Manfaat Buah Semangka

Manfaat Buah Semangka

Oleh /

Buah semangka yang dalam bahasa latinnya di sebut Citrullus lanatus merupakan buah yang tidak sulit dijumpai di Indonesia. Banyak orang gemar mengonsumsi buah ini karena rasanya yang segar dan lezat dan karena manfaat buah semangka yang terkenal bagus untuk kesehatan tubuh dan kulit manusia.

Buah semangka di percaya sebagai salah satu buah yang kaya akan kandungan mineral yang bagus untuk tubuh. Selain itu kandungan yang dimiliki buah semangka diantaranya adalah vitamin A, C dan B6, magnesium, niasin, protein, kalsium, kalium, thiamin, karotenoid dan fitonutrien. Kandungan nutrisi yang dimiliki buah semangka tersebut berdampak besar bagi kesehatan tubuh manusia.

Nah, bagi Anda yang sedang melakukan perawatan pada tubuh dan kulit, maka Anda perlu mengetahui beberapa manfaat buah semangka untuk membantu Anda dalam usaha mempercantik diri Anda. Cara ini merupakan media alternatif selain mengkonsumsi obat-obatan kimia yang tidak baik bagi tubuh.

Berikut Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

1. Melawan Penuaan Dini

Tak hanya yang berumur yang memiliki kulit keriput dan kusam, Anda yang berusia remaja pun dapat mengalaminya. Namun tak perlu lagi khawatir, karena dengan kandungan vitamin A, C dan likopen pada buah semangka di percaya dapat menangkal radikal bebas yang menyerang kulit seperti paparan sinar matahari yang terjadi secara langsung pada kulit. Selain itu buah semangka memiliki kandungan zat antioksidan yang mampu melawan kerutan pada wajah yang merupakan ciri penuaan dini.

2. Menjaga Tekstur Kulit Tetap Halus

Memiliki kulit halus merupakan impian banyak orang. Hidup di kawasan tropis membuat kulit mudah kering dan kadang bersisik. Namun manfaat buah semangka yang satu ini di percaya dapat menjaga kehalusan kulit Anda. Dengan kandungan Vitamin A yang dimilikinya dapat membantu menyegarkan dan membuat kulit menjadi semakin halus. Selain itu Vitamin A juga dapat memperbaiki sistem jaringan pada sel tubuh terutama pada bagian kulit dan rambut manusia.

3. Mengurangi Minyak Berlebih Pada Kulit

Minyak (sebum) berlebih pada kulit wajah merupakan penyebab utama jerawat timbul. Jerawat yang merupakan hal paling di benci saat tumbuh pada wajah timbul karena pori-pori kulit wajah yang besar. Hal tersebut yang membuat kelenjar minyak bersekresi secara berlebihan.

Namun jangan khawatir karena manfaat buah semangka yang lain adalah dapat meminimalkan jumlah minyak yang dihasilkan karena bantuan Vitamin A yang ada dalam buah semangka.

4. Menjaga Kelembaban Kulit

Buah semangka memiliki kandungan mineral hampir 92%. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering, karena mineral merupakan asupan terbaik bagi kulit Anda karena dapat menjadikan kulit lembab dan lebih sehat. Selain itu karena kandungan mineral yang dimilkinya, manfaat buah semangka juga dapat ditemukan sebagai buah yang dapat mencegah anti dehidrasi.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan organ tubuh yang wajib dijaga karena fungsinya sebagai indera penglihatan manusia. Karena akan sangat vital sekali jika Anda mengalami kerusakan pada mata. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata merupakan sebuah keharusan bagi Anda.

Dengan Vitamin A dan zat beta karoten yang dimiliki buah semangka di percaya dapat membantu dalam menjaga kesehatan lensa mata dan retina. Selain itu dengan mengkonsumsi buah semangka dapat mencegah penyakit usia lanjut seperti rabun dan katarak.

6. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Bagi Anda yang sedang menjalani proses diet, maka Anda perlu melirik buah yang satu ini. Buah semangka memang menjadi buah pencuci mulut setelah menyantap makanan. Namun Anda dapat menyulapnya menjadi buah yang ideal untuk menurunkan berat badan anda.

Kaya kandungan yang dimilikinya dapat membuat anda merasa tetap kenyang meskipun beraktivitas seharian. Anda dapat meraciknya menjadi jus maupun salad.

6 manfaat buah semangka di atas merupakan beberapa informasi yang dapat Anda jadikan referensi untuk memulai pola hidup sehat berdasarkan dari makanan yang Anda konsumsi. Selamat mencoba, cheers!

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *