkelkan, bukan hanya karena dapat menurunkan standar penampilan saat mengenakan kaos berwana cerah. Tapi juga mengindikasikan masalah kesehatan tertentu. Untuk mengatasinya, makanlah Nanas secara rutin. Kandungan Vitamin C di dalam buah tersebut dapat mengurangi kerusakan rambut akibat radikal bebas.

12. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Bibir pecah-pecah bisa disebabkan oleh banyak faktor, misalnya saja kekurangan vitamin dan panas dalam. Tapi sekarang tidak perlu khawatir karena dapat diatasi dengan mengoleskan Nanas yang sudah dilembutkan pada bibir. Untuk hasil lebih optimal maka sebaiknya juga minum jus Nanas. Kandungan Vitamin C nya akan menutrisi bibir sehingga bebas dari masalah tersebut.

13. Memperkuat Kuku

Mempunyai masalah dengan kuku rapuh dan terlihat kusam? Jangan panik, karena sekarang masalah tersebut dapat diatasi dengan makan Nanas. Kandungan Vitamin A dan Vitamin B dalam buah ini dapat mengembalikan kesehatan kuku. Selain itu, juga ampuh dijadikan solusi untuk mengatasi kerusakan pada kuku yang sudah terlanjur terjadi.

14. Menyehatkan Kulit

Tidak ada satupun orang yang mau memiliki kulit kering dan kusam, bukan hanya membuat penampilan tidak menarik. Hal tersebut juga dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi kulit sehingga menjadi bersisik. Untuk mengembalikan kondisinya, maka manfaat Buah Nanas sebagai lulur dapat diaplikasikan. Kandungan vitaminnya akan membantu menutrisi kulit sehingga menjadi sehat.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *