Manfaat Buah Pisang

Oleh /

Pisang merupakan salah satu buah yang paling dikenali oleh masyarakat dunia. Meskipun pisang biasa tumbuh di daerah tropis, namun pisang juga dapat dengan mudah ditemukan di belahan bumi lain yang memiliki iklim berbeda. Buah pisang sangat kaya akan manfaat. Manfaat buah pisang sangat bagus bagi tubuh. Hal itu membuat banyak orang mengkonsumsi pisang dalam kehidupan sehari-hari.

Buah pisang memiliki berbagai macam jenis dan warna, yaitu hijau dan kuning. Akan tetapi, buah ini lebih identik dengan warna kuning. Buah pisang juga sudah menjadi salah satu buah yang wajib dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain harganya yang murah, buah ini juga kaya akan manfaat. Masyarakat biasa menghidangkan buah pisang di meja makan sebagai makanan penutup.

Kandungan Kimia

1. Karbohidrat

Buah pisang mengandung karbohidrat di dalamnya. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi manusia. Maka dari itu, buah pisang bagus dikonsumsi ketika baru saja melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak tenaga, berolahraga salah satunya. Setelah berolahraga dianjurkan untuk memakan buah pisang, agar energi yang telah terbuang dapat kembali lagi seperti semula.

2. Vitamin

Buah yang identik dengan warna kuning ini ternyata memiliki banyak sekali vitamin di dalamnya. Vitamin tersebut ialah vitamin B6 sebanyak 0,5 mg, vitamin C sebanyak 10 mg, dan vitamin A sebanyak 81 IU. Vitamin-vitamin tersebut merupakan paket kesehatan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Vitamin B6 yang terkandung di dalam buah pisang berfungsi untuk menumbuhkan sel-sel baru. Vitamin B6 yang terdapat di dalam buah pisang mampu memenuhi 35 persen kebutuhan harian vitamin B6. Sedangkan, vitamin A yang terkandung di dalam buah pisang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Sementara itu, vitamin C yang terdapat di dalam pisang berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Vitamin C yang terkandung di dalamnya juga setara dengan 15 persen dari kebutuhan harian akan vitamin C.

3. Serat

Di dalam buah pisang terkandung serat sebanyak 3 gram serat. Serat yang terdapat di dalam buah pisang berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Maka dari itu, mengkonsumsi buah pisang dapat dijadikan alternatif selain obat ketika Anda sedang mengalami gangguan pencernaan. Buah pisang juga berfungsi sebagai detoksifikasi racun-racun dalam tubuh, terutama jika Anda mengkonsumsi buah pisang di pagi hari ketika perut dalam keadaan kosong.

Selain itu, kandungan serat yang terdapat di dalam buah pisang juga berperan untuk membuat perut terasa kenyang lebih lama. Maka dari itu, banyak orang yang menjadikan pisang sebagai menu diet. Bahkan, di Korea Selatan diet pisang banyak dilakukan oleh artis-artis Korea demi mendapatkan berat badan yang ideal.

4. Mangan

Mangan merupakan salah satu mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. Orang dewasa membutuhkan 1,8 sampai 2,3 mg mangan setiap harinya. Di dalam buah pisang terdapat mangan yang baik untuk pembentukan tulang dan melancarkan metabolisme.

5. Potasium

Salah satu kandungan di dalam buah pisang adalah potasium. Potasium berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan serta mencegah terjadinya kram otot ketika selesai berolahraga. Di dalam buah pisang terdapat potasium sebanyak 400 mg yang dapat dikonsumsi manusia. Maka dari itu, mengkonsumsi pisang setelah berolahraga sangatlah dianjurkan.

6. Kandungan Lain

Selain kandungan-kandungan tersebut, buah pisang juga memiliki kandungan nutrisi lainnya. Kandungan nutrisi tersebut adalah magnesium, fosfor, kalsium, folat, karoten, dan asam amino. Kandungan magnesium, fosfor, folat, dan kalsium dipercaya baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Manfaat Buah Pisang

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C di dalam buah pisang yang setara dengan 15 persen dari kebutuhan harian akan vitamin C membuat buah pisang memiliki peran penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Karena salah satu fungsi vitamin C adalah untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu mengkonsumsi vitamin C setiap hari sangat diperlukan untuk menjaga tubuh dari penyakit-penyakit yang akan menyerang tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah pisang kaya akan potasium yaitu terdapat sekitar 400 gram potasium atau setara dengan 9 persen dari kebutuhan potasium harian. Potasium sendiri berperan untuk menjaga sel-sel tubuh, sebagai sumber energi, keseimbangan cairan, mencegah kram otot serta baik untuk meningkatkan kontraksi otot bisep dan otot jantung. Maka dari itu, buah pisang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Sebagai Sumber Energi

Kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam pisang bermanfaat untuk sebagai sumber energi harian manusia. Karbohidrat yang terdapat di dalam pisang dapat memberikan energi dan mengembalikan energi setelah melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak energi, salah satunya adalah berolahraga. Selain itu, kandungan potasium yang terdapat di dalamnya juga berperan aktif mencegah kram otot seusai olahraga.

Buah pisang baik dikonsumsi pada pagi hari. Selain sebagai detoksifikasi, mengkonsumsi buah pisang di pagi hari dapat digunakan sebagai sumber energi, sebagai bekal melakukan berbagai macam aktivitas harian. Selain, itu setelah berolahraga juga menjadi waktu terbaik untuk mengkonsumsi pisang, karena pisang dapat mengembalikan energi yang hilang ketika berolahraga.

4. Melancarkan Pencernaan

Buah pisang mengandung serat, baik serat yang larut maupun serat yang tidak larut. Serat sendiri berfungsi untuk mengatasi masalah kesehatan yang terkait dengan pencernaan. Mengkonsumsi pisang di pagi hari juga dapat dijadikan detoksifikasi racun-racun dalam tubuh yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Selain itu, serat yang terkandung di dalamnya juga dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama, sehingga pencernaan akan berjalan lebih pelan. Pencernaan yang berjalan terlalu cepat tidak baik bagi tubuh, karena alat pencernaan akan terus bekerja dan tidak memiliki waktu untuk beristirahat.

5. Mengatasi Anemia

Zat besi yang terkandung di dalam pisang dapat merangsang produksi hemoglobin darah, sehingga produksi darah akan meningkat dan mampu mengatasi serta mencegah anemia. Anemia membuat tubuh cepat merasa kelelahan meskipun telah beristirahat cukup. Hal itu tentunya akan mengganggu aktivitas Anda yang padat.Kandungan B6 yang terdapat di dalam buah pisang juga berfungsi menyeimbangkan kadar glukosa darah yang mampu membantu penderita anemia.

6. Memperbaiki Suasana Hati

Manfaat buah pisang salah satunya adalah memperbaiki suasana hati. Buah pisang mengandung magnesium sebanyak 27 mg. Magnesium sendiri berfungsi untuk membantu tidur dengan baik dan meningkatkan mood. Apabila tubuh kekurangan magnesium akan mudah terserang depresi, kecemasan, dan gangguan lain. Maka dari itu, pisang dapat digunakan sebagai moodbooster Anda.

7. Menjaga Kecantikan Kulit

Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, manfaat buah pisang yang lain adalah untuk menjaga kecantikan kulit. Kandungan vitamin A dan vitamin C yang terdapat di dalam buah pisang mampu mengatasi masalah jerawat, mengatasi kulit berminyak, mengatasi kulit kusam dan menyamarkan bintik-bintik pada kulit akibat hiperpigmentasi. Anda dapat menjadikan buah pisang sebagai masker untuk mendapatkan kulit yang cantik.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *