Manfaat Buah Nangka

Oleh /

Buah nangka merupakan salah satu buah yang biasa tumbuh di daerah tropis. Buah nangka cukup familiar di Indonesia. Buah nangka yang masih muda dapat digunakan sebagai sayuran, sedangkan buah nangka yang sudah matang dapat dimakan sebagai buah. Manfaat buah nangka sangat banyak sekali.

Buah nangka kaya akan manfaat. Hal ini tidak terlepas dari kandungan yang terdapat di dalamnya. Buah nangka memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk tubuh. Kandungan buah nangka diantaranya vitamin A, C, serat, magnesium, kalium, kalsium, zat besi, fitonutrisi, dan potasium.

Kandungan Kimia

1. Vitamin

Buah nangka mengandung banyak vitamin, diantaranya vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin C. Vitamin A dan vitamin C kaya antioksidan yang bagus untuk menjaga kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit. Sementara itu, vitamin B kompleks sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mengatasi masalah anemia.

2. Serat

Buah nangka mengandung serat yang bagus untuk tubuh manusia. Serat berfungsi untuk melancarkan dan mengatasi masalah kesehatan yang terkait dengan pencernaan. Serat juga berperan aktif dalam membantu melindungi selaput lendir pada usus sehingga dapat terhindar dari penyakit usus, termasuk kanker usus.

3. Magnesium, Kalium, dan Kalsium

Magnesium banyak terdapat di dalam buah nangka dapat menyehatkan dan menguatkan tulang secara alami. Magnesium juga berfungsi membuat kalsium terserap sempurna ke dalam tulang. Tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi nangka sehingga Anda memiliki tulang yang sehat dan kuat serta tidak mudah terkena osteoporosis.

4. Zat besi

Buah nangka juga mengandung zat besi. Zat besi sendiri memiliki fungsi untuk membantu melancarkan peredaran darah serta merangsang pertumbuhan sel-sel darah merah. Hal itu bisa mengatasi masalah anemia. Anemia apabila tidak segera diatasi dapat menjadi penyakit yang serius di kemudian hari.

5. Fitonutrisi

Fitonutrisi banyak terdapat di dalam buah nangka. Fitonutrisi merupakan zat yang baik untuk tubuh. Peran fitonutrisi di dalam tubuh manusia adalah untuk membasmi sel kanker yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, fitonutrisi juga berfungsi sebagai anti aging. Mengkonsumsi buah nangka secara rutin dapat membuat kulit Anda terbebas dari kerutan-kerutan halus pada wajah.

6. Potasium

Potasium merupakan senyawa yang baik bagi tubuh manusia. Potasium dapat ditemukan pada buah nangka. Peran potasium di dalam tubuh manusia adalah untuk menstabilkan peredaran darah, sehingga peredaran darah akan tetap teratur. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah nangka agar peredaran darah Anda tetap teratur.

Manfaat Buah Nangka

1. Mengatasi Kanker

Buah nangka memiliki manfaat untuk mencegah dan mengatasi kanker. Hal itu dikarenakan di dalam buah nangka terdapat antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas merupakan sumber penyebab adanya penyakit, termasuk kanker. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi nangka. Mengkonsumsi nangka dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah nangka salah satunya adalah untuk melancarkan sistem pencernaan. Buah nangka mengandung serat yang baik untuk tubuh. Serat berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain melancarkan, serat juga memiliki fungsi untuk mengatasi masalah terkait dengan sistem pencernaan, salah satunya adalah sembelit.

Buah nangka merupakan salah satu buah yang baik untuk diet. Kandungan serat yang terdapat di dalamnya juga berfungsi untuk membuat perut terasa kenyang lebih lama. Hal itu tentu akan mengurangi porsi makan Anda.

3. Baik untuk Mata

Buah nangka merupakan buah yang kaya akan vitamin, salah satunya adalah vitamin A. Salah satu fungsi vitamin A adalah untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A mampu mendukung fungsi kornea dan membran konjungtiva. Orang yang mengkonsumsi buah nangka lebih banyak memiliki risiko terkena penyakit mata yang lebih rendah dibandingkan orang yang jarang mengkonsumsinya.

4. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Buah nangka memiliki banyak kandungan antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh. Tubuh yang terkena radikal bebas cenderung lebih rentan terkena penyakit, seperti flu. Antioksidan yang terdapat di dalam buah nangka berperan sebagai tameng dari berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh.

5. Mengurangi Risiko Stroke dan Penyakit Jantung

Salah satu manfaat buah nangka adalah untuk mengurangi risiko terkena stroke dan serangan jantung. Hal itu karena kandungan kalium di dalam buah nangka. Kalium berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah dan detak jantung, sehingga membuat tubuh tidak mudah terserang stroke dan penyakit jantung.

6. Mengatasi Masalah pada Sistem Pernapasan

Buah nangka mengandung senyawa alami yang berfungsi untuk mengurangi terjadinya alergi serta gejala-gejala kesulitan bernafas, misalnya gejala asma. Buah nangka dipercaya mampu meringankan dan meredakan gejala-gejala asma. Apabila Anda menderita asma Anda dapat mengkonsumsi buah nangka untuk meredakan gejalanya.

7. Mengendalikan Diabetes

Buah nangka mengandung serat dan gula alami yang berfungsi untuk mengendalikan kadar gula darah dan menurunkan risiko diabetes. Hal itu dikarenakan serat memiliki peran untuk mengatur pelepasan glukosa dan insulin. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi buah nangka secara rutin agar kadar gula darah Anda tetap terjaga.

8. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Selain untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan, buah nangka memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Buah nangka mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kulit.

Antioksidan yang terdapat di dalam buah nangka berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang akan menyebabkan masalah-masalah pada kulit, misalnya munculnya jerawat atau kulit kusam.

Sedangkan, vitamin C di dalam buah nangka berfungsi untuk mengatasi masalah jerawat dan kulit kusam.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *